Cara Mudah Mengecek Alamat IP Pada Ponsel Android

  • Bagikan
Melihat IP Address di Ponsel
Melihat IP Address di Ponsel

Ingin tahu bagaimana cara mengecek alamat IP pada ponsel Android Anda? Alamat IP atau yang biasa disebut sebagai IP Address merupakan sebuah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi.

Cara Mudah Mengecek Alamat IP Pada Ponsel
Cara Mudah Mengecek Alamat IP Pada Ponsel

image source

Tanpa alamat IP, maka komputer tidak mungkin bisa berkomunikasi bahkan dalam komunikasi satu arah sekalipun. Sehingga dalam hal ini keberadaan IP menjadi hal yang begitu penting, karena alamat IP menjadi sebuah identitas dari perangkat yang Anda gunakan.

Nah, dalam panduan ini Penulis akan berbagi cara bagaimana melihat alamat IP pada ponsel Anda. Namun sebelum itu Penulis terlebih dahulu akan membahas apa arti alamat IP, dan bagaimana menjaga kerahasiaannya agar tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Apa itu Alamat IP?

IP adalah singkatan dari Internet Protocol; alamat IP adalah label bernomor yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Jadi, jika Anda bertanya-tanya apakah ponsel Anda memiliki alamat IP, jawabannya adalah Ya selama ponsel Anda terhubung ke jaringan Internet baik menggunakan WiFi maupun data seluler.

Memeriksa alamat IP pada ponsel akan membantu Anda mengidentifikasi perangkat Anda saat terhubung ke suatu jaringan internet pada umumnya. Sebenarnya ada dua alamat IP, yakni IP publik dan IP Private. IP Private inilah yang Anda gunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat termasuk ponsel Anda.

  • Alamat IP publik (atau alamat IP global) adalah cara internet melihat perangkat apa pun dalam jaringan Anda. Karena ini khusus jaringan, IP Publik akan sama saat Anda menggunakan ponsel, PC desktop, atau perangkat lain dalam satu jaringan yang sama.
  • Alamat IP Private (alamat IP lokal) mengidentifikasi perangkat dalam jaringan itu sendiri. Hanya satu perangkat yang dapat memiliki alamat tertentu dalam sebuah jaringan, tetapi alamat yang sama juga dapat digunakan di jaringan pribadi lainnya.

Cara Mengecek Alamat IP Pada Ponsel Anda

Seperti pembahasan di atas, ketika Anda ingin mengetahui alamat IP ponsel Anda, ada dua cara yang harus Anda lakukan. Mari kita lihat dulu bagaimana menemukan alamat IP pada ponsel Anda.

Cara Melihat Alamat IP Pribadi Ponsel Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk menemukan alamat IP pada ponsel Android Anda. Lokasi informasi dan nama menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel Android Anda:

1. Buka Pengaturan, lalu masuk ke opsi Jaringan & internet => Wi-Fi.
2. Jika Anda belum terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk namanya dan konfirmasikan bahwa Anda telah bergabung.
3. Ketuk nama jaringan dan perluas bagian Lanjutan.
4. Dari sini, Anda akan menemukan alamat IP Anda dan informasi lainnya pada bagian bawah Detail Jaringan.

Cara Melihat Alamat IP pada iPhone

Untuk menemukan alamat IP pada perangkat iPhone, inilah yang harus Anda lakukan:

1. Buka Pengaturan => Wi-Fi.
2. Jika Anda belum terhubung ke jaringan apapun, ketuk dan hubungkan sekarang.
3. Ketuk nama jaringan Anda untuk membuka opsi dan melihat informasi lebih lanjut.
4. Dari sini, Anda akan melihat bidang Alamat IP terdaftar pada bagian bawah header Alamat IPv4.

Tergantung pada jaringan Anda, Anda mungkin melihat header Alamat IPv6 juga, yang berisi alamat alternatif untuk perangkat Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.