Cara Mudah Menggunakan Fitur Pencarian Pada WhatsApp Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Fitur Pencarian Pada WhatsApp
Cara Mudah Menggunakan Fitur Pencarian Pada WhatsApp

Fitur pencarian pada WhatsApp memiliki manfaat yang sangat besar. Anda dapat dengan mudah mencari hal-hal penting yang Anda butuhkan dalam aplikasi perpesanan tersebut. Misalnya mencari nama kontak, mencari pesan tertentu dan juga mencari file yang ada dalam Chat seseorang.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Pencarian Pada WhatsApp
Cara Mudah Menggunakan Fitur Pencarian Pada WhatsApp

image source

WhatsApp hingga saat ini masih menduduki rangking pertama dari sejumlah aplikasi perpesanan lainnya. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer yang ramah dan sangat mudah untuk Anda gunakan. Anda tidak hanya dapat berkirim pesan dalam bentuk teks saja, melainkan lebih dari itu Anda bisa melakukannya melalui aplikasi WhatsApp tersebut.

Ketika Anda memiliki banyak teman, pesan, dan kontak tertentu akan sulit untuk Anda temukan satu persatu jika anda mencarinya. Untuk melacak mengetahui namanya saja akan terasa kesulitan. Untungnya, Whatsapp memasukkan semacam Pencarian Universal ke dalam aplikasinya yang dapat membantu Anda menemukan apa pun yang telah ada pada aplikasi tersebut. Hal itu tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk mencari obrolan, lampiran, kontak, atau apa pun, semuanya dari satu bilah pencarian.

Cara Menggunakan Fitur Pencarian Universal pada WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
2. Anda akan langsung melihat ikon pencarian pada bagian atas.
3. Masukkan teks atau kata apa pun yang Anda cari.

Anda dapat mengetik apa saja dan Whatsapp akan mencari semua obrolan, kontak, dokumen, tautan, dan lainnya dan menampilkan hasilnya untuk Anda.

Cara Menggunakan Filter pada Pencarian Universal

Menggunakan Pencarian Universal memang bagus. Akan tetapi Whatsapp juga menyertakan beberapa filter yang dapat Anda gunakan untuk mencoba mempersempit hasil Anda. Anda dapat memfilter berdasarkan foto, video, tautan, GIF, audio, dan dokumen. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak dapat mencari berdasarkan nama file (misalnya nama file foto) tetapi Anda dapat menggunakan filter untuk mencari kontak, dan memfilter foto yang dikirim ke atau dari kontak tersebut.

Sebagai Catatan: Saat Anda mencari, Pencarian Universal akan menunjukkan jenis hasil yang Anda miliki (tautan, dokumen, dll.) Dan Anda dapat mengetuk filter untuk menerapkannya ke pencarian saat ini.

Selain itu Anda juga dapat melakukan pencarian secara spesifik melalui Chat dengan seseorang. Misalnya Anda pernah melakukan Chat dengan seseorang, namun Anda ingin kembali melihat apa yang pernah Anda kirim secara lebih mudah. Nah, untuk melakukannya Anda tidak perlu melakukan pencarian secara universal di atas. Namun, Anda langsung saja masuk pada Chat seseorang yang Anda tuju, kemudian ketuk menu => Pencarian pada bagian atas Chat, ketikkan kata yang yang ingin Anda cari.

Maka WhatsApp akan menampilkan hasil yang Anda cari pada chat tersebut, namun tidak pada semua Chat yang pernah Anda lakukan dengan orang lain. Selain itu, hal yang perlu Anda tahu adalah kini Anda dapat menambahkan kontak Anda tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu. Jika dahulu Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya, namun sekarang ini WhatsApp sudah merilisnya secara resmi yang bisa Anda gunakan secara langsung melalui Aplikasi WhatsApp itu sendiri. Berikut cara menambahkan kontak Anda tanpa menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.

Cara Menambahkan Kontak WhatsApp dengan QR Code

1. Buka aplikasi WhatsApp Anda dan masuk ke bagian setelan (settings) yang berada pada bagian pojok kanan dengan lambang titik tiga.
2. Setelah itu Anda akan menemukan logo QR Code yang terletak pada bagian sebelah kanan atas atau sejajar dengan foto profil Anda.
3. Klik logo QR Code tersebut lalu Anda akan masuk kedalam tampilan selanjutnya.
4. Terdapat dua pilihan tab yaitu ‘kode Anda‘ dan ‘pindai kode
Jika Anda ingin memindai kode milik pengguna lain maka Anda cukup mengarahkan ponsel Anda ke QR Code milik pengguna lain. Begitu pula sebaliknya, jika pengguna lain ingin memindai kode Anda maka Anda hanya perlu menunjukkan QR Code milik Anda.
5. Maka secara secara otomatis nomor pengguna tersebut akan ditambahkan pada kontak WhatsApp Anda dengan mengetuk ‘Add‘.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.