Cara Mudah Mengatasi Masalah Media yang Hilang di WhatsApp Android

  • Bagikan
Cara Mengatasi Medai Hilang dari WhatsApp Android
Cara Mengatasi Medai Hilang dari WhatsApp Android

Sebagian pengguna WhatsApp Android melaporkan beberapa masalah yang terjadi pada aplikasinya, yakni kehilangan konten media mereka. Masalah ini telah memengaruhi beberapa pengguna dan tampaknya telah tiba dengan pembaruan WhatsApp baru-baru ini.

Cara Mengatasi Medai Hilang dari WhatsApp Android
Cara Mengatasi Medai Hilang dari WhatsApp Android

image source

Ini telah memengaruhi pengguna WhatsApp untuk Android versi 2.21.9.2 sebagai 2.21.9.3. Beberapa pengguna pada versi terbaru juga menghadapi masalah ini. Meskipun aplikasi perpesanan instan belum mengakui masalah dan memberikan perbaikan secara khusus. Namun ada solusi sederhana untuk mengembalikan konten media Anda jika ternyata benar hilang secara tiba-tiba dari aplikasi WhatsApp.

Seperti yang pelacak beta tunjukkan melalui situs resmi WhatsApp WABetaInfo, beberapa pengguna memperhatikan bahwa mereka tidak dapat menemukan konten media mereka, seperti foto dan video. Hal ini terjadi pada WhatsApp versi Android terbaru. Sebenarnya media yang tersimpan secara default pada aplikasi WhatsApp, akan secara otomatis dapat Anda lihat pada ponsel mereka dan dapat Anda akses melalui galeri foto.

Jika Anda termasuk dalam salah satu pengguna tersebut dan terpengaruh oleh masalah media yang hilang pada WhatsApp, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut untuk mengembalikan konten media Anda ke aplikasi. Ini sebagai solusi alternatif cepat yang bisa pengguna lakukan pada ponsel mereka.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Media yang Hilang pada WhatsApp Android

WABetaInfo telah membagikan solusi untuk memperbaiki masalah media yang hilang dari aplikasi perpesanannya. Namun, sebelum memulai prosesnya, pengguna disarankan untuk mencadangkan obrolan mereka terlebih dahulu, agar tidak menambah masalah baru dengan terhapusnya obrolan yang tidak disengaja.

1. Jika aplikasi WhatsApp sedang terbuka, silahkan tutup WhatsApp terlebih dahulu pada ponsel Anda dan hapus cache untuk memastikan aplikasi tidak berjalan pada latar belakang.
2. Buka pengelola file bawaan pada ponsel Anda dan buka WhatsApp, kemudian masuk pada Media.
3. Sekarang, pindahkan konten pada folder Media ke Android => Media => com.whatsapp => WhatsApp => Media. Harap Anda ingat bahwa Anda hanya perlu memindahkan konten folder media dan bukan seluruh folder.
4. Anda juga harus menunggu hingga semua konten sudah berhasil pindah ke folder tujuan. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp.

Maka, Anda akan dapat melihat konten media Anda kembali ke aplikasi WhatsApp setelah Anda melakukan langkah-langkah yang penulis sebutkan di atas. Jika tidak ingin mengambil cara manual, Anda bisa menunggu WhatsApp menghadirkan update yang memperbaiki masalah tersebut. Pembaruan dapat memindahkan konten dari folder yang ada ke folder baru secara otomatis.

Beberapa Fitur WhatsApp yang Akan Hadir Pada Pembaruan Mendatang

WhatsApp kembali akan merilis beberapa fitur baru dalam pembaruan mendatang. Hal ini sudah melalui konfirmasi secara resmi melalui WABetaInfo yang menyebutkan beberapa fitur menarik pada masa mendatang.

Diantara beberapa fitur yang akan WhatsApp hadirkan dalam pembaruan mendatang adalah Mode Pesan Menghilang, Pesan Sekali Lihat, dan Dukungan Multi-Perangkat layaknya aplikasi Telegram. Tak hanya itu saja, fitur-fitur baru ini secara langsung sudah dikonfirmasi oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Will Cathcart selaku kepala WhatsApp. Keduanya membocorkan informasi ini melalui obrolan WhatsApp unik dengan seorang pelacak fitur terkenal.

Secara default, Mode Pesan Menghilang akan aktif untuk semua obrolan pada masa mendatang dan membuat pengalaman WhatsApp lebih nyaman dan menyenangkan terutama jika pesan tersebut bersifat rahasia. Untuk saat ini, pengguna dapat mengaktifkan Pesan Menghilang dalam grup dan obrolan satu per satu. Namun dalam pembaruan nanti, Mode Menghilang akan mengaktifkannya sepenuhnya pada seluruh obrolan dan grup WhatsApp.

Fitur lain yang dikonfirmasi Zuckerberg melalui percakapan adalah ‘Lihat Sekali’ dan itu akan memungkinkan pengguna untuk mengirim konten dan menghilangkannya setelah orang tersebut melihatnya. Dengan mengaktifkan ini, penerima hanya dapat membuka foto dan video satu kali sebelum menghilang dari obrolan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.