Cara Mudah Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus dari Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus
Cara Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus

Memulihkan pesan teks yang terhapus pada ponsel Android tidak semudah membolak balikkan telapak tangan Anda. Anda mungkin tidak pernah terbiasa dengan momen yang memilukan seperti saat Anda kehilangan pesan SMS penting dari ponsel Anda. Apa yang dapat Anda lakukan sekarang, jika Anda kehilangan pesan penting tersebut?

Cara Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus
Cara Memulihkan Pesan Teks yang Terhapus

image source

Sebagai pengguna tentunya akan merasa putus asa jika kehilangan sebuah pesan penting yang sudah Anda simpan pada pesan teks Anda. Melakukan pemulihan pesan yang terhapus bukanlah hal yang mudah, namun setidaknya inilah yang bisa Anda lakukan untuk saat ini sebelum Anda benar-benar akan kehilangan pesan tersebut. Dengan pemulihan ini setidaknya Anda tetap memiliki secercah harapan yang kemungkinan pesan tersebut bisa kembali seperti semula.

Cara Kerja Penghapusan dan Penyimpanan Pada Ponsel Android Anda

Pernahkah Anda mendengar orang mengatakan bahwa file tidak selalu hilang dari komputer Anda saat Anda menghapusnya? Ini benar. Terkadang beberapa pabrikan ponsel juga menerapkan penghapusan sementara yang aktif secara default pada sistem Android. Jadi ketika Anda sedang menghapus pesan teks ataupun menghapus gambar pada geleri, maka tidak serta-merta akan benar-benar terhapus. File yang Anda hapus tersebut hanya akan berpindah tempat dan masuk pada folder “Sampah”.

Semua file tersebut akan tersembunyi pada suatu tempat yang biasanya bernama “Sampah”. Jadi “Sampah atau Trash” berisi file-file yang sudah Anda hapus pada penyimpanan utama sebelum benar-benar terhapus secara permanen. Ini biasaya membutuhkan tenggang waktu untuk terhapus permanen secara otomatis. Biasanya untuk pengaturan default, file yang Anda hapus akan bertahan selama 30 hari pada folder sampah tersebut, dan setelah itu akan benar-benar hilang dari ponsel Anda.

Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana ini bisa terjadi. Ini sebenarnya bukan konsep yang sangat rumit setelah kami memahami cara kerja penghapusan. Dalam kebanyakan kasus, membuang file (dalam hal ini pesan SMS atau MMS) tidak benar-benar menghapusnya dari sistem, hanya saja akan berpindah ke tempat lain yang masih dalam satu perangkat tersebut. Namun jika tidak, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pemulihan File untuk mengembalikan pesan yang sudah Anda hapus.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan File

Jika Anda mulai kehilangan akses pada pesan yang sudah Anda hapus, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memang tugasnya untuk memulihkan data yang terhapus pada ponsel. Anda dapat memperolehnya menggunakan perangkat lunak pemulihan data, yang dapat memindai ponsel Anda untuk mencari konten yang sudah Anda hapus dan mengambil apa pun yang mungkin masih ada.

Beberapa aplikasi gratis bisa Anda dapatkan, dan beberapa lainnya tidak. Jadi Anda perlu nmengeluarkan sedikit uang untuk menggunakannya. Namun biasanya banyak aplikasi berbayar yang masih menawarkan masa uji coba gratis. Beberapa yang paling populer adalah Android Data Recovery, Dr. Fone, Tenorshare UltData, dan FonePaw.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan PC Anda untuk melakukannya agar lebih mudah. Anda mungkin perlu menyambungkan perangkat ke komputer, kemudian PC akan melakukan scanning pada penyimpanan internal ponsel Anda untuk mulai melakukan pemulihan data. Setelah Anda membiarkan program melakukan tugasnya, maka Anda akan disajikan dengan semua file yang dapat Anda pulihkan.

Melakukan Pencadangan Pesan Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud yang hebat dan sangat populer milik Google. Anda dapat melakukan lebih dari sekadar hanya menyimpan dokumen dan file pada layanan ini. Anda juga bisa membuat cadangan pesan teks Anda ke sana, sehingga Anda tidak akan mudah lagi kehilangan pesan penting pada aplikasi Google Message Anda! Berikut langkah-langkah cara melakukannya.

1. Masuk ke aplikasi Pengaturan ponsel Android Anda. Kemudian pilih Google.
2. Ketuk Cadangan. Pastikan Cadangan ke Google Drive telah Anda aktifkan.
3. Selanjutnya pilih Cadangkan sekarang.

Dengan melakukan pencadangan, Anda dapat memulihkannya menjadi lebih mudah jika pesan Anda terhapus pada ponsel Anda. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.