Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Alias Blank Putih

Pernahkah Anda mengalami aplikasi Instagram yang tiba-tiba blank putih saat pertama kali Anda membukanya? Ini menjadi sebuah masalah yang bisa membuat Anda frustasi dalam mengatasinya. Bagaimana tidak, sebagai pegiat media sosial Instagram tentunya Anda merasa panik dan bahkan kurang nyaman dengan kondisi seperti ini.

Aplikasi Instagram Error Blank Putih
Aplikasi Instagram Error Blank Putih from gadgetren

Instagram sendiri merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan video. Instagram masih merupakan bagian dari facebook yang memungkinkan teman facebook itu mengikuti Anda dalam akun sosial media instagram. Sehingga Anda bisa membagikan hal-hal penting dalam kehidupan sehari-hari menjadi semakin menyenangkan.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba masalah seperti ini terjadi pada aplikasi Instagram di ponsel Anda? Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengatasi aplikasi yang tiba-tiba blank putih. Masalah ini terjadi bisa saja diakibatkan karena aplikasi yang corrupt sehingga menyebabkan tidak bisa terbuka. Namun jika hal ini hanya terjadi pada ponsel Anda, maka bisa dipastikan bahwa masalah ini berasal dari ponsel Anda sendiri.

Nah, untuk itu beberapa hal penting ini perlu lakukan langkah demi langkah untuk mengetahui penyebab dari aplikasi yang blank putih saat dibuka.

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Blank Putih Saat Dibuka

#1 Cara Pertama

Saat Anda mengalami aplikasi yang tiba-tiba blank, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaikinya pada aplikasi itu sendiri. Berikut caranya:

  1. Coba lakukan Uninstal aplikasi tersebut terlebih dahulu, melalui Pengaturan ponsel dengan cara Hapus Cache dan Data Aplikasi, kemudian Uninstal/Hapus Aplikasi.
  2. Selanjutnya, download kembali aplikasi tersebut melalui Google Play Store.
  3. Tunggu hingga proses Download selesai, kemudian Buka aplikasi.

#2 Cara Kedua

Jika pada cara pertama tidak memberikan hasil yang cukup baik dan tetap tidak bisa mengatasi aplikasi tersebut, maka Anda bisa mencoba cara kedua. Yaitu dengan cara melakukan downgrade versi aplikasi ke versi sebelumnya. Hal ini untuk memastikan bahwa pada aplikasi terbaru tidak membawa bug yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka.

  1. Lakukan Uninstal terlebih dahulu pada aplikasi tersebut, kemudian download aplikasi dengan versi yang berbeda dengan Google Play Store.
  2. Anda bisa mendownloadnya menggunakan browser ponsel, Misalnya Google Chrome, kemudian masuk pada website penyedia .apk untuk Android. Seperti halnya apkpure.com, apkmirror.com, dll.
  3. Cari .apk yang ingin Anda download dengan versi sebelumnya. Kemudian instal file .apk tersebut pada ponsel Anda.

#3 Cara Ketiga

Jika beberapa cara tetap tidak memberikan hasil yang baik pada ponsel Anda, maka saat Anda beralih pada cara ektrem yang ketiga, yaitu dengan melakukan Factory Reset. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bug yang ada pada OS Android Anda, dan kembali seperti baru pertama kali membelinya. Namun, sebelum Anda melakukan Factory Reset, silahkan lakukan Backup Data terlebih dahulu agar Anda tidak kehilangan data ponsel Anda. Seperti Kontak, Foto dan File-File penting lainnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *