Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

Memang sangat menyebalkan ketika kita akan membuka aplikasi namun malah muncul pesan Error. Bukan hanya pesan Error saja, namun sama sekali kita tidak bisa membukanya. Ketika kita membuka aplikasi yang sudah di download dari playstore, malah kemudian munsul pesan error atau Aplikasi sudah berhenti. Jika sudah mengalami hal tersebut, berarti aplikasi anda sudang tidak bisa digunakan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan agar aplikasi tersebut dapat kembali digunakan tanpa muncul pesan error.

Berhentikan Aplikasi Secara Paksa

Langkah-langkahnya: Buka Pengaturan => Aplikasi => Pilih Aplikasi > Paksa Berhenti.

Setelah itu coba buka aplikasi kembali dan jika anda tetap menemukan notifikasi error, jadi sudah dipastikan aplikasi sudah kembali normal.

Aplikasi01

Update Aplikasi di Google Play Store

Sebagai pengembang aplikasi, tentunya para pengembang akan mengupdate aplikasi-aplikasi buatannya, pembaruan yang diberikan biasanya mengandung banyak hal, mulai dari fitur baru hingga perbaikan bugs.

Aplikasi02

Hapus Cache Aplikasi

Sama seperti aplikasi Android lainnya, cache berfungsi untuk menyimpan file sementara. File ini akan terus menumpuk seiring dengan pemakaian aplikasi yang semakin sering. Terkadang file cache malah akan membuat sebuah aplikasi menjadi error dan tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya sangat mudah, dengan cara hapus saja cachenya. Buka Pengaturan => Aplikasi => Penyimpanan => Hapus Cache

Aplikasi03

Hapus Data Aplikasi

Selain menyimpan file berupa cache, sebuah aplikasi juga akan menyimpan file berisi data-data penggunanya. Seperti informasi login, dan history. Data ini juga jika sudah terlalu menumpuk kadang akan membuat aplikasi error jika memory tidak mencukupi. Caranya: Buka Pengaturan => Aplikasi => Penyimpanan => Hapus Data

Aplikasi03


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.