Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android Secara Terjadwal

  • Bagikan
Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android
Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android

Mengaktifkan mode gelap pada ponsel Android adalah hal yang biasa. Namun bagaimana jika Anda ingin mode gelap tersebut aktif secara terjadwal?

Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android
Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android

image source

Sejak Androd 9 resmi meluncur, Google sudah menyematkan fitur mode gelap untuk membuat ponsel lebih nyaman. Terutama jika Anda menggunakannya dalam intensitas cahaya rendah, misalnya malam hari, atau berada dalam perjalanan yang memiliki cahaya kurang. Nah, dari situlah mode gelap hadir untuk memberikan rasa nyaman dan aman terutama pada mata Anda agar tidak mudah lelah ketika sedang menggunakan ponsel.

Manfaat Menggunakan Mode Gelap Pada Android

Google menyematkan fitur mode gelap tersebut bukan hanya untuk membuat pengguna nyaman saat berada pada intensitas cahaya rendah. Lebih dari itu, mode gelap memiliki beberapa manfaat untuk ponsel Anda sendiri.

Mengurangi Cahaya Biru Pada Smartphone

Cahaya biru yang dihasilkan melalui smartphone merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh manusia. Namun, dengan Anda menggunakan mode gelap ini, akan mengurangi cahaya biru yang keluar dari smartphone, sehingga setidaknya tubuh akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Menghemat Baterai Ponsel

Dari beberapa survei mengatakan bahwa menggunakan Mode Gelap pada smartphone dapat meningkatkan setidaknya enam kali lebih awet daripada pengunaan mode terang seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena lebih banyaknya kontras cahaya yang dihasilkan oleh ponsel ketika sedang dalam mode terang. Sehingga smartphone mudah panas dan baterai cepat habis.

Tampilan Android Lebih Keren

Menggunakan mode gelapa akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih keren. Karena mode ini akan memiliki dampak pada semua aplikasi yang Anda gunakan kecuali pada beberapa aplikasi yang memang memiliki fitur mode gelap sendiri. Biasanya, ketika hal ini berlangsung, background pada tampilan tersebut akan berubah warna menjadi hitam dan terlihat lebih elegan.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap Pada Android Secara Terjadwal

Memang tidak semua ponsel Android memiliki fitur penjadwalan untuk mengaktifkan mode gelap secara berkala. Namun secara pasti fitur tersebut sudah hadir pada semua ponsel Android. Khususnya yang sudah menjalankan Android 10 ke atasnya. Nah, jika ponsel Anda memiliki fitur penjadwalan tersebut, berikut ini penulis berikan langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

1. Pertama, Anda perlu masuk pada Pengaturan sistem ponsel Android Anda.
2. Tap pada bagian Tampilan => Dark Mode.
3. Kemudian Anda akan mendapatkan fitur Jadwalkan.
4. Aktifkan fitur penjadwalan tersebut, kemudian Anda bisa memilih jadwal sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda akan mendapatkan beberapa opsi. Yakni dari matahari terbenam hingga matahari terbit atau Menyala pada waktu tertentu. Jika Anda memilih opsi yang terakhir, maka Anda perlu menentukan jam sesuai dengan yang Anda mau.

Lebih dari itu, Anda masih dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode gelap ini secara manual kapan pun Anda mau. Akan tetapi dengan opsi penjadwalan ini akan sangat bermanfaat jika Anda ingin menyederhanakan. Penulis saat ini menemukan mode gelap secara terjadwal pada ponsel Pixel 2.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa penjadwalan mode gelap tidak tersedia untuk ponsel Pixel generasi pertama. Anda harus memastikan bahwa Anda setidaknya memiliki perangkat Pixel 2 jika Anda akan menikmati fitur tersebut.

Fitur Terbaru dan Tercanggih dari Google Pixel 2

Smartphone besutan Google tersebut mengemas banyak fitur baru yang tentunya juga menarik. Meski demikian, Google tak terlihat ambisius untuk mengejar iPhone serta Samsung dalam berbagai fiturnya. Alih-alih, Google lebih fokus pada machine learning serta kamera yang sebagai keunggulan utamanya. Salah satunya ponsel ini mampu menghasilkan Portrait Mode cukup dengan single kamera.

Ketika smartphone lain membutuhkan dual kamera untuk menghasilakan foto bokeh, namun berbeda dengan Pixel 2 yang yang hanya memasang 1 buah kamera. Hal ini justru memperbaiki berbagai software di dalamnya, sehingga tetap mampu memperoleh blur cantik ala Portrait Mode.

Google sendiri mengklaim Portrait Mode Pixel 2 XL adalah yang terbaik karena berbasis machine learning, sehingga mengenali perspektif dan jarak, sehingga tingkat blur disesuaikan dengan kondisi alami.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.