Cara Mudah Memeriksa Aplikasi yang Mengakses Izin di Android

Saat kamu memasang banyak aplikasi di Android, kamu akan mudah kehilangan izin yang dapat diakses masing-masing aplikasi. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan hanya aplikasi yang kamu percaya yang dapat mengakses data sensitif di smartphone kamu seperti mikrofon, kontak dan lainnya.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan memberikan langkah bagaimana meninjau ulang aplikasi yang memiliki izin di Android. Sehingga hal ini yang nantinya akan mengurangi resiko pencurian data dari aplikasi scam yang tidak dikenal. Begini caranya memeriksa aplikasi yang memiliki izin akses di perangkat anda.

Cara Memeriksa Izin Aplikasi di Android
Cara Memeriksa Izin Aplikasi di Android

Cara Mudah Memeriksa Aplikasi yang Mengakses Izin di Android

Perlu kamu ketahui bahwa fitur ini hanya tersedia di smartphone yang menjalankan Android 10 atau yang lebih tinggi.

  • Pertama buka menu “Pengaturan” di ponsel atau tablet Android Anda. Kamu bisa memilihnya dari daftar aplikasi atau dengan mengetuk ikon roda gigi di panel notifikasi.
  • Masuk pada Buka “Aplikasi dan Pemberitahuan” atau bisa pada menu “Manajemen Aplikasi“.
  • Pilih “Lanjutan” untuk menampilkan lebih banyak opsi dan kemudian menuju ke “Manajer Izin” atau “Izin Aplikasi“.

Biasanya disini perangkat Android memiliki tata letak pengaturan yang berbeda, bergantung pada pabrikannya. Oleh karena itu, jika kamu tidak dapat menemukan menu ini, coba cari “Manajer Izin” dari bilah pencarian di bagian atas menu Pengaturan.

Di dalam pengelola izin aplikasi, kamu akan menemukan daftar semua modul yang dapat meminta akses aplikasi seperti log panggilan ponsel, lokasi, mikrofon, SMS, kamera, dan lainnya. Di bawah setiap nama izin, Android menunjukkan berapa banyak aplikasi yang berhak membacanya.

Jika ada aplikasi yang tidak dikenal sedang mengakses izin tersebut, maka kamu bisa secara langsung untuk mencekal atau menghentikan izin agar aplikasi tersebut tidak bisa mengakses smartphone kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.