Cara Mudah Mengembalikan Sinyal Smartphone yang Hilang

Cara Mengembalikan Sinyal Smartphone yang Hilang, Seiring kemajuan zaman perkembangan dunia komunikasi terutama Smartphone berbasis Android kian tak bisa dibendung lagi, akses komunikasi yang dulunya sulit untuk dilakukan nampaknya sekarang bukan perkara yang mustahil, mengingat transformasi sinyal dari 2G menjadi 3G dan 4G LTE nampaknya telah berhasil mengubah wajah komunikasi saat ini.

sinyal smartphone hilang
sinyal smartphone hilang

Berbicara mengenai sinyal memang tidak bisa terlepas dari Smartphone dan koneksi Internet, mengingat dua perangkat ini memang yang paling dominan dalam memberikan sumbangan terbesar ke era komunikasi gadget, dulu mungkin orang berpikir jika 3G merupakan segalanya, namun sejak kemuncula sinyal 4G LTE yang mampu mengirim data dengan kekuatan hampir 100MB/s, nampaknya masyarakat Indonesia kian menyadari bahwa perkembangan sinyal semakin tahun semakin canggih.

Namun ada beberapa kasus yang banyak dialami oleh pengguna Smartphone di Indonesia, mereka mengeluhkan dengan sinyal di perangkat smartphone tiba-tiba hilang dan gagal koneksi, hal ini memang bisa terjadi karena beberapa faktor, nah untuk mengatasinya, mari kita ulas beberapa tips berikut ini.

Adapun langkah-langkah dan tips untuk mengembalikan sinyal smartphone yang hilang adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke Airplane Mode

Tips yang pertama dalam mengatasi sinyal smartphone yang hilang ialah dengan masuk ke Airplane Mode (Mode Penerbangan) selama beberapa menit, fungsi dari Airplane Mode di smartphone adalah berfungsi untuk merefresh sinyal agar bisa kembali tersambung ke perangkat smartphone kamu.

2. Lepas dan Cek SIM Card

Tips yang selanjutnya dalam mengatasi sinyal smartphone yang tiba-tiba hilang adalah dengan melepas dan mengecek simcard kamu, biasanya yang menjadi penyebab sinyal hilang adalah dikarenakan posisi sim card yang tidak terpasang dengan benar, nah oleh sebab itu sebaiknya cek SIM Cardnya terlebih dahulu.

3. Ganti Pengaturan Mode Penerimaan Jaringan pada Smartphone Anda

Mengganti pengaturan mode penerimaan jaringan juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi sinyal smartphone yang tiba-tiba hilang, hal ini berfungsi agar jaringan semua operator masuk ke perangkat kamu, adapun cara mengganti pengaturan mode penerimaan jaringan di smartphone kamu adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Menu Settings
  2. Wireless & Networks
  3. Mobile Network
  4. Network Mode
  5. Pilih pengaturan penerimaan sinyal kita apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.
    Pilih GSM only atau WCDMA prefered
4. Factory Reset

Langkah terakhir saat sinyal kamu mendadak hilang dan tidak bisa diatasi lagi adalah dengan melakukan setting ke pengaturan pabrik atau Factory Reset, namun sebelum melakukan ke Mode Factory Reset, sebaiknya backup database smartphone kamu terlebih dahulu. Karena Factory Reset akan mengakibatkan semua data-data kamu akan hilang, dan smartphone akan kembali pada setting default sama halnya pada saat baru beli.

Cukup demikian penjelasan tentang cara Mengembalikan Sinyal Smartphone yang Hilang secara cepat dan tepat. semoga tips ini memberikan manfaat terhadapa masalah yang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.