Cara Mudah Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Pada Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Android
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Android

Rotasi layar ponsel Android memiliki manfaat yang luar biasa jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik. Akan tetapi bagi sebagian kecil pengguna masih bingung sendiri mengapa layar ponselnya tiba-tiba bolak-balik. Padahal hal tersebut karena rotasi layarnya yang aktif secara default.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Android
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Android

image source

Bagi sebagian orang rotasi layar memiliki manfaat dalam keadaan tertentu. Misalnya ketika Anda sedang melakukan live streaming yang tidak terdapat fitur landscape, tentunya Anda kurang nyaman saat menonton video yang yang hanya separuh layar. Nah, dengan memanfaatkan rotasi layar pada ponsel, Anda bisa menonton video dengan layar penuh. Oleh karena itu, Anda memang perlu mengaktifkan rotasi layar ketika Anda butuhkan dan menonaktifkannya ketika sudah tidak Anda gunakan.

Karena tidak jarang sebagian orang juga merasa terganggu dengan rotasi layar. Misalnya ketika Anda sedang menggunakan ponsel seperti biasanya dalam mode potrait namun secara tiba-tiba layar berubah menjadi miring. Tentunya ini akan dapat mengganggu aktifitas Anda. Oleh karenanyam, rotasi layar ini perlu Anda atur sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Dan berikut ini penulis akan berikan langkah cepat bagaimana mengaktifkan dan menonaktifkan rotasi layar pada ponsel Android.

Beberapa aplikasi juga bekerja lebih baik sesuai dengan modenya masing-masing. Misalnya mode potret pada Instagram, sedangkan yang lain seperti YouTube terlihat lebih baik dalam mode lanskap ketika Anda sedang menonton video. Baik Anda menggunakan ponsel mahal atau salah satu ponsel Android murah terbaik. Anda dapat mengatur orientasi layar ponsel sesuai keinginan Anda, karena sejatinya kehadiran teknologi harus bisa memangkas pekerjaan Anda.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Melalui Bilah Notifikasi

Setiap ponsel Android sebenarnya telah menyertakan sakelar cepat yang mudah pengguna gunakan dalam Panel Navigasi untuk mengaktifkan atau mematikan fitur rotasi layar. Cara menggunakannya adalah

1. Geser ke bawah dari atas layar pada bilah notifikasi.
2. Bergantung pada bagaimana Anda mengatur ponsel Anda, Anda mungkin perlu menarik ke bawah untuk kedua kalinya untuk menampilkan lebih banyak bilah Notifkasi.
3. Carilah tombol putar otomatis yang terlihat seperti persegi panjang dengan dua panah melingkari dan ketuk pada bagian atasnya.
4. Mengetuknya akan mematikan atau mengaktifkan fitur rotasi layar untuk ponsel Anda saat berada pada aplikasi yang mendukungnya.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Rotasi Layar Melalui Pengaturan

Menggunakan cara ini akan sedikit membuat Anda lebih sulit, karena Anda harus terlebih dahulu masuk pada pengaturan ponsel. Adapun caranya adalah:

1. Geser ke bawah melalui panel Notifikasi, kemudian klik ikon roda gigi. Atau Anda bisa masuk melalui Aplikasi, kemudian pilih ikon roda gigi pada daftar Aplikasi.
2. Setelah masuk pada Pengaturan Sistem, pilih “Layar & Kecerahan” (sebagian ponsel memiliki nama berbeda. Ada yang menggunakan nama “Tampilan“, ada yang menggunakan nama “Layar“. Semua tergantung pada pabrikan masing-masing)
3. Kemudian aktifkan atau matikan slider pada “Rotasi Layar“.

Mengaktifkan fitur ini akan membuat ponsel Anda berubah menjadi lanskap secara otomatis saat Anda menarik video pada aplikasi seperti YouTube. Selain itu dengan memutar ponsel Anda, maka ponsel akan berubah menjadi mode lanskap.

Beberapa produsen ponsel seperti Samsung akan menyertakan pengaturan tambahan untuk rotasi otomatis layar. Seperti mode lansekap saat Anda berada pada layar beranda ponsel atau laci aplikasi. Mengakses pengaturan tambahan ini mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang dijelaskan di atas tetapi dengan langkah tambahan. Dengan menekan dan menahan sakelar putar otomatis, itu akan membuka lebih banyak opsi.

Cara Menambah Pintasan Cepat Rotasi Layar Pada Panel Notifikasi

Jika Anda tidak menemukan pintasan sakelar untuk mengaktifkan atau mematikan rotasi layar dengan cepat, maka anda perlu menambahkannya secara manual.

1. Buka panel notifikasi pada ponsel Anda, Kebanyakn ponsel harus menggesek dua kali ke bawah untuk memunculkan opsi “Edit” sakelar.
2. Selanjutnya klik pada ikon edit, kemudian Anda dapat menambahkan sakelar rotasi layar pada daftar yang muncul. Biasanya terdapat dua area. Area atas, merupakan sakelar aktif yang bisa Anda akses melalui panel Notifikasi. Sedangkan Area bawah sakelar yang tidak aktif.
3. Anda bisa menyeretnya dari area bawah ke area atas untuk menambahkannya.

Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.