Cara Mudah Memulihkan Akun WhatsApp yang Di Hack Orang

  • Bagikan
Cara Mudah Memulihkan Akun WhatsApp
Cara Mudah Memulihkan Akun WhatsApp

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengetahui akun WhatsApp di hack orang adalah dengan memulihkannya. Jangan sampai akun Anda menjadi sebagai alat seseorang untuk bertindak sesuatu yang tidak bertanggung jawab.

Memulihkan Akun WhatsApp
Memulihkan Akun WhatsApp

image source

WhatsApp adalah salah satu dari banyak aplikasi perpesanan yang paling populer dan secara bertahap menggantikan panggilan, maupun berkirim pesan teks biasa menjadi lebih mudah. Tanpa membutuhkan pulsa untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain melainkan hanya dengan kuota internet saja. Bahkan yang lebih mudah dengan menyambungkanya pada WiFi umum.

Nah, sebelum Anda mempelajari cara memulihkan akun WhatsApp yang di hack orang, Penulis perlu mengingatkan bahwa ada dua kategori dalam aplikasi WhatsApp ini. Pertama, pengguna WhatsApp yang tidak pernah mengatur otentikasi dua faktor dan tidak memiliki kode aktivasi WhatsApp enam digit; Dan kedua adalah mereka yang memang mengaturnya, tetapi kemudian secara keliru membocorkannya kepada penipu hanya untuk kemudian menyadari bahwa akunnya telah diretas.

Jika mereka (hacker/peretas) mengakses akun Anda dari perangkat lain, mereka tidak dapat membaca pesan WhatsApp sebelumnya karena WhatsApp menerapkan enkripsi end-to-end. Akan tetapi mereka masih dapat memulai obrolan baru. Selain mencuri informasi sensitif saat mengobrol dengan kontak Anda, Peretas biasanya juga dapat mengambil langkah lebih jauh untuk menipu teman dekat atas nama Anda.

Bagaimana Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang di Hack?

Lakukan langkah-langkah ini segera setelah Anda mengetahui bahwa orang lain selain Anda menggunakan akun WhatsApp Anda. Ini terjadi ketika kontak Anda mulai menerima pesan WhatsApp dari Anda yang tidak Anda kirim, Anda melihat pembaruan status dan posting pada grup WhatsApp yang tidak Anda buat.

Mengirim Laporan ke WhatsApp

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang di hack bisa dengan mengirimkan email pelaporan ke pihak WhatsApp melalui alamat: [email protected].

Melalui email tersebut Anda bisa melaporkan dengan subject bahwa akun WA Anda di hack, misalnya: “My WhatsApp account got hacked“. Kemudian dalam laporan tersebut, Anda jelaskan kronologi pembajakan. Sertakan juga bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang Anda alami saat ini.

Kemudian sertakan juga juga nomor ponsel yang Anda gunakan untuk akun WhatsApp tersebut dengan menggunakan kode internasional yakni +62 untuk Indonesia. Setelah membuat laporan, pihak WhatsApp akan segera mendeaktivasi akun atau menonaktifkan akun sementara. Kemudian tunggu hingga ada pemberitahuan lanjutan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp Anda.

Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Cara memulihkan akun WhatsApp berikutnya adalah dengan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp. Ini menjadi cara terakhir jika tak mendapatkan solusi dari langkah di atas.

1. Uninstall atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel
2. Restart ponsel Anda, baru kemudian install kembali aplikasi WhatsApp dari Google Play Store.
3. Log in dengan memasukkan nomor telepon seperti biasa
4. Masukkan kode OTP yang masuk ke nomor ponsel Anda
5. Anda berhasil masuk kembali ke akun WhatsApp

Apabila peretas mengaktifkan verifikasi dua langkah setelah mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan kode itu.

Dalam hal ini, pengguna harus menunggu selama tujuh hari untuk memulihkan akun Anda. Dan saat Anda menunggu pemulihan akun, peretas tidak dapat lagi mengakses akun Anda. Kemudian setelah Anda berhasil masuk ke akun WhatsApp Anda, maka akses WhatsApp peretas secara otomatis akan keluar (log out) dan akun WhatsApp akan kembali pulih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.