Cara Mudah Memperbaiki Ponsel yang Rusak Terkena Air

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh ke dalam Air
Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh ke dalam Air

Bagaimana jika ponsel Anda tiba-tiba terkena Air? Cara memperbaiki ponsel rusak banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah ponsel terjatuh ke dalam air. Ponsel yang sedang ada dalam genggaman Anda lalu terjatuh ke dalam genangan air atau terkena tumpahan air dari gelas bisa seketika rusak. Belum lagi resiko lain yang timbul jika ponsel rusak. Mulai dari data dan nomor-nomor kontak yang akan hilang dan juga file-file penting lainnya juga bisa raib.

Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh ke dalam Air
Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh ke dalam Air

image source

Meski sekarang ini sudah banyak ponsel yang memiliki sertifikasi tahan air, namun tentunya masih ada juga ponsel yang tidak memiliki fitur tersebut. Oleh karena itu, berikut penulis berikan kiat-kiat yang bisa Anda lakukan jika Anda dalam keadaan darurat. Yakni ponsel Anda atau teman Anda tiba-tiba terkena Air.

Cara Mudah Memperbaiki Ponsel yang Rusak Terkena Air

Setelah ponsel Anda keluarkan dari air, Anda perlu memastikan jika ponsel dalam keadaan mati, jikapun masih hidup, segera matikan agar ponsel Anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Mematikan ponsel dapat menghindari konsleting yang diakibatkan oleh Air sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada komponen penting ponsel lainnya.

Apa yang tidak boleh Anda lakukan jika ponsel terkena air?

Jangan pernah menghidupkan ponsel Anda, seperti yang telah penulis sebutkan. Komponen listrik tidak cocok dengan air saat beroperasi. Selain itu, Anda tidak boleh menekan tombol apa pun karena hal itu akan membuat Air bisa masuk pada bagian komponen ponsel.

Jangan goyang atau tiup ponsel ke dalam perangkat. Ini juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama cobalah untuk menghindari menggunakan alat pengering, seperti pengering rambut yang banyak orang gunakan untuk menyelamatkan ponsel yang terjatuh ke dalam air.

Segera Bongkar Ponsel yang Terkarena Air

Anda harus dengan segera membongkar ponsel Anda yang terkena Air. Jangan biarkan Air berlama-lama masuk pada perangkat Anda, karena hal tersebut dapat merusak ponse secara permanen. Jika penutup belakang Anda bisa dilepas, lepas. Demikian pula, coba keluarkan semua yang bisa Anda lakukan, misalnya baterai, kartu SIM, dan kartu SD. Walaupun kita tahu, sebagian besar ponsel tidak memiliki bagian belakang yang dapat dilepas saat ini, tetapi lakukan apa yang Anda bisa.

Cobalah Untuk Mengeringkan Bagian Luarnya

Pertama-tama kami harus mencoba menghilangkan semua kelebihan air yang ditemukan pada bagian luar ponsel Anda. Gunakan kain atau handuk kertas untuk mengeringkan semuanya sebanyak yang Anda bisa. Pastikan Anda tidak terlalu mengotak-atik ponsel Anda. Keringkan semuanya dengan lembut tanpa terlalu banyak menggerakkan ponsel.

Anda Bisa Menggunakan Penyedot Debu

Dari pada Anda menggunakan pengering rambut, Anda lebih baik menggunakan penyedot debu. Hal ini untuk menyedot sisa-sisa Air yang menempel pada ponsel Anda. Faktanya, penyedot debu dapat menyedot sedikit air dari ponsel tanpa terlalu banyak risiko. Pastikan saja penyedotan tidak membuat ponsel bergerak berlebihan.

Keringkan Ponsel Bagian Dalam

Anda bisa menggunakan mesin kompressor udara atau penghisap udara. Kamu juga bisa menjemur handphone kamu di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Namun pastikan bahwa layarnya membelakangi matahari, sebab layar bisa rusak bila terkena cahaya matahari langsung dalam waktu yang cukup lama.

Letakkan Ponsel ke Dalam Beras

Cara lain untuk mengeringkan ponsel adalah dengan memasukkannya dalam beras. Beras bersifat kering dan mudah menyerap air, sehingga air yang ada dalam ponsel Anda akan hilang dengan sendirinya.

Caranya, ambil satu kantong plastik beras lalu letakan ponsel Anda. Anda juga bisa memsukkan baterai, SIM card, memory card, dan komponen lainnya yang sudah Anda lepas ke dalam beras sehingga air-air yang masih tersisa dapat terserap oleh butiran-butiran beras tersebut. Untuk lebih aman, Anda bisa membenamkan ponsel Anda terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari. Sehingga dapat dipastikan ponsel dalam keadaan benar-benar kering.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.