Cara Mudah Mengaktifkan Mode Satu Tangan di Android 12

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan pada Android 12
Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan pada Android 12

Android 12 menyertakan perubahan desain antarmuka untuk memudahkan pengoperasian ponsel Android mode satu tangan (One-handed mode). Pada one-handed mode ini, antarmuka Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar ponsel. Sehingga pengoperasianya menjadi lebih mudah menggunakan satu tangan saja, hal ini biasanya perlu Anda aktifkan jika Anda sedang berada dalam perjalanan.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan pada Android 12
Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan pada Android 12

image source

Ponsel Android terbaik tidak hanya berhasil mengemas lebih banyak fitur selama bertahun-tahun, tetapi juga selalu membawa perubahan yang lebih besar. Bagi banyak orang, idealnya pengoperasian ponsel menggunakan dua tangan. Namun dengan fitur ini, Anda dapat melakukannya menjadi satu tangan saja dan itu lebih mudah dari pada Anda menggunakannya dua tangan.

Sebenarnya banyak produsen smartphone telah mengambil langkah sendiri untuk membangun versi mode satu tangan. Akan tetapi sekarang dengan Android 12, Google memasukkannya ke tingkat sistem sehingga tentu akan menghasilkan kinerja yang lebih baik. Perlu Anda ketahui, saat ini fitur mode satu tangan masih dalam versi beta. Jadi kedepan masih akan banyak lagi perbaikan peningkatan yang membuat fitur ini semakin nyaman dan menyenangkan. Namun, kendati masih dalam versi beta, Anda masih dapat mengaktifkan fitur tersebut sekarang jika Anda sudah meningkatkannya menjadi Android 12. Dalam beberapa langkah mudah, penulis akan menunjukkan cara mengaktifkan mode satu tangan pada Android 12.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Satu Tangan Pada Android 12

1. Buka aplikasi Pengaturan pada Android 12. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk Sistem.
2. Gulir ke bawah lagi dan ketuk pada mode Satu Tangan (One-Handed mode)
3. Ketuk slider untuk beralih ke Gunakan mode satu tangan.
4. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan Keluar saat berpindah aplikasi. Dengan cara ini, Anda dapat kembali ke tampilan layar penuh setelah menyelesaikan tugas Anda.
5. Masuk pada Timeout.
6. Pilih berapa lama Anda ingin mode satu tangan bertahan saat Anda menggunakan gerakan. Anda dapat memilih Tidak pernah, atau 4, 8, atau 12 detik.
7. Keluar dari aplikasi pengaturan dan buka aplikasi lain.
8. Sekarang Anda dapat menggeser ke bawah dari tengah bawah layar.

Hanya itu yang dibutuhkan. Sekarang saat Anda menggesek ke bawah dalam suatu aplikasi, maka seluruh layar yang Anda gunakan akan turun, dan membuatnya lebih mudah untuk mencapai elemen navigasi atas.

Setelah itu, Anda dapat dengan mudah keluar dari mode satu tangan dengan menggesek kembali dari bawah, mengetuk bagian atas layar, atau hanya menunggu waktu tunggu yang sudah Anda tetapkan. Mode satu tangan ini berbeda dari mode satu tangan pabrikan ponsel seperti Samsung yang mengecilkan seluruh layar ke satu sisi atau sisi lain. Namun tetap saja, ini akan sangat familiar bagi mereka yang telah menggunakan iPhone dengan Reachability diaktifkan.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Android 12

Kehadiran Android 11 adalah pembaruan yang lebih besar daripada sebelumnya. Fitur yang lebih kecil seperti gelembung obrolan, pemberitahuan percakapan, dan perekam layar bawaan tidak terdengar terlalu mengesankan. Tapi bagaimanapun, Android 11 adalah pembaruan yang cukup bagus untuk OS seluler Google.

Meskipun memperkenalkan banyak perubahan yang hadir secara default, Android 11 tidak memiliki banyak fitur yang dapat pengguna gunakan dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Namun hal itu tidak pada Android 12 sekarang ini. Dalam rilis beta pertama yang saat ini tersedia, Andaroid 12 membawa fitur-fitur baru yang menarik dalam bentuk opsi penyesuaian. Baik dari perbaikan privasi, keamanan, dan animasi yang menyenangkan pada seluruh antar mukanya.

Google menyebut Android 12 sebagai “perubahan desain terbesar dalam sejarah Android”, dan itu segera terbukti setelah Anda melihat antarmuka baru. Anda dapat melihat panduan dari kami, tentang bagaimana menginstal Android 12 Beta pada ponsel Anda sekarang.

Baca juga: Berikut Ini Panduan Cara Mudah Instal Android 12 Beta Pada Ponsel Anda

Antarmuka Android 12

Google menyebut paradigma visual baru Material You, yang merupakan evolusi Desain Material. Sorotan utamanya adalah kustomisasi. Google semakin memudahkan untuk mempersonalisasi ponsel sesuai selera Anda. Fitur “transformatif” memberi Anda palet warna kustom, dan Anda dapat dengan mudah mengubah warna antarmuka.

Ada juga fitur ekstraksi warna yang memungkinkan Anda memilih warna langsung dari latar belakang ponsel Anda. Warna-warna ini kemudian dapat Anda terapkan pada seluruh UI. Termasuk bayangan pemberitahuan, layar kunci, widget, kontrol volume, dan banyak lagi. Ini adalah mesin bertema yang telah kami tunggu-tunggu, dan sangat menyenangkan melihat Google akhirnya menawarkan kontrol penyesuaian yang canggih.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.