Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Android

Kamera kini menjadi fitur yang memiliki peranan penting bagi seseorang dalam memilih smartphone. Dengan adanya sosial media yang membuat orang terhubung dengan banyak pihak, berbagi gambar keseharian ataupun hal-hal menarik lainnya, seakan menjadi keharusan untuk membagikannya dengan khalayak ramai atau sekedar kepada teman-teman dekatnya.

Kamera Error
Kamera Error – Via: detikgadget.com

Kamera gagal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya memori internal penuh, metode penyimpanan menggunakan memori exsternal atau aplikasi kamera tidak merespon. Sehingga kamera tidak bisa bekerja dan memberikan peringatan kamera gagal.

Untuk itu, bagi kamu yang sedang mengalami masalah pada kamera Android yang sedang kamu miliki, kami akan berikan cara-cara untuk mengatasinya.

Cara Mudah Mengatasi Kamera Error Pada Android

Menghapus Cache Kamera

Cache adalah berfungsi sebagai penyimpanan sederhana untuk mempercepat akses data, jika hal ini penuh maka akan mengalami beberapa eror pada kamera. Caranya cukup mudah silahkan masuk menu Setting/Pengaturan => Aplikasi => Semua Aplikasi => kemudian cari Kamera. Kemudian Hapus Cache => Paksa Berhenti, dan pilih Hapus Data.

Cara ini mampu mengatasi kamera yang sering Error dan juga dapat mengatasi kamera gagal.

Cek Ruang Penyimpanan

Salah satu yang juga menjadi penyebab kamera gagal adalah karena media penyimpanan. Untuk itu, kalian perlu mencoba mengecek salah satunya kapasitas ruang penyimpanan. Masalah ini biasanya muncul jika kamu menggunakan penyimpanan Eksternal atau Micro SD, Mengapa demikian? Karena kemungkinan Micro SD Error secara tiba-tiba sehingga menyebabkan kamera tidak mampu membaca kapasitas penyimpanannya.\

Lakukan Factory Reset

Jika kedua cara tersebut tidak mampu juga mengatasinya, maka jalan terakhirnya adalah Melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal mungkin salah satu solusi yang bisa kalian lakukan, namun cara ini akan menghapus semua aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone kalian. Dengan kata lainUntuk melakukan factory res, smatphone akan kembali seperti baru pertama kalian beli.

Disini hasilnya akan diketahui, apakah yang rusak karena software kamera atau malah hardware kameranya. Jika kamera tetap tidak berfungsi atau error setelah melakuka Factory Reset, maka dapat dipastika jika Hardware kameranya yang rusak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.