Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi
Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi

Sebagai pengguna, Anda tentu pernah mengalami data seluler Android terkadang tidak berfungsi dengan baik. Meskipun pengguna telah menghidupkannya dan jaringan berfungsi dengan normal. Namun sebenarnya tanpa data seluler Anda masih bisa menggunakannya melalui jaringan WiFi. Namun, bagaimana jika Anda tidak berada dalam jangkauan area WiFi?

Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi
Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi

image source

Anda tentunya akan merasa kebingungan jika Data Seluler Anda tidak berfungsi, karena Anda tidak bisa memiliki akses internet saat diluar rumah. Ponsel cerdas sama halnya dengan komputer kecil yang bisa Anda bawa kemanpun Anda pergi. Akan tetapi perangkat ini menjadi sangat nyaman menemani hari-hari Anda setiap saat sehingga hampir tidak dapat terpisahkan dengan hidup seseorang.

Sedangkan koneksi internet adalah tulang punggung yang menjadikan ponsel cerdas lebih bermakna. Jadi setiap kali data seluler Anda tidak dapat berfungsi, maka dunia seolah terhenti. Nah, oleh karenanya apa yang Anda lakukan untuk kembali ke grid? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Mudah Menghemat Pemakaian Data Seluler

Cara Mudah Mengatasi Data Seluler Android Tidak Berfungsi

Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat mematikan semua antena nirkabel, termasuk data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth. Terkadang hanya dengan menyalakan dan mematikan mode pesawat dapat mengatur ulang pengaturan dan mengembalikan pengaturan jaringan menjdi normal. Mode pesawat biasanya dapat Anda buka melalui panel Notifikasi. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa membukanya melalui Pengaturan => Jaringan & internet => Mode pesawat.

Reboot Ponsel Anda

Sebagian besar masalah ponsel dapat teratasi hanya dengan melakukan reboot saja, yakni mematikan kemudian menghidupkan ulang ponsel Anda. Ini akan mempengaruhi semua sistem pada ponsel Anda menjadi lebih fresh dan kembali normal lagi.

Periksa Paket Data Anda

Beberapa paket data seluler memiliki batasan dan hambatan. Lihat persyaratan paket Anda dan lihat apakah Anda telah menggunakan lebih banyak data daripada yang seharusnya. Juga, pertimbangkan fakta bahwa Anda mungkin terlambat membayar. Bahkan yang terbaik dari kita terkadang lupa tentang tagihan yang seharusnya Anda lakukan.

Lepas Kartu SIM Anda

Kartu SIM bisa berpindah-pindah, dan terkadang pin bisa keluar jalur. Ada baiknya untuk mencoba melakukan otak-atik kartu SIM sedikit jika langkah-langkah di atas tidak berhasil untuk Anda. Cukup tarik keluar dan masukkan kembali. Mungkin mencoba untuk membersihkannya sedikit? Tidak ada salahnya untuk mencoba! Ini adalah cara yang baik untuk mencoba membuat data seluler berfungsi kembali.

Setel Ulang APN Ponsel Anda

APN Anda adalah cara ponsel Anda terhubung dengan jaringan operator seluler Anda. Anggap saja sebagai kata sandi Wi-Fi untuk data seluler. Akan tetapi jauh lebih rumit dengan pengaturan IP, detail gateway, dan lainnya.

Ponsel yang berbeda memiliki berbagai cara untuk masuk ke pengaturan APN. Tetapi umumnya, mereka berada pada bagian bawah bagian Data Seluler, Kontrol Nirkabel, atau Nirkabel & Jaringan. Akses beberapa menu yang Anda miliki dan cari Nama Titik Akses. Ketuk ikon menu dan pilih Atur ulang ke default.

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Anda mungkin perlu melakukan setel ulang pada jaringan seluler Anda. Anda perlu masuk pada pengaturan jaringan untuk menyetelnya kembali ke default pabrik, maka kemungkinan ini akan dapat memperbaiki masalah Anda. Caranya adalah dengan masuk pada Pengaturan => Sistem => Lanjutan => Atur ulang opsi => Atur ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth => Atur ulang pengaturan.

Reset ke Data Pabrik

Jika semuanya gagal memulihkan data seluler, lanjutkan dan lakukan reset data pabrik. Ini akan menghapus semua yang ada pada ponsel Anda dan mengembalikan semua pengaturan ke default pabrik. Ini berarti ponsel Anda akan dibiarkan seperti pertama kali Anda membukanya dari dosbook Anda.

Dengan melakukan cara ini dapat memperbaiki hampir semua masalah perangkat lunak yang mungkin Anda temui. Ini adalah solusi terbaik untuk banyak masalah, tetapi harus digunakan sebagai upaya terakhir karena ketidaknyamanan menghapus semua data ponsel Anda. Seperti banyak proses lainnya, melakukan reset data pabrik berbeda dengan hampir setiap telepon. Anda perlu melakukan reset untuk mendapatkan petunjuk langkah demi langkah.

pada ponsel Android stok Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini: Pengaturan => Sistem => Lanjutan => Opsi reset => Hapus semua data (reset pabrik) => Hapus semua data.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda,

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.