Cara Mudah Mengatasi Instagram yang Tidak Berfungsi Normal

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi Masalah Instagram
Cara Mudah Mengatasi Masalah Instagram

Mengatasi masalah Instagram merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui. Tidak menutup kemungkinan aplikasi Instagram Anda secara tiba-tiba menjadi tidak normal tanpa mengetahui penyebabnya. Kadangpun jika suatu aplikasi mengalami error bisa kapan saja terjadi. Dan Anda sebagai salah satu pembaca tulisan kami, setidaknya Anda bisa dengan cepat untuk mengatasinya.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Instagram
Cara Mudah Mengatasi Masalah Instagram

image source

Saat ini Instagram menjadi layanan sosial yang banyak penggemarnya. Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer untuk berbagi foto dan video. Akan tetapi jika tidak berfungsi, itu bisa menjadi pengalaman yang membuat Anda frustrasi. Apalagi Anda yang kerjanya setiap hari bergelut dengan Instagram untuk Bisnis maupun sekedar berbagi kenangan kepada pengikut Anda.

Nah, berikut ini penulis akan memberikan beberapa langkah cepat yang bisa Anda lakukan jika mengalami situasi yang seperti ini. Aplikasi Instagram yang secara tiba-tiba macet dan tidak berfungsi seperti biasanya.

Baca juga: Cara Membedakan Akun Instagram yang Anda Gunakan

Cara Mudah Mengatasi Instagram yang Tidak Berfungsi Normal

Restart Aplikasi Instagram Anda

Jika Anda mengalami situasi ini, coba tutup aplikasi Instagram Anda dan buka kembali. Pada Android Pie dan yang lebih baru, cara ini sangatlah mudah dan hanya perlu beberapa detik. Langkah tepatnya mungkin sedikit berbeda bergantung pada ponsel cerdas yang Anda gunakan. tetapi Namun untuk sebagian besar pengguna, umumnya harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menutup dan Memulai Ulang Aplikasi Instagram (Android)

1. Ketuk kotak pada kanan bawah.
2. Geser Instagram ke atas untuk menutupnya.
3. Selanjutnya buka kembali aplikasi Instagram.

Sedangkan langkah-langkah pada iOS sangat mirip. Perbedaan utamanya adalah ketergantungan Apple pada gerakan menggesek. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan iPhone, Anda pasti sudah memahami cara kerjanya.

Cara Menutup dan Memulai Ulang Instagram (iPhone)

1. Geser ke atas dari bawah layar dan tahan.
2. Pada aplikasi Instagram, geser ke atas untuk menutupnya.
3. Buka kembali Instagram Anda.

Memulai ulang aplikasi bisa menjadi perbaikan cepat. Akan tetapi jika masalahnya lebih serius, ini akan membutuhkan langkah lebih lanjut.

Perbarui Aplikasi Instagram

Menutup dan membuka kembali Instagram akan memperbaiki sebagian besar masalah. Akan tetapi jika tidak, Anda perlu memeriksa apakah Anda menggunakan versi terbaru aplikasi. Versi yang lebih baru sering kali berisi perbaikan bug dari versi sebelumnya selain adanya fitur-fitur baru. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa pembaruan Instagram pada Android atau iOS.

Cara Memperbarui Instagram (Android)

1. Buka Google Play Store.
2. Buka menu dengan mengetuk ikon profil pada bagian atas.
3. Ketuk Aplikasi & game saya.
4. Ketuk Perbarui pada sebelah kanan aplikasi Instagram, jika tersedia.

Cara Memperbarui Instagram (iPhone)

1. Buka App Store.
2. Ketuk tab Hari Ini.
3. Ketuk ikon profil Anda pada bagian atas layar.
4. Gulir ke bawah dan periksa pembaruan pada aplikasi Instagram, atau ketuk Perbarui Semua.

Periksa Koneksi Anda

Jika aplikasi Instagram Anda tidak dapat melihat gambar sama sekali, coba Anda periksa koneksi internet Anda. Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat ini terjadi. Salah satunya dapat menyelesaikan masalah. Cobalah setiap item pada daftar ini.

1. Matikan data dan alihkan ke Wi-Fi.
2. Mendekatlah ke router Anda.
3. Setel ulang router, meskipun internet Anda berfungsi pada perangkat lain.

Jika cara tersebut tidak berhasil, coba matikan Wi-Fi terlebih dahulu. Lalu lihat apakah Instagram mulai berfungsi hanya dengan data. Jika ya, sudah waktunya untuk membeli router baru, tetapi jika tidak, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.

Mulai Ulang Ponsel Anda

Seperti banyak masalah teknologi lainnya, solusi paling sederhana dan efektif adalah dengan memulai ulang perangkat. Saat Instagram tidak berfungsi, logika yang sama berlaku.

Mulai ulang perangkat Anda dan itu dapat langsung menyelesaikan kesengsaraan Instagram Anda. Cukup tahan tombol daya dan ketuk mulai ulang.

Reinstal Aplikasi Instagram

Terkadang bug dapat muncul saat menginstal atau memperbarui Instagram yang menyebabkannya berhenti berfungsi. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mencopot pemasangan dan memasang ulang aplikasi. Ini merupakan opsi terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum harus mengembalikan pengaturan ponsel Anda ke Setelan Pabrik.

Namun, dalam banyak kasus cara ini paling mujarab yang bisa Anda lakukan. Baru setelah ini Anda bisa membuat kesimpulan sendiri terhadap masalah yang Anda hadapi.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.