Cara Mudah Menampilkan Layar Android ke PC atau Laptop

  • Bagikan
Cara Menampilkan Layar Android ke PC
Cara Menampilkan Layar Android ke PC

Menampilkan layar Android ke PC atau yang banyak orang sebut sebagai screen mirroring adalah cara baru untuk memiliki layar ponsel lebih luas. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda ingin membuat sebuah tutorial atau ingin menonton video dengan layar yang lebih luas.

Cara Menampilkan Layar Android ke PC
Cara Menampilkan Layar Android ke PC

image source

Dalam bahasa lain, cara ini juga dapat Anda sebut sebagai cara untuk mencerminkan layar ponsel Android ke PC. Sehingga orang lain akan lebih leluasa dalam melihat ke layar ponsel Anda melalui alat bantu PC atau laptop.

Beberapa tahun yang lalu, metode terbaik mengharuskan Anda melakukan root pada ponsel Android jika Anda bermaksud untuk melakukannya. Namun hal itu tidak lagi diperlukan dengan beberapa opsi sumber terbuka yang tersedia untuk semua ponsel Android saat ini. Oleh karenanya, dalam panduan kali ini, penulis akan memberikan cara dengan sangat mudah untuk menampilkan layar ponsel Android pada PC atau laptop.

Mengapa Perlu Menampilkan Layar Android ke PC Anda?

Mengapa Anda ingin mencerminkan layar Android Anda ke PC? Ada banyak alasan. Anda mungkin seorang pengembang aplikasi dan ingin memeriksa hasil kode Anda tanpa harus terus-menerus meraih ponsel Anda. Mungkin Anda ingin berbagi gambar pada layar lebar tanpa mengunggahnya. Atau mungkin Anda perlu memberikan presentasi dengan cepat saat proyektor terhubung ke PC Anda.

Cara tercepat dan termudah, seperti yang akan Anda ketahui, tidak memerlukan instalasi pada ponsel Anda dan program sederhana untuk komputer Anda.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Menampilkan Layar Ponsel pada PC

Scrcpy adalah perangkat lunak terbaik untuk menampilkan layar ponsel Anda ke PC melalui USB secara gratis. Ia bekerja pada semua sistem operasi desktop, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apa pun ke ponsel Android Anda.

Inilah yang Anda butuhkan untuk memulai:

1. Download terlebih dahulu Scrcpy untuk platform PC yang Anda gunakan, kemudian ikuti petunjuk penginstalan yang biasanya berada pada file ReadMe bagian bawah halaman tersebut.
2. Siapkan kabel USB untuk menghubungkan ponsel Anda ke PC.
3. Ponsel cerdas atau tablet Android dengan USB debugging diaktifkan.

Cara Menampilkan Layar Android Anda ke PC Secara Nirkabel

Anda tidak memerlukan kabel USB untuk menampilkan layar ponsel Android Anda ke PC. Secara teknis, Scrcpy memiliki mode nirkabel, yang dapat menghubungkan perangkat Android dan PC Anda melalui jaringan Wi-Fi yang sama. Jadi setidaknya masih membutuhkan sedikit pengetahuan teknis lebih lanjut. Jangan khawatir tentang ini; ada cara yang lebih mudah untuk menampilkan layar ponsel Anda ke komputer, seperti AirDroid.

Untuk ini, Anda harus mengunduh AirDroid pada komputer dan Android Anda. Atau Anda menggunakan aplikasi browser AirDroid melalui Chrome. Silahkan daftar dan masuk ke semua perangkat, lalu ikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkan cara menampilkannya.

Unduh: AirDroid untuk Android, Windows

Kunjungi: AirDroid Web

Cara Menampilkan Layar Android Dengan AirDroid

1. Pastikan komputer dan ponsel cerdas Anda berada dalam jaringan Wi-Fi yang sama.
2. Pada ponsel Android, buka AirDroid => Saya => Keamanan & Fitur Jarak Jauh => Pencerminan Layar => Aktifkan. Kemudian PC Anda, buka AirDroid Web => Mirroring.
3. Anda perlu memberikan izin dengan mengetuk Mulai Sekarang ketika Android memberi tahu Anda bahwa AirDroid akan mulai merekam semua yang ada pada ponsel Anda.

Sama seperti itu, layar Anda secara nirkabel akan mencerminkan pada PC Anda. Ini adalah cara termudah untuk berbagi layar Android Anda tanpa memerlukan kabel. Plus, AirDroid adalah aplikasi manajemen jarak jauh Android yang fantastis dengan banyak fitur lain seperti transfer file, salinan kontak, SMS jarak jauh, pencadangan, dan banyak lagi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.