Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Pada Android

Ruang penyimpanan internal android saat ini sebenarnya sudah bevariasi, ada yang 8GB, 16GB, 32GB, hingga 64GB. Jika kamu merupakan salah satu pengguna smartphone Android dengan penyimpanan internal 32GB atau 64GB, tentu kamu tidak begitu pusing masalah penyimpanan. Karena ruang penyimpanan sebesar itu bisa digunakan untuk menyimpan banyak aplikasi, game, foto dan juga video.

Cache Android
Cache Android

Tapi lain halnya bagi mereka yang menggunakan smartphone Android dengan internal memory yang masih minim, yakni kisaran antara 8GB dan 16GB. Menyimpan sedikit foto dan video saja akan langsung ada notifikasi bahwa penyimpanan internal hampir penuh. Lalu apakah semua itu diakibatkan oleh aplikasi atau data pada Smartphone, padahal jika dilihat dari daftar aplikasi, hanya beberapa aplikasi saja yang terinstall pada Android kamu.

Namun, mengapa masih muncul notifikasi penyimpanan penuh, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Pada Android

Sebagai pengguna ponsel pintar, kamu juga harus lebih pintar mengolah dan menganalisa dimana letak file yang membuat memory penyimpanan di smartphone kamu menjadi penuh. Salah satunya yang banyak belum diketahui adalah karena kamu tidak pernah mengosongkan Cache Aplikasi pada Android kamu mulai sejak baru pertama menggunakan Android. Hal inilah yang menjadikan memory penyimpanan kamu secara tidak langsung akan disedot oleh banyaknya Cache-cache aplikasi yang sedang kamu gunakan setiap hari. Lalu bagaimana cara mengosongkan Cache pada Android kamu.

1. Masuk pada Pengaturan Sistem

2. Pilih Penyimpanan & Memory, kemudian Pilih Penyimpnan Internal

3. Lihat pada Cache / Data Dalam Cache

4. Kemudian Hapus Cache, maka penyimpnan Android kamu akan kembali menjadi lega dan tidak akan muncul lagi notifikasi penyimpanan penuh.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.