Cara Mudah Mengatasi Masalah pada Ponsel Pixel 3a dan 3a XL

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Ponsel Pixel 3a
Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Ponsel Pixel 3a

Beberapa masalah juga kerap terjadi pada Pada Ponsel Pixel 3a dan juga 3a XL. Walaupun Google sudah meracik sedemikian rupa dan bisa dikatakan jika ponsel Google ini terbaik jika dibandingkan dengan yang lain.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Ponsel Pixel 3a
Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Ponsel Pixel 3a

image source

Bagi Anda sebagai salah satu pengguna ponsel Pixel juga terkadang mengeluhkan beberapa masalah yang terjadi pada perangkat Anda. Namun begitu, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mudah dan juga cepat. Google Pixel 3a dan 3a XL adalah dua dari ponsel terbaik yang bisa Anda dapatkan saat pertama kali rilis pada tahun 2019 lalu. Meskipun ini adalah ponsel kelas menengah, keluarga Pixel 3a memiliki keunggulan dari segi kecemerlangan kamera Google. Sayangnya, mid-ranger Google bukannya tanpa masalah yang adil. Berikut ini adalah beberapa masalah dan solusi yang biasanya terjadi pada Pixel 3a dan 3a XL.

Cara Mudah Mengatasi Masalah pada Ponsel Pixel 3a dan 3a XL

Masalah #1 Sidik Jari Tidak Berfungsi

Tidak ada pemindai sidik jari smartphone yang sepenuhnya akurat. Namun, beberapa pengguna menemukan bahwa sensor Pixel 3a tampaknya mengalami lebih banyak masalah daripada kebanyakan ponsel lainnya. Anda dapat mengikuti langkah ini untuk mengatasinya.

1. Jika Anda umumnya menemukan pemindai sidik jari tidak terlalu akurat, lakukan proses pemindai ulang sidik jari dua kali dengan jari yang sama. Jika tidak berhasil, lanjutkan pada langkah selanjutnya.
2. Lakukan reset pabrik pada ponsel Anda. Pastikan Anda untuk mencadangkan file dan media penting karena pengaturan ulang akan menghapus semua data Anda.

Masalah #2 Nada Dering Tidak Berbunyi

Masalah nada dering telah menjadi salah satu masalah Pixel 3a dan 3a XL yang lebih umum. Saat semua audio lainnya diputar melalui speaker perangkat, nada dering tampaknya mengabaikan pengaturan yang Anda pilih dan malah bergetar.

1. Lakukan reboot perangkat terlebih dahulu untuk memastikan semua aplikasi sistem berjalan normal. Selanjutnya Anda buka Pengaturan => Suara & getaran dan ketuk “Nada dering dan getaran telepon.” untuk memastikan setelannya sudah sesuai.
2. Jika hanya nada dering yang menjadi masalah, kemungkinan besar itu adalah masalah perangkat lunak. Namun, jika Anda menemukan bahwa suara notifikasi dan alarm yang diputar melalui speaker bawah juga tidak terdengar, kemungkinan besar perangkat keras Anda rusak.

Masalah #3 Wi-Fi

Terlepas dari masalah konektivitas umum yang terkadang muncul, pengguna menghadapi beberapa masalah Wi-Fi tertentu pada Pixel 3a dan 3a XL. Dalam satu kasus, pengguna menemukan bahwa terhubung ke Wi-Fi menyebabkan baterai terkuras secara substansial. Dalam situasi lain, orang menganggap kecepatan Wi-Fi relatif rendah meskipun memiliki koneksi yang lebih cepat.

1. Dalam kasus baterai habis, masalah ini tampaknya hanya terjadi ketika ponsel berjalan pada Wi-Fi 5GHz. Masalah ini tampaknya teratasi jika Anda terhubung ke jaringan 2.4GHz. Ini bukan solusi yang ideal karena kecepatannya lebih rendah, tetapi pembaruan perangkat lunak pada masa mendatang diharapkan dapat mengatasi masalah ini.
2. Jika Anda menemukan kecepatan Wi-Fi lambat, cukup mengatur ulang koneksinya. Buka Pengaturan => Sistem => Lanjutan => Opsi setel ulang dan ketuk “Setel ulang Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth“.
3. Lalu Sambungkan kembali ke jaringan, dan semuanya akan kembali normal. Perlu diingat, bahwa beberapa pengguna menganggap ini sebagai perbaikan sementara. Sekali lagi, hanya pembaruan perangkat lunak yang kemungkinan besar akan memberikan solusi permanen.

Masalah #4 — Masalah Kabel Pengisi Daya

Pemilik Pixel 3a dan 3a XL telah menghadapi banyak masalah dengan kabel pengisian daya yang disertakan dengan perangkat. Ini dapat berkisar dari kecepatan pengisian yang lambat hingga tidak dapat mentransfer file dari PC atau yang lainnya.

1. Pastikan kondisi kabel itu berfungsi dengan mengisi daya ponsel atau perangkat lain. Jika kabel tidak berfungsi dengan perangkat lain, Anda harus mendapatkan kabel baru.
2. Masalah ini sangat umum terjadi pada kabel USB-C ke USB-C. Beberapa orang menemukan bahwa menggunakan kabel USB-C ke USB-A malah memecahkan masalah. Tentu saja, jika pengisi daya Anda menggunakan yang pertama, Anda memerlukan alternatif untuk menggunakan jenis kabel yang terakhir.
3. Untuk beberapa pengguna, membersihkan port USB-C tampaknya akan memiliki peluang besar untuk berhasil.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.