Cara Mudah Mengatasi Memori Penyimpanan Yang Penuh di Android

Mengapa memori internal android kamu penuh? Padahal aplikasi yang saya install sedikit. Mungkin ini yang sering anda keluhkan, tapi sulit menemukan solusinya. Ketika ingin download aplikasi tiba-tiba keluar notifikasi “ruang penyimpanan tidak cukup, ruang penyimpanan tidak tersedia” atau notif lainya yang muncul secara terus menerus.

Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh
Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh

Sering hal ini terjadi di smartphone Android yang memiliki memory penyimpanan kecil, akan tetapi walaupun Android sudah dibekali memori internal yang cukup besar tapi nyatanya tetap saja cepat penuh memorinya, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Memori Penyimpanan Yang Penuh di Android

Bersihkan Cache Aplikasi

Sebagian besar para pengguna tidak tahu apa fungsi Cache pada sebuah aplikasi di Android. Fungsi Cache ini lebih ke arah menyimpan/merekam data untuk mempercepat dalam menjalankan dan menampilkan aplikasi tersebut. Contoh, saat kita login facebook maka username dan password kita akan tersimpan pada Cache sehingga saat setiap kita membuka aplikasi facebook maka kita sudah masuk tanpa harus login lagi.

Hapus File Sampah

Jika anda menghapus suatu file, tidak semua file terhapus langsung karena file tersebut akan tersimpan pada folder .trash yang tersembunyi. Cara menghapusnya adalah:

1. Buka File Manager, pastikan ada pengaturannya dan pilih memory internal atau eksternal yang akan dihapus, pilih Setting, kemudian hilangkan tanda centang pada Sembunyikan file sistem.

2. Maka akan muncul banyak folder dengan tanda titik (.folder), pilih file .trash => .storage => ./Micro SD/Internal => hapus semua file.

Sekarang coba cek pada memory penyimpanan kamu, sudah pasti lega kan? karena semua file sampah sudah dihapus secara permanen.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.