Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

  • Bagikan
Cara Mengatasi Masalah Samsung Galaxy Note 10
Cara Mengatasi Masalah Samsung Galaxy Note 10

Beberapa masalah sering menyambangi Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Namun Anda tidak perlu khawatir tentang masalah tersebut. Anda akan dapat mengatasinya dengan mudah sembari membaca tulisan ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Masalah Samsung Galaxy Note 10
Cara Mengatasi Masalah Samsung Galaxy Note 10

image source

Samsung Galaxy Note 10 merupakan perangkat andalannya pada tahun 2019. Namun perlu Anda tahu, kedua ponsel tersebut tetap menjadi dua smartphone Android terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini. Mereka adalah puncak dari upaya desain Samsung yang ditingkatkan selama beberapa tahun terakhir. Sebagus apa pun, perangkat Galaxy Note 10 bukannya tanpa masalah. Berikut adalah ringkasan dari beberapa masalah yang sering terjadi pada Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Dan berikut juga penulis sertakan cara mudah untuk mengatasinya.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Masalah # 1: Sentuhan Layar Tidak Disengaja

Dengan layar yang cukup besar, Galaxy Note 10 Plus bukanlah ponsel yang paling mudah untuk Anda bawa kemana-mana. Bahkan Galaxy Note 10 dengan layar yang lebih kecil 6,3 inci mungkin terlalu besar untuk sebagian orang. Tidak mengherankan, banyak pengguna menemukan masalah terkait sentuhan layar tanpa disengaja. Sentuhan layar dan interaksi ketika mencoba menemukan pegangan yang sempurna. Berikut cara mengatasinya:

1. Aktifkan perlindungan sentuh tidak disengaja pada bagian menu Tampilan.
2. Nonaktifkan layar Edge.
3. Matikan juga fitur Angkat untuk Bangun (Lift to Wake feature). Pada bagian Fitur lanjutan dalam Pengaturan, ketuk Gerakan dan isyarat.
4. Dari sana, pilih Lift to wake untuk mematikannya.

Masalah # 2: S Pen Tidak Berfungsi Normal

Fitur utama Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus adalah memiliki S Pen. Aksesori kecil ini mengubah skeptis stylus smartphone menjadi sebuah buku catatan kecil digital. Hal ini berkat fitur seperti sensitivitas tekanan, latensi rendah, dan banyak lagi lainnya. Pada dua ponsel Galaxy Note baru, Anda bahkan dapat mengambil gambar dan mengontrol pemutaran media dengan gerakan udara. Namun, beberapa orang mengalami masalah dengan S Pen mereka. Masalah berkisar dari ponsel yang tidak mengenali S Pen hingga goresan yang tidak konsisten pada layarnya. Solusinya adalah:

1. Lepaskan casing ponsel. Beberapa casing mungkin mengandung logam dan magnet, yang dapat mengganggu koneksi antara ponsel dan S Pen.
2. Lepaskan pelindung layar. Meskipun sambungan antara ponsel dan S Pen baik-baik saja, pelindung layar dapat menyebabkan gerakan dan tekanan yang tidak konsisten saat menggunakan S Pen.
3. Ubah ujung S Pen. Jika goresan S-Pen tidak konsisten, mungkin sudah waktunya untuk mengganti ujungnya. Untungnya, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus menyertakan beberapa tip penggantian untuk S Pen.
4. Gunakan S Pen dengan smartphone Galaxy Note lain yang kompatibel. Ini dapat memberi tahu Anda jika masalahnya ada pada S Pen atau yang lainnya.

Masalah # 3: Aplikasi Tidak Memenuhi Pada Seluruh Layar

Jika Anda mendapati masalah seperti ini, berikut langkah-langkah cara mengatasinya:

1. Masuk pada Pengaturan, ketuk Tampilan. Untuk aplikasi apa pun yang bukan layar penuh, ketuk aplikasi tersebut, dan ketuk Layar Penuh.
2. Aplikasi apa pun yang tidak menggunakan seluruh layar akan memiliki pop-up kecil pada bagian bawah layar. Ketuk pada bagian atasnya untuk mengalihkan aplikasi ke mode layar penuh.

Masalah # 4: Masa Pakai Baterai

Masalah lain yang biasanya sering terjadi adalah terkait masa pakai baterai. Walaupun perangkat ini mengemas baterai yang cukup besar namun orang-orang melaporkan masa pakai baterai yang mengecewakan dengan kedua perangkat tersebut. Masalahnya ini bisa jadi karena berbagai faktor. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Mulai ulang ponsel Anda. Lalu lihat apakah penggunaan baterai aplikasi tidak normal. Anda dapat melihatnya pada Pengaturan, buka bagian Perawatan perangkat dan ketuk Penggunaan baterai.
2. Setiap smartphone Samsung menyertakan alat pengoptimalan baterai perusahaan. Untuk menggunakannya, buka bagian Baterai dalam Pengaturan. Dari sana, ketuk aplikasi yang ingin Anda optimalkan dan ketuk Hemat Daya.
3. Pastikan ponsel Anda memiliki intensitas sinyal yang baik. Kekuatan sinyal yang buruk berarti ponsel Anda bekerja lebih keras dan menghabiskan baterai lebih cepat.

Masalah # 5: Masalah Notifikasi Push

Jika Anda melihat pemberitahuan tertunda, Anda harus memastikan bahwa aplikasi ini tidak ada dalam daftar “pengoptimalan baterai”. Sehingga aplikasi tetap berjalan pada latar belakang dengan optimal. Sebagai solusinya adalah:

1. Buka Aplikasi => Konfigurasi aplikasi => Pengoptimalan baterai => Semua aplikasi. Temukan aplikasi yang bermasalah dengan Anda dan nonaktifkan mereka.
2. Jika Anda ingin memastikan bahwa aplikasi tetap berjalan pada latar belakang, Anda dapat “mengunci” aplikasi tersebut. Buka aplikasi dan kemudian luncurkan halaman Aplikasi Terbaru. Tap ikon aplikasi dan pilih “tetap buka untuk peluncuran cepat”.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.