Cara Mudah Menambah dan Menghapus Widget Pada Layar Beranda Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Menambahkan Widget Pada Ponsel Android
Cara Menambahkan Widget Pada Ponsel Android

Tahukah Anda Widget pada ponsel Android? Widget memiliki fungsi sebagai akses lebih cepat terhadap suatu aplikasi tertentu. Jadi secara tidak langsung sebagai perwakilan untuk dapat menggunakan fitur dari aplikasi tersebut secara langsung tanpa perlu membuka aplikasinya. Biasanya widget terletak pada home screen atau tampilan awal layar perangkat Android anda.

Cara Menambahkan Widget Pada Ponsel Android
Cara Menambahkan Widget Pada Ponsel Android

image source

Salah satu yang menjadi orang lebih menyukai ponsel Android adalah dapat menggunakan wallpaper, peluncur Android, paket ikon, dan widget untuk mengubah ponsel Anda menjadi pengalaman yang unik dan istimewa. Widget pada dasarnya adalah aplikasi miniatur yang berjalan pada layar beranda Anda. Ini akan menampilkan informasi sehingga Anda tidak perlu masuk ke aplikasi cuaca hanya untuk melihat suhu atau melihat janji temu kalender Anda berikutnya.

Kehadiran Widget juga dapat Anda gunakan untuk mengontrol musik Anda, mengubah pengaturan cepat, atau bahkan berinteraksi dengan rumah pintar Anda tanpa meninggalkan layar beranda. Berikut cara menambahkan widget baru atau menghapus widget yang sudah Anda instal sebelumnya pada ponsel Android Anda.

Baca juga: Cara Mudah Mengatur Screen Timeout Pada Ponsel Android

Cara Mudah Menambah dan Menghapus Widget Pada Layar Beranda Ponsel Android

Cara Menambahkan Widget Baru ke Layar Beranda Anda

Widget memiliki sedikit perbedaan dengan peluncur aplikasi yang sebenarnya menjalankan layar beranda Anda. Akan tetapi sebagian besar peluncur mengikuti proses dasar yang sama untuk menambahkan widget. Tata letaknya mungkin sedikit berbeda tergantung pada pabrikan ponsel Anda, apakah Anda menggunakan peluncur pihak ketiga, atau menggunakan peluncur versi Android default Anda. Berikut cara mudah untuk menambahkannya.

1. Tekan lama pada ruang kosong di layar beranda Anda.
2. Ketuk Widget atau Tambah widget. Pengguna dapat menggeser ke atas pada Widget untuk membuka menu.
3. Gulir halaman widget untuk menemukan widget yang ingin Anda tambahkan.
4. Ketuk lama pada widget untuk menambahkannya ke layar beranda Anda. Namun beberapa peluncur akan meminta Anda untuk menarik dan melepas widget.
5. Jika Anda menggunakan peluncur pihak ketiga dan ini pertama kalinya Anda menempatkan widget, ketuk Selalu izinkan dan Buat agar ponsel Anda tidak mencekalnya.

Jika Anda ingin widget menjadi lebih besar atau lebih kecil agar sesuai, Anda perlu mengubah ukurannya, tetapi jangan khawatir. Ini bahkan lebih mudah daripada menempatkan widget. Tekan lama widget hingga kotak pembatas muncul pada sekitarnya, lalu seret tepinya ke ukuran yang Anda inginkan.

Cara Mudah Menghapus Widget Dari Layar Beranda Anda

Jika Anda bosan dengan widget dan ingin menghapusnya, ini akan lebih mudah lagi ketimbang Anda menambahkannya. Berikut ini cara menghapus Widget Anda dari layar beranda ponsel.

1. Tekan lama widget yang ingin Anda hapus.
2. Ketuk Hapus atau X. Jika Anda tidak melihat opsi itu, seret dan jatuhkan widget ke bagian atas layar, sebuah ikon tempat sampah akan muncul.

Anda Butuh Ide Widget Untuk Ponsel Anda?

Jika Anda ingin bermain dengan widget namun tidak tahu aplikasi mana yang menawarkan widget. Berikut adalah beberapa poin penting untuk membantu memulai pengalaman widget Anda:

  1. Aplikasi cuaca terbaik memiliki banyak widget untuk Anda pilih. Secara khusus, 1Weather, Appy Weather, dan Today Weather memiliki lebih dari selusin gaya widget yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan kondisi saat ini atau masa depan pada layar beranda Anda.
  2. Aplikasi produktivitas menjadi lebih baik tentang widget dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi yang popukler untuk Anda gunakan adalah Google Keep. Anda dapat mereferensikan catatan tanpa membuka aplikasi lengkap, dan Anda dapat memulai daftar tugas baru dengan satu ketukan saja pada Widget Google Keep.
  3. Aplikasi musik apa pun akan memiliki setidaknya satu widget pemutaran. Sehingga Anda dapat menjeda atau melompat ke lagu berikutnya melalui Widget pada layar beranda Anda.

Semoga saja setelah Apple menambahkan widget layar beranda pada iOS 14, Google juga akan mendapatkan kepuasan yang sangat pengguna butuhkan. Akan tetapi hampir setahun kemudian, widget Google sendiri masih sama seperti sebelumnya. Ada harapan bahwa kami akan mendapatkan beberapa pedoman widget yang ditingkatkan pada Android 12 nanti. Namun sejauh ini, kami belum melihat banyak hal selain widget Percakapan yang baru.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.