Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap Pada Aplikasi di Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap
Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap

Mengaktifkan mode gelap pada ponsel Android tentunya sebagian besar tidak dapat mempengaruhi aplikasi. Hal ini biasanya terlihat pada aplikasi yang memang juga menawarkan hal yang serupa. Seperti halnya Google Maps, Instagram, Google Play Store dan lainnya.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap
Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap

image source

Semua aplikasi yang memiliki dukungan mode gelap tidak akan terimbas jika ponsel Anda beralih dalam mode gelap sekalipun. Artinya aplikasi tersebut tidak akan terpengaruh ke dalam mode gelap itu sendiri kecuali memang Anda mengaturnya melalui aplikasi tersebut. Akan tetapi jika suatu aplikasi tidak menawarkan fitur mode gelap, maka secara otomatis akan ikut pada mode sistem yang Anda gunakan.

Lalu mengapa mode gelap menjadi mode favorit banyak pengguna ponsel Android saat ini? Tahukah Anda beberapa manfaat jika Anda menggunakan mode gelap pada ponsel Anda.

Manfaat Mengaktifkan Mode Gelap Pada Ponsel

1. Mengurangi Ketegangan Mata

Beberapa pengguna mengklaim jika Anda meggunakan mode gelap pada ponsel Anda, maka akan dapat mengurangi ketegangan pada mata Anda. Mata sering kali panas jika Anda terlalu lama memandang sebuah layar, kecuali jika Anda menggunakan pelindung kaca radiasi, seperti kaca mata atau lainnya.

Selain itu, mode ini meningkatkan kontras antara teks yang dan latar belakang yang gelap. Sehingga ini akan membuatnya lebih mudah untuk Anda baca pada layar ponsel Anda.

2. Mengurangi Eksposur Blue Light

Tahukan Anda apa itu sinar Blue Light yang dihasilkan oleh layar ponsel Anda? Blue light adalah sinar biru yang terpancar dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat gadget lainnya. Sinar biru tersebut awalnya hadir sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang Anda gunakan.

Sinar biru ini memiliki bahaya yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah bisa menyebabkan penurunan dalam produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur seseorang. Secara normal, tubuh memproduksi hormon melatonin dalam jumlah yang sedikit pada siang hari, kemudian akan bertambah jumlahnya pada waktu-waktu tertentu, yaitu: malam hari, beberapa jam sebelum tidur, dan mencapai puncaknya pada tengah malam.

3. Meningkatkan Masa Pakai Baterai

Selain kesehatan, ada juga manfaat untuk perangkat Anda sendiri, yakni dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Karena kemungkinan karena berkurangnya pancaran sinar buatan yang dihasilkan oleh layar perangkat Anda.

Nah, untuk itu Penulis akan berikan langkah-langkah cara mengaktifkan mode gelap pada beberapa aplikasi penting yang banyak digunakan pada ponsel Android saat ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap Pada Aplikasi Android

Google Maps

Google Maps menghadirkan fitur mode gelap dalam aplikasi untuk membuat pengguna semakin nyaman saat melakukan perjalanan. Mode ini akan mengubah latar belakang peta menjadi berwarna paling gelap, sedangkan gambar jalanan akan tampil dengan warna abu-abu yang sedikit lebih terang. Sementara itu, teks nama jalan, ikon, dan pin tetap bisa terlihat dengan jelas. Meskipun mode gelap Anda Aktif, teks, pin, dan ikon masih memiliki warna yang lebih cerah. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan mode gelap pada aplikasi Google Maps.

Instagram

Instagram merespon kesadaran banyak orang akhir-akhir ini untuk melindungi kesehatan matanya pada saat menggunakan ponsel pintarnya. Sehingga rilislah fitur mode gelap yang bisa Anda gunakan saat menggunakan aplikasi Instagram. Cara mengaktifkan mode gelap pada instagram sangatlah mudah, dengan begitu Anda akan lebih nyaman dan bisa berlama-lama ketika bersosial media dengan aplikasi Instagram.

Dengan berada di bawah payung Facebook, popularitas Instagram semakin meningkat dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang seluruh dunia.

Google Play Store

Tak mau ketinggalan, Google juga menghadirkan fitur ini pada layanan toko aplikasinya. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan mode gelap ini pada aplikasi Google Play Store. Fitur ini sebelumnya baru tersedia untuk perangkat yang berbasis Android 10. Namun kini Google memperluasnya untuk semua versi Android yang masih mendapat dukungan. Melalui akun twitternya @GooglePlay, Google mengonfirmasi bahwa fitur Mode Gelap tersebut sudah bisa pengguna nikmati untuk seluruh pengguna Android, termasuk di Indonesia.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.