Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

  • Bagikan
Cara Mengembalikan Foto Terhapus
Cara Mengembalikan Foto Terhapus

Mengembalikan foto terhapus atau hilang pada ponsel Anda merupakan hal penting yang wajib Anda ketahui. Foto merupakan sebuah kenangan besar yang semua orang memilikinya. Banyak orang datang ke suatu tempat hanya sekedar berlibur dan berfoto-foto bersama agar kenangan selalu tak bisa terlupakan.

Mengembalikan Foto Terhapus
Mengembalikan Foto Terhapus

image source

Lalu bagaimana jika Anda mengalami masalah foto hilang atau bahkan terhapus secara tidak sengaja pada ponsel Anda? Kehilangan foto merupakan masalah besar yang harus segera Anda tangani. Banyak orang pusing bahkan stres hanya karena foto kenangan mereka hilang dari ponselnya. Jika Anda membuka Galeri ponsel, lalu foto Anda hilang, maka Anda segera mencari untuk dapat mendapatkannya.

Oleh karenanya dalam kesempatan ini Penulis akan mencoba memberikan cara mudah untuk mengembalikan foto yang terhapus tersebut. Cara ini terutama dalam Anda gunakan untuk ponsel Android lebih-lebih keluaran terbaru untuk saat ini. Karena sebagian ponsel lama masih belum mendukung fitur ini pada sistemnya.

Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Folder ‘Recently Deleted’

Foto atau video yang baru saja Anda hapus pada Android akan masuk ke folder ‘Recently Deleted‘. Anda bisa menemukan folder ini dengan membuka aplikasi ‘Foto’ pada ponsel Anda. Aplikasi Foto default setiap ponsel biasanya bernama Galeri. Lalu, masuk ke ‘Album‘ dan klik ‘Recently Deleted‘ pada menu yang tersedia. Kemudian, Anda akan menemukan foto atau video yang telah Anda hapus dari Galeri Anda.

Kemudian, untuk mengembalikan foto ke album awal agar muncul pada Galeri Anda, caranya adalah memilih foto dan klik ‘Recover‘. Setelah itu, foto akan muncul kembali ke lokasi semula.

Cloud

Mengaktifkan Penyimpanan Cluod
Mengaktifkan Penyimpanan Cluod

Jika Anda tidak menemukan opsi Recently Deleted pada ponsel Anda, maka Anda dapat memanfaatkan sinkronisasi Cloud ponsel Anda. Sebagian besar ponsel sudah memiliki penyimpanan cloud sendiri, meski sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Cloud Google alias Google Drive.

Caranya, cukup aktifkan sinkronisasi Cloud pada Galeri Anda agar setiap gambar yang masuk pada ponsel Anda secara otomatis akan masuk juga ke penyimpanan Cloud. Jadi ketika Anda kehilangan Foto pada ponsel Anda, Anda masih bisa mengaksesnya pada penyimpanan Cloud Anda. Anda tinggal lakukan download dari Cloud, maka secara otomatis akan masuk ke penyimpanan galeri pada ponsel Anda.

Beberapa Penyimpanan Cloud yang Bisa Anda Guanakan Pada Ponsel Anda

Setiap pabrikan ponsel saat ini biasanya akan menyematkan Cloudnya sendiri pada perangkatnya. Seperti hal Realme, Vivo, OPPO, Xiaomi dan yang lainnya. Jika Anda memiliki ponsel Xiaomi, ini cara praktis untuk mengaktifkan Sinkronisasi Mi Cloud pada perangkat Anda. Selain itu, ada beberapa penyimpanan Cloud lain yang bisa Anda gunakan pada ponsel Anda.

Google Drive

Google Drive merupakan Cloud milik Google yang tersedia untuk semua perangkat Android. Semua pengguna Android bisa mengaksesnya dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia 15GB. Selebihnya pengguna bisa berlangganan paket Drive yang sudah Google sediakan.

Microsoft OneDrive

OneDrive merupakan solusi terbaik untuk kebutuhan banyak orang. Kalau pengguna Google familier dengan layanan Google Drive, OneDrive ini merupakan produk yang kurang lebih sama dari Microsoft. Anda dapat menggunakan penyimpanan Cloud milik Microsoft ini dengan mudah melalui Google Play Store.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.