Cara Mudah Membuat Pin Percakapan Pada Google Message

  • Bagikan
Cara Membuat Pin Percakapan pada Google Message
Cara Membuat Pin Percakapan pada Google Message

Membuat pin percakapan merupakan salah satu cara menjadikan percakapan Anda terletak pada bagian paling atas secara permanen. Dalam istilah lain adalah menyematkan percakapan yang artinya, percakapan itu mendapat prioritas paling tinggi. Ibaratnya seperti memaku pengumuman pada dinding. Jadi walaupun percakapan tertimpa oleh percakapan lain, percakapan yang sudah di Pin akan tetap berada pada bagian paling atas.

Cara Membuat Pin Percakapan pada Google Message
Cara Membuat Pin Percakapan pada Google Message

image source

Dalam pembahasan kali ini adalah tentang percakapan pada Google Message. Google telah menghabiskan satu dekade terakhir untuk mencoba mengirim pesan dengan benar, dan akhirnya dedikasinya terhadap RCS membuahkan hasil. Aplikasi Google Message kini menjadi sangat bagus akhir-akhir ini dan banyak pengguna yang menyukainya. Selain itu, aplikasi tersebut sekarang ini sudah menjadi aplikasi default pesan teks pada Android.

Hal yang menarik dari Google Message ini adalah tentang keamanan privasinya. Google mengikuti langkah WhatsApp dalam menjaga keamana privasi pada penggunanya, yakni dengan melakukan enkripsi end-to-end dalam pembaruan minggu terakhir ini. Tidak hanya itu, tampaknya fitur lain yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga ke layanan perpesanan Google, yakni menyematkan percakapan sehingga menjadi lebih menarik dan semakin populer.

Cara Mudah Membuat Pin Percakapan Pada Google Message

Sebenarnya fitur penyematan percakapan ini mulai muncul perta,a kalinya dalam pembaruan APK Google Message bulan lalu. Penulis belum tahu secara pasti, tetapi kemungkinan fitur tersebut masih dalam versi beta. Sehingga Google melakukan pembaruannya menggunakan APK terlebih dahulu dari pada mengirimnya secara resmi melalui Google Play Store.

Nah, sekarang ini Google sudah secara resmi meluncurkan pesan berbintang awal pekan ini sebagai bagian dari pembaruan Android musim panasnya. Akan tetapi tidak ada kabar kapan percakapan yang disematkan juga akan muncul. Namun, seperti yang terlihat oleh XDA-Developers, beberapa pengguna yang beruntung memiliki opsi untuk memasang pin saat menekan dan menahan percakapan Anda pada Google Message. Kemudian setelah melakukan Pin, pesan akan tetap terkunci pada bagian atas kotak masuk Anda.

Namun tampaknya tidak semua pengguna Android mendapatkan pembaruan tersebut. Hal ini mungkin terbatas pada pembaruan sisi server saja untuk saat ini. Namun jika Anda ingin menguji keberuntungan untuk mencoba terlebih dahulu terhadap fitur ini, maka Anda bisa mencobanya melalui APK dalam versi beta 8.3.026 pada Android 11 ataupun Android 12.

Anda dapat melihat pembaruan terbaru untuk Google Message ini melalui Google Play Store (jika Anda beruntung), atau melalui APKMirror untuk mendownload file APK-nya. Jika Anda mendownload file APK, maka biasanya ketika Anda akan melakukan penginstalan file APK, akan muncul notifikasi penginstalan tidak dapat Anda lakukan, karena aplikasi berasal dari sumber yang tidak dikenal. Jadi Anda terlebih dahulu mengizinkan penginstalan aplikasi selain dari Google Play Store. Berikut cara mengizinkan penginstalan aplikasi melalui sumber yang tidak dikenal.

Cara Mengizinkan Penginstalan Aplikasi Selain dari Google Play Store

Setiap file APK yang ingin Anda instal, pasti sistem Android akan meencekalnya, karena sumbernya tidak jelas. Oleh karenanya agar Anda bisa menginstalnya, Anda perlu mengizinkan aplikasi yang akan Anda instal dari sumber tertentu.

Menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal di Android 8.0 Oreo dan 9.0 Pie

Pada Android 8.0, pengguna perlu memberi izin ke aplikasi tertentu untuk menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal. Untuk mengatur izin ini, buka Settings => Apps & notifications => Advanced => Special app access => Install unknown apps.

Pada menu tersebut, pilih aplikasi yang ingin pengguna beri izin untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal. Kemudian ketuk Allow from this source untuk mengaktifkan sumber yang tidak dikenal untuk aplikasi tersebut.

Instal aplikasi dari sumber tidak dikenal pada Android 7 Nougat atau versi lebih lama

Untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal pada Android 7 atau versi yang lebih lama, pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur langsung dari panel pengaturan.

Pertama, buka App Drawer => Settings => Security & fingerprint. Pada perangkat yang tidak memiliki fitur sidik jari, pengguna hanya akan melihat opsi Security. Pilih opsi tersebut untuk melihat pengaturan keamanan perangkat.

Setelahnya pilih opsi Unknown sources untuk mengontrol apakah aplikasi dari luar Play Store harus Anda izinkan untuk diinstal pada perangkat. Aktifkan toggle hingga ke posisi On dan fitur tersebut telah diaktifkan di ponsel pengguna.

Kemudian pengguna akan mendapatkan pop-up notification yang menyebutkan risiko jika menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal. Ketuk OK untuk mengaktifkan fitur. Setelah fitur aktif, ketuk file APK yang telah diunduh dan ingin pengguna instal. APK tersebut akan secara otomatis terinstal pada perangkat pengguna tanpa masalah.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.