Cara Mudah Membuat Folder Obrolan Pada Telegram

  • Bagikan
Folder Obrolan Telegram
Folder Obrolan Telegram

Tahukan Anda jika saat ini Telegram telah merilis fitur folder obrolan pada aplikasinya. Folder ini bertujuan untuk dapat mengorganisasi semua obrolan pada aplikasi Telegram Anda menjadi lebih mudah dan sederhana.

Folder Obrolan Telegram
Folder Obrolan Telegram

image source

Seperti namanya, fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat folder yang berisi beberapa percakapan (chat) yang telah Anda sortir sendiri. Untuk membuat folder, pengguna cukup pergi ke menu pengaturan dan memilih menu “Folders”. Di sini, pengguna bisa membuat folder baru dan memberikan namanya sendiri, serta memilih chat mana saja yang bakal dikelompokkan menjadi satu folder.

Betapapun hebatnya aplikasi perpesanan, mereka juga bisa lepas kendali dengan cepat. Dengan semua fitur grup, teman, keluarga, dan rekan kerja, belum lagi saluran yang dapat Anda ikuti, kotak masuk Telegram Anda mungkin terlihat sedikit berlebihan saat ini. Kabar baiknya adalah dengan fitur folder ini, Anda sudah bisa mengelompokkan chat-chat tertentu sesuai dengan Anda mau. Dengan begini, maka Anda bisa lebih mudah dalam menganalisa berbagai chat yang masuk pada aplikasi Telegram Anda.

Uniknya, chat yang sudah Anda kelompokkan ke dalam sebuah folder bisa Anda pilih kembali untuk mengisi folder lainnya. Artinya, dua tab yang berbeda bisa saja mengandung percakapan dari kontak yang sama. Selain itu, folder percakapan yang sudah Anda buat juga bakal tersinkron secara otomatis dengan aplikasi Telegram vesi desktop, namun tidak untuk Telegram versi web.

Cara Mudah Membuat Folder Obrolan Pada Telegram

1. Buka aplikasi Telegram pada ponsel Anda. Kemudian ketuk pada menu pengaturan (tiga garis) pada sudut kiri atas.
2. Masuk pada Pengaturan, kemudian pilih Folder.
3. Anda bisa membuat folder baru dan beri nama folder sesuai keinginan Anda.
4. Selanjutnya pilih Tambah Obrolan. Silahkan Anda pilih obrolan mana saja yang akan Anda masukkan dalam folder tersebut.
5. Jika Anda ingin mengecualikan siapa pun, Anda dapat mengetuk Hapus Obrolan dan ulangi prosesnya seperti cara nomor 4.
6. Setelah semua orang yang Anda inginkan ada di folder tersebut, selanjutnya pilih “Simpan” pada pojok kanan atas.
7. Maka Anda akan melihat folder tersebut pada bagian atas daftar obrolan ketika Anda membuka Telegram.

Sekarang Anda akan melihat folder baru Anda pada bagian folder pengaturan, serta dari layar beranda aplikasi. Anda dapat memilih dari beberapa opsi prasetel seperti pesan yang belum dibaca atau pesan yang dibisukan, atau membuat folder yang terdiri dari saluran atau bot, atau Anda dapat membuatnya sendiri seperti di atas.

Ingat! Jika Anda tidak mendapatkan menu Folder pada Pengaturan, maka silahkan lakukan update terlebih dahulu pada aplikasi Telegram Anda. 

Telegram Hadirkan Fitur Organisasi Obrolan yang Lebih Sederhana

Seperti yang saya katakan sebelumnya, metode organisasi ini berbagi banyak hal muilai dari folder dan alat organisasi label pada aplikasi seperti Gmail. Jika Anda adalah penggemar atau telah menggunakan tab Utama, Sosial, dan Promosi tersebut pada Gmail, maka struktur folder pada Telegram ini akan sangat masuk akal bagi Anda. Atau, jika kotak masuk Anda terlalu berantakan, Anda selalu dapat mengarsipkan percakapan lama Anda menggunakan folder yang Anda buat khusus.

Meskipun aplikasi lain seperti Signal dan Whatsapp juga bagus, fitur semacam inilah yang menjadikan Telegram salah satu aplikasi perpesanan terbaik menurut kami. Dari menyesuaikan segala sesuatu tentang tema aplikasi dan pengaturan obrolan individu hingga membuat paket stiker khusus, semua bisa Anda lakukan melalui aplikasi Telegram.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, khususnya para pecinta aplikasi Telegram.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.