Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Hang dan Tidak Merespons

  • Bagikan
Cara Mengatasi Ponsel Android Hang
Cara Mengatasi Ponsel Android Hang

Pernahkah Anda mengalami ponsel Android hang dan tidak merespons sama sekali? Biasanya ponsel yang hang juga akan mengalami sedikit panas pada bagian perangkat. Hal inilah yang menandakan jika perangkat sedang crash dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan mem-boot ulang secara paksa.

Cara Mengatasi Ponsel Android Hang
Cara Mengatasi Ponsel Android Hang

image source

Mem-boot ulang perangkat Android biasanya merupakan hal yang sederhana untuk semua orang lakukan. Namun tidak demikian jika ponsel atau tablet Anda macet dan tidak merespons masukan apa pun, misalnya sentuhan, menekan tombol volume dan juga menekan tombol power. Ini tentunya yang akan sedikir membingungkan kepada banyak orang. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut penulis tunjukkan caranya bagaimana jika Anda mengalami ponsel yang seperti ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa situasi spesifik yang penulis bicarakan adalah saat layar tidak merespons apapun dengan sentuhan yang Anda berikan. Selain itu, juga tombol daya tidak bisa melakukan apa pun. Biasanya, jika aplikasi macet, Anda masih dapat membuka layar beranda atau melakukan boot ulang ponsel seperti biasa. Namun, jika seluruh ponsel macet, Anda perlu mencoba yang cara lain agar Anda bisa dengan cepat untuk mengatasinya.

Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Hang dan Tidak Merespons

Jangan Lakukan Reset Pabrik

Penting untuk Anda perhatikan bahwa yang penulis lakukan adalah bukanlah penyetelan ulang pabrik. Reset pabrik akan membuat sepenuhnya menghapus perangkat Anda dari semua data dan memulai kembali dari awal.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mem-boot ulang secara “paksa” atau yang lebih familiar banyak yang menyebutnya “hard reset” atau “hard reboot”. Anda hanya perlu memulai ulang perangkat, namun tidak menghapus apa pun yang ada pada ponsel Android Anda. Mungkin Anda merasa jika hal ini tidaklah wajar seperti biasanya, namun proses ini tidak akan membahayakan perangkat Anda.

Hard Restart / Hard Reboot

Beberapa perangkat Android memiliki kombinasi tombol khusus untuk melakukan hard reboot. Akan tetapi ada satu trik yang hampir selalu berhasil untuk perangkat apa pun.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan dan menahan tombol daya setidaknya selama 20-30 detik. Ini akan terasa lama sekali, tapi tetap tahan sampai ponsel Anda mati. Biasanya pada perangkat Samsung memiliki metode yang sedikit lebih cepat, yakni dengan menekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya / samping selama tujuh detik. Maka ponsel akan hard reset, dan Anda cukup menunggu hinga ponsel menyala kembali.

Namun pada beberapa pabrikan lain seperti Asus, Xiaomi, OPPO dan Vivo biasanya cukup dengan menekan tombol daya setidaknya 20-30 detik. Hal ini sudah sering penulis lakukan untuk memperbaiki ponsel yang sering hang atau tidak merespon.

Lepaskan Baterai

Jika ponsel Android Anda masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Maka Anda tidak perlu melakukan cara seperti di atas. Walaupun metode ini tidak serelevan dulu, tetapi masih berlaku untuk beberapa perangkat. Jika perangkat Android Anda memiliki baterai yang dapat Anda lepas, Anda cukup menariknya untuk melakukan boot ulang.

Lepaskan penutup belakang dengan hati-hati dan keluarkan baterai seaman mungkin. Tunggu beberapa detik, lalu pasang kembali. Nyalakan perangkat seperti biasa. Maka perangkat akan berfungsi normal kembali.

Ponsel Android yang tidak responsif bisa menyebalkan, dan Anda mungkin berpikir ada sesuatu yang serius dan salah pada perangkat Anda. Akan tetapi dalam banyak kasus, reboot sederhana akan menyelesaikan masalah kecil seperti ini.

Penyebab Ponsel Android Hang dan Sering Tidak Merespons

Perhatikan RAM Ponsel

Mengetahui berapa RAM ponsel pengguna menjadi penting. Dengan demikian, pengguna bisa mengukur dan menghindari membuka aplikasi terlalu banyak. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone semakin mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Memori Internal Penuh

Selain kapasitas RAM, penyebab ponsel hang juga bisa karena memori internal ponsel penuh. Biasa disebut Read-only Memory (ROM), memori internal memiliki pengertian yang berbeda dengan RAM. ROM merupakan sebuah penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan dan diubah.

Aplikasi Crash

Untuk masalah aplikasi yang crash bisa menjadi penyebab terakhir. Hal ini jika Anda menginstalnya melalui APK. Namun jika Anda mendownloadnya melalui Google Playstore, rasanya tidak mungkin aplikasi tersebut akan crash. Karena sebagian besar aplikasi yang masuk pada Google Playstore sudah lolos uji dari beberapa masalah sistem tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.