Cara Mudah Menggunakan Google Asisten di Jam Tangan Fitbit

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Google Asisten pada Fitbit
Cara Mudah Menggunakan Google Asisten pada Fitbit

Menggunakan Google Asisten pada Fitbit tentunya bukan hal yang baru. Bahkan sebelum Fitbit secara resmi menjadi bagian dari keluarga Google pada tahun 2021, Fitbit telah memutuskan bahwa penggunanya berhak mendapatkan akses langsung ke Asisten Google. Namun sebagian pengguna memang tidak menyadari jika jangan tangan Fitbit mereka sudah mendukung adanya Google Asisten.

Cara Mudah Menggunakan Google Asisten pada Fitbit
Cara Mudah Menggunakan Google Asisten pada Fitbit

image source

Dengan rilisnya jam tangan pintar Fitbit Sense dan Versa 3, Fitbit kini dapat memilih asisten suara pintar yang ingin mereka gunakan. Apakah itu Alexa Amazon atau Google Assistant, pengguna bisa memilih dari dua layanan tersebut yang Anda sukai. Jika Anda lebih condong ke arah layanan Google, penulis akan menunjukkan cara mudah untuk menggunakan Google Asisten pada jam tangan pintar Fitbit Anda.

Cara Mudah Menggunakan Google Asisten pada Jam Tangan Fitbit

1. Sebagai langkah awal, saat Anda masuk ke layar pengaturan yang meminta Anda untuk memilih asisten suara, ketuk saja Google Asisten. Kemudian Anda akan diminta untuk menghubungkan jam tangan pintar Fitbit Anda dengan akun Google Anda.
2. Selanjutnya ketuk Aktifkan Google Asisten.
3. Ketuk tombol Aktifkan saat aplikasi meminta izin untuk menggunakan suara Anda dalam melacak olahraga. Kemudian ketuk lagi tombol Nyalakan saat aplikasi meminta untuk menghubungkan Asisten Google ke kalender, pengingat, dan layanan kesehatan yang terhubung.
4. Setelah Asisten Anda siap, ketuk Selesai.
5. Berikutnya Anda sudah siap untuk mulai menggunakan Google Asisten Anda.

Sekarang setelah Anda mengonfigurasi Asisten Google pada jam tangan pintar Fitbit, Anda dapat menanyakannya apa pun yang Anda inginkan dari ponsel atau perangkat lain yang mendukung Asisten. Anda juga dapat memintanya untuk membantu Anda melacak kebugaran dan olahraga, mendapatkan wawasan tidur, dan menyetel timer sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Mudah Mengubah Asisten Google Pada Fitbit

Jika Anda tidak memilih asisten suara saat pertama kali mengatur Fitbit Anda, atau Anda ingin mengubah asisten suara kapan pun Anda mau. Maka cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Ketuk avatar atau ikon Anda pada kiri atas layar. Pilih perangkat Fitbit Anda.
2. Pilih ubin Asisten Suara pada daftar yang tersedia.
3. Selanjutnya Anda bisa memilih Google Asisten.
4. Kemudian Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas mulai nomor 3-6.

Perlu Anda ketahui, setelah pembaruan Juni 2021, pemilik jam tangan pintar Fitbit yang menggunakan Google Asisten pada pergelangan tangan mereka akhirnya dapat mendengar tanggapan suara atas pertanyaan mereka. Ini membawa layanan setara dengan fungsionalitas yang Anda aktifkan melalui opsi Asisten Amazon Alexa.

Jika Anda mencari pengalaman Asisten Google terbaik pada salah satu jam tangan pintar Android terbaik, Anda dapat memutuskan pilihan pada Fitbit Versa 3 atau Fitbit Sense.

Berikut Spesifikasi Fitbit Versa 3 dan Fitbit Sense

Fitbit Versa 3 dan Fitbit Sense
Fitbit Versa 3 dan Fitbit Sense

image source

Kedua jam tangan pintar ini hadir dengan desain identik, hanya saja memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda. Fitbit Versa 3 hadir sebagai penerus dari smartwatch yang paling kasual dari Fitbit. Namun pada Versa 3 memiliki desain yang lebih membulat, lebih menyerupai smartwatch Pebble Time. Wajar saja, karena Fitbit telah mengakuisisi startup tersebut sebelum kemudian merilis Versa seri pertama. Selain Versa 3, Fitbit juga perkenalkan seri baru, Fitbit Sense.

Fitbit Sense adalah smartwatch paling canggih rilisan mereka, memiliki desain persis seperti Fitbit Versa 3. Bedanya, perangkat ini punya sensor yang jauh lebih lengkap, cocok bagi Anda yang memang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap untuk kondisi kesehatan diri, termasuk momen Ketika sedang mengalami stress dan lainnya.

Sebagai bagian dari keunggulannya, Fitbit Sense menggunakan sensor Electrodermal Activity (EDA), untuk mengukur kadar keringat pada kulit. Cara mendeteksinya adalah dengan meletakkan telapak tangan ke atas bagian layar perangkat. Selain itu, juga ada sensor elektro kardiogram (ECG) untuk mengukur keabnormalan detak jantung secara otomatis.

Tak hanya itu saja, Fitbit Sense juga dirancang untuk masa-masa pandemi seperti sekarang ini yang mana masyarakat lebih menaruh perhatian terhadap tanda-tanda virus Covid-19 pada seseorang.

Dalam sebuah rilis dari situs resminya, Eric Friedman selaku co-founder dan CTO Fitbit, telah melakukan sebuah studi kepada para pengguna layanan Fitbit Premium. Dari studi yang diadakan kepada lebih dari 100 ribu orang, algoritma baru Fitbit Sense dapat mendeteksi lebih dari 50% kasus Covid-19 satu hari sebelum gejala muncul.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.