Cara Mudah Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset

  • Bagikan
Cara Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset
Cara Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset

Mengembalikan data yang hilang pada Android karena melakukan factory reset memang memiliki banyak cara. Dan cara paling mudahnya adalah jika Anda telah menyinkronkan semua data Anda dengan akun Google Anda. Jadi setelah penyiapan ponsel Anda selesai, maka Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google kemudian semua data Anda akan kembali.

Cara Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset
Cara Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset

image source

Data merupakan hal pokok dan privasi dalam sebuah perangkat, baik pada ponsel, laptop/PC ataupun berupa data fisik yang Anda bawa setiap hari. Mengamankan data merupakan hal penting yang harus selalu Anda lakukan kapan saja. Jangan sampai Anda lengah terhadap data Anda terutama yang menyangkut soal privasi Anda. Sekarang ini banyak orang tidak bertanggung jawab yang mengincar data Anda, maka dari itu Anda perlu menjaganya dengan baik.

Factory reset adalah solusi terakhir yang bisa pengguna lakukan jika mengalami masalah dengan ponsel Anda. Sebenarnya langkah ini sangat tidak dianjurkan karena akan menyebabkan semua data Anda hilang. Ini akan mengembalikan semua setelan ponsel ke pabrikan seperti layaknya Anda pertama kali membukanya termasuk juda datanya juga akan kosong.

Kendati begitu, proses ini memiliki manfaat tersendiri, yakni dapat meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih stabil lagi. Selain itu dapat menghilangkan banyak bug aplikasi ataupun sistem yang tersimpan dalam memory penyimpanan ponsel. Jadi biasanya setelah melakukan factory reset, maka ponsel Anda akan lebih mudah dan semua error yang sebelumnya akan hilang secara otomatis. Lain lagi jika memang ponselnya rusak ya…

Apakah Data Hilang Setelah Proses Factory Reset?

Saat Anda menginstal sebuah aplikasi ke penyimpanan ponsel, lalu Anda menghapus aplikasi tersebut, maka data tersebut tidak sepenuhnya hilang. Ponsel Anda masih memiliki penyimpanan sementara yang menampung data Anda selama Anda tidak mematikan perangkat. Namun jika perangkat Anda dimulai ulang, biasanya data pada penyimpanan sementara (cache) tersebut akan hilang atau terhapus.

Hal ini berbeda dengan factory reset. Factory reset akan menghapus data Anda secara keseluruhan ke akar-akarnya. Dengan demikian Anda akan kesulitan untuk memulihkannya kembali jika Anda salah melangkah dalam proses ini.

Bisakan Anda Memulihkan Data Setelah Factory Reset?

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, Factory Reset dapat menghapus segalanya pada perangkat Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambalikan data setelah Factory Reset. Hal ini sekalipun Anda tidak memiliki file cadangan atau tidak menyinkronkannya pada akun Google Anda. Nah, dalam tulisan ini penulis akan memberikan beberapa langkah cara mengembalikan data pada Android setelah melakukan Factory Reset.

Cara Mudah Mengembalikan Data Setelah Melakukan Factory Reset

Menggunakan Akun Google

Pastikan sebelum melakukan Factory Reset, Anda sudah menyinkronkan semua data Anda melalui akun Google. Sehingga kemudian setelah proses Factory selesai, Anda dapat memasukkan kembali akun Google tersebut dan memulai untuk merestore data Anda dari Cloud Google ke perangkat Anda.

1. Masuk pada Pengaturan ponsel Anda, lalu pilih Akun => Google
2. Lakukan sinkronisasi terkini pada semua elemen yang tersedia, mulai dari kontak, kalender dan data lainnya.

Untuk mengembalikannya, Anda cukup masukkan Akun Google Anda kembali setelah melakukan Factory Reset, maka secara otomatis, data-data Anda akan kembali seperti semula.

Menggunakan Aplikasi Recovery

Anda dapat memanfaat aplikasi Wondershare data recovery untuk melakukan recovery data-data Android Anda. Aplikasi ini bekerja dengan komputer Windows dan sebagian kecil Android. Nah, Anda dapat melakukannya menggunakan komputer Anda dengan cara menghubungkan ponsel Anda ke PC/laptop. Kemudian lakukan Recovery data pada drive penyimpanan internal ponsel yang terbaca pada komputer Anda.

Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.