Cara Mudah Mengaktifkan Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal

  • Bagikan
Cara Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal
Cara Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal

Mengaktifkan backup chat otomatis pada aplikasi Signal akan membuat Anda tidak mudah kehilangan chat Anda. Pasalnya walaupun Anda secara tidak sadar sedang menghapus Chat penting Anda, tapi Anda masih menyimpan file backup tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pesan penting selama backup chat otomatis tersebut Anda aktifkan.

Cara Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal
Cara Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal

image source

Langkah ini merupakan bagian dari cara Signal menjaga privasi paling aman untuk para penggunanya. Yakni tidak mengirim atau menyimpan data chat tersebut pada cloud yang bukan miliknya sendiri. Seperti halnya iCloud milik Apple, Google Drive miliki Google, dan tidak juga pada cloud-cloud lain. Jadi, aplikasi Signal ini akan membuat cadangan obrolan terenkripsi yang tersimpan secara lokal untuk kemudian dapat Anda cadangkan secara teratur dan otomatis ketika Anda membutuhkannya.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi cara untuk mengatur dan mengaktifkan pencadangan Signal secara otomatis pada ponsel Android Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Backup Chat Otomatis Pada Aplikasi Signal

1. Buka aplikasi Signal pada ponsel Android Anda.
2. Ketuk menu pengaturan tiga titik pada sudut kanan atas.
3. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk pada Chat/Obrolan.
4. Gulir ke bawah dan ketuk pada Chat Backup/Cadangan Obrolan.
5. Silahkan ketuk untuk mengaktifkan slider.
6. Pilih atau buat folder pada perangkat Anda tempat Anda ingin menyimpan cadangan terenkripsi tersebut.
7. Ketuk Gunakan Folder Ini.
8. Ketuk untuk Izinkan Signal mengakses file pada folder yang Anda pilih.
9. Salin kode frasa sandi pada lokasi yang aman, seperti salah satu pengelola kata sandi terbaik atau Google Keep.
10. Centang pada pop-up kotak yang muncul, dan ketuk Aktifkan Cadangan.

Sekarang setelah Anda mengaktifkan pencadangan lokal, pencadangan akan terjadi secara otomatis pada masa mendatang. Ingatlah tempat Anda menyimpan folder tersebut pada perangkat Anda dan juga kode akses sebelum menginstal Signal pada perangkat baru dan memindahkan riwayat obrolan Anda secara manual.

Agar lebih aman, Anda bisa menyalin folder tersebut secara berkala pada penyimpanan yang lebih aman. Misalnya Anda menyalinnya pada penyimpanan MicroSD ataupun melakukan backup folder tersebut pada laptop atau PC Anda.

Signal secara luas dianggap sebagai salah satu aplikasi perpesanan terbaik saat ini. Hal ini karena sebagian besar standar privasi dan keamanannya yang lebih kuat dan terjamin ketimbang aplikasi lain. Namun, itu tidak berarti bahwa layanan tersebut tidak memiliki beberapa fitur yang berguna dan menyenangkan untuk para penggunanya, seperti membuat emoji, stiker dan lainnya.

Meskipun Signal terlihat sedikit lebih mendasar daripada aplikasi lain seperti WhatsApp atau Telegram, Anda dapat mempercantiknya dengan membuat stiker khusus atau menyesuaikan wallpaper dan latar belakang agar sesuai dengan selera Anda.

Kelebihan Signal Messenger Dari Pada Aplikasi Perpesanan WhatsApp

Enkripsi End To End

Signal mendukung keamanan end-to-end encryption untuk setiap fiturnya. Pada dasarnya, teknologi ini juga sudah diterapkan pada sejumlah aplikasi, termasuk WhatsApp. Signal mengklaim bahwa baik platform maupun developer tidak akan bisa membaca isi chat pengguna.

Nomor Telepon Lebih Aman

Saat pertama kali melakukan registrasi Signal, pengguna hanya memerlukan nomor telepon saja. Untuk data sisanya, platform tidak tahu apapun untuk akun pengguna termasuk salah satunya nomor telepon.

Mendukung Back Up Manual & P2P

Kelebihan selanjutnya dari signal adalah pada sisi backup data. Aplikasi ini mendukung transfer backup manual untuk pengguna Android dan backup P2P untuk iOS.

Fitur Screen Security

Signal mendukung fitur screen security bagi setiap penggunanya. Fitur ini cocok Anda gunakan bagi Anda yang tidak ingin menampilkan preview saat pesan masuk. Dengan demikian, privasi pun lebih terjaga saat mengaktifkan fitur screen security ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.