Cara Mudah Mengatur dan Mengaktifkan Do Not Disturb Pada Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Do Not Disturb
Cara Mengaktifkan Do Not Disturb

Mengaktifkan Do Not Disturb merupakan salah satu cara untuk membuat ponsel Andrioid Anda tidur. Tidur dalam atrian tanpa aktifitas apapun, seperti menerima notifikasi, pesan, panggilan ataupun yang lainnya.

Cara Mengaktifkan Do Not Disturb
Cara Mengaktifkan Do Not Disturb

image source

Dalam keadaan tertentu Notifikasi Android terkadang memang bisa Anda anggap mengganggu, misalnya saat Anda sendiri ingin beristirahat, saat sedang rapat atau bahkan saat Anda tidur malam sekalipun. Mengaktifkan mode “Do Not Disturb atau yang biasa disebut Jangan Ganggu” adalah salah satu cara untuk membungkam pemberitahuan yang mengganggu pada saat Anda tidak membutuhkannya.

Sebagian besar perangkat Android menyertakan beberapa bentuk pengaturan mode “jangan ganggu“. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan adanya fitur ini selagi Anda tidak ingin terganggu dengan adanya ponsel Anda. Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan kostumisasi terlebih dahulu untuk dapat meningkatkan pengalaman ponsel cerdas Anda lebih efisien.

Melalui fitur ini Anda dapat mengatur notifikasi Anda, seperti siapa-siapa saja yang bisa menghubungi Anda ketika mode dalam keadaan “Aktif”. Anda juga bisa mengatur untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur secara otomatis, pada waktu-waktu tertentu.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode “Jangan Ganggu” Pada Ponsel Android

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk pada Pengaturan => Sound & Notification => Do Not Disturb dan kemudian pilih “Aktifkan sekarang“. Namun pada sebagian ponsel dengan Android 10 ke atas, mode “jangan ganggu” ini sudah menjadi menu utama pada Pengaturan. Jadi setelah Anda membuka pengaturan sistem, maka akan langsung melihat mode Do Not Disturb.

Namun selain itu, Anda bisa mengaktifkannya dengan mudah melalui panel Notifikasi dengan cara gesek ke bawah pada bagian atas ponsel, kemudian pilih atau aktifkan icon bulan sabit.

Cara Melakukan Kostumisasi Mode “Jangan Ganggu

Dari sinilah Anda dapat memutuskan orang lain atau aplikasi mana yang dapat menerobos mode “Jangan Ganggu” atau sebagai pengcualian. Misalnya mode ini aktif, Anda tetap bisa menerima notifikasi dan panggilan dari orang-orang tertentu yang sudah Anda kecualikan.

1. Pilih menu “Izinkan panggilan dari” untuk memilih orang mana yang dapat menghubungi ponsel Anda saat berada dalam mode “Jangan Ganggu”.
2. “Izinkan pesan dari“untuk memilih orang-orang yang bisa mengirimi Anda pesan.

Beberapa opsi yang bisa Anda pilih adalah:

Siapa saja: Anda membolehkan siapa saja tetap menghubungi Anda saat mode “Jangan Ganggu” sedang aktif.
Hanya kontak: Hanya membolehkan orang yang ada pada kontak ada yang bisa menghubungi Anda.
Hanya kontak berbintang: Ini lebih spesifik lagi, hany memboleh kontak yang memiliki tanda bintang bisa menghubungi Anda.
Tidak seorang pun: Tidak ada satupun yang bisa menghubungi Anda, baik orang yang ada pada kontak atau tidak ada sekalipun.

Sebagai tambahan, untuk memilih kontak berbintang, Anda bisa mengaturnya secara langsung melalui aplikasi kontak Anda. Yakni dengan memasukkan daftar kontak pada kontak favorit Anda.

3. Mengatur Notifikasi yang akan Anda izinkan ketika mode ini aktif.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkannya secara terjadwal. Kapan mode ini akan aktif, jadi Anda tidak perlu mengaturnya secara manual. Misalnya Anda akan mengaktifkan mode ini pada jam tidur malam Anda. Jadi Anda bisa mengatur mode ini aktif pada jam tersebut, misal setiap jam 10 malam mode ini akan aktif. Jadi semua orang tidak akan dapat menghubungi Anda pada jam tersebut, kecuali orang yang Anda kecualikan.

Cara Mengaktifkan Mode “Jangan Ganggu” Secara Terjadwal

Untuk mengaktifkannya secara terjadwal, Anda perlu masuk pada pengaturan mode ini seperti halnya cara di atas, kemudian pilih Jadwal. Anda bisa menentukan waktu setiap harinya kapan Mode ini akan aktif. Anda bisa menekan ikon “+” pada pojok kanan atas kemudian isikan sesuai dengan keinginan Anda.

Mulai: Waktu mulai mode ini akan aktif.
Hingga: Batas waktu mode ini akan aktif.
Ulangi: Anda bisa mengaturnya sesuai dengan hari yang Anda inginkan. Misalnya setiap hari, atau hanya hari-hari tertentu saja mode ini akan aktif secara otomatis.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.