Cara Mudah Mengatasi Kesalahan “Google Play Authentication is Required” Pada Android

  • Bagikan
Cara Mengatasi Masalah Google Play Authentication is Required
Cara Mengatasi Masalah Google Play Authentication is Required

Kesalahan “Google Play Authentication is Required” merupakan masalah umum yang sering terjadi pada perangkat Android. Itu membuat Anda menyadari betapa Anda pentingnya layanan Google untuk aktivitas ponsel cerdas Anda, salah satunya Google Play Store. Kabar baiknya adalah bahwa ini adalah masalah yang sangat mudah untuk diperbaiki. Jika Anda sedang sering mandapatkan masalah seperti tersebut, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Google Play Authentication is Required
Cara Mengatasi Masalah Google Play Authentication is Required

image source

Ada beberapa cara berbeda untuk menyelesaikan masalah ini, mulai dari pembersihan data sederhana hingga reset pabrik yang lebih dramatis sebagai upaya terakhir. Untuk itu, berikut ini penulis berikan langkah-langkah untuk mengatasi masalah “Google Play Authentication is Required“.

Perlunya otentikasi yang muncul ketika akan membuka aplikasi adalah salah satunya karena kesalahan yang terjadi pada akun Google Anda. Karena sebagian aplikasi yang bersumber dari Google Play Store, akan terdampak dengan masalah yang sama jika akun Google Anda sedang bermasalah. Oleh karenanya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini secara perlahan.

Cara Mudah Mengatasi Kesalahan “Google Play Authentication is Required” Pada Android

Copot Pemasangan Pembaruan Play Store

Terkadang masalahnya bukan pada kredensial Anda tetapi Play Store itu sendiri, misalnya setelah pembaruan terinstal. Nah, untuk mengatasinya:

Buka Pengaturan => Aplikasi => Semua Aplikasi => Google Play Store

Hati-hati memilih Google Play Store, jangan sampai keliru pada Google Play Services. Kemudian cukup tekan Uninstall update dengan mengetuk tiga titik pada sudut kanan atas. Ini akan membawa Anda kembali ke versi asli Play Store yang terinstal sebelumnya pada perangkat Anda.

Hapus Akun Google Anda

Kesalahan mungkin hanya masalah masuk, yang terkadang terjadi saat Play Store melakukan pembaruan. Trik pertama adalah masuk ke menu Pengaturan utama ponsel Anda dan kemudian pilih opsi Akun & sinkronisasi dan cukup hapus akun Google kemudian login kembali akun Google Anda. Ini dapat mengetasi kesalahan “otentikasi diperlukan” yang biasanya sering muncul.

Buka Pengaturan => Pengguna & Akun => Google => Hapus Akun Google Anda

Kemudian Anda juga dapat me-restart telepon Anda sebelum menambahkan kembali untuk menghindari terjadi crash pada sistem Anda.

Lakukan Sinkronisasi Baru

Ada kemungkinan hal-hal tidak sinkron karena suatu alasan, dan hanya perlu sedikit dorongan. Buka Pengaturan Anda, ketuk Akun & sinkronisasi, temukan akun Google Anda, ketuk dan pilih Sinkronisasi akun. Kemudian Anda dapat kembali ke Play Store dan melihat apakah pesan otentikasi hilang atau tidak.

Hapus Data dari Google Play Store

Untuk menghapus data dari Play Store, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini.

Buka Pengaturan => Aplikasi => Semua aplikasi => Google Play Store => Ketuk Penyimpanan dan cache

Ketuk Hapus cache atau Hapus penyimpanan (Anda dapat mencoba membersihkan cache terlebih dahulu, jika masih error, Anda dapat melanjutkan untuk menghapus data dan cache juga).

Reset Pabrik atau Factory Reset

Jika Anda sudah mencoba segalanya dan masih tidak bisa menghilangkan pesan kesalahan. Anda bisa mencoba langkah yang sangat ekstrim. Lakukan Factory Reset pada ponsel Anda untuk dapat mengatasi semua permasalah yang terjadi. Pastikan Anda melakukan backup data terlebih dahulu agar Anda tidak kehilangan data apapun ketika akan memulihkannya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mengatasi masalah yang terjadi pada layanan Google Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.