Cara Mudah Menggunakan Google Assistant Untuk Membuka Aplikasi di Android

Menggunakan Google Assistant merupakan langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah tindakan tangan hanya dengan suara. Asisten Google dapat melakukan banyak hal, tetapi sebagian besar berada di dalam ekosistem Google saja. “Pintasan” adalah fitur yang memungkinkan Asisten untuk membebaskan diri dan bekerja dengan aplikasi pihak ketiga juga. Jadi dengan ini, aplikasi yang memiliki Pintasan, akan bisa Anda buka buka melalui Asisten Google.

Cara Menggunakan Google Assistant
Cara Menggunakan Google Assistant

image source

Apa itu Google Assistant?

Google Assistant adalah asisten virtual yang diisi oleh kecerdasan buatan Google. Dengan bantuan suara, Google bisa melakukan tindakan sesuai dengan Anda inginkan. Misalnya Anda bisa menyuruhnya untuk melakukan beberapa hal mulai membuka aplikasi, mengirim pesan, mencari kontak telpon dan lainnya.

Google memang ingin membuat Anda lebih mudah untuk menggunakan Google Assistant ini. Maka dari itu, ketika inovasi asisten virtual dari merek lainnya seperti Apple hanya bisa digunakan pada perangkat milik mereka sendiri, tidak dengan Google. Google Assistant bisa digunakan untuk berbagai macam smartphone dari berbagai macam merek serta perangkat rumah pintar lainnya.

Fitur-Fitur Google Assistant

Google mulai memperkenalkan Asistennya ini pada Oktober 2020 lalu. Dan saat ini mulai mendukung adanya “Pintasan” sehingga dapat membut aplikasi pihak ketiga bisa Anda buka melalui Google Assistant. Namun tidak semua aplikasi memiliki pintasan, jadi hanya aplikasi yang memiliki pintasan saja yang bisa Anda hubungkan dengan Asisten Google. Artinya, Anda dapat menggunakan suara Anda untuk melakukan tindakan pada aplikasi tersebut. Berikut beberapa contoh yang dapat Anda lakukan dengannya:

  • Hai Google, Langganan YouTube“: Membawa Anda langsung ke halaman langganan di aplikasi YouTube.
  • Hai Google, periksa berita”: Membawa Anda ke halaman Temukan pada aplikasi Twitter.
  • Hai Google, bagikan lokasi”: Buka Google Maps sehingga Anda dapat berbagi lokasi dengan teman.
  • Hai Google, kirim email”: Membuka Gmail ke layar tulis.

Walaupun secara pasti tidak ada daftar aplikasi yang bisa bekerja dengan fitur ini, akan tetapi banyak aplikasi saat ini yang sudah mendukung pada Asisten Google ini. Selain aplikasi yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan Snapchat, Venmo, Postmates, Google Keep, Amazon Prime Video, dan lainnya.

Cara Mudah Menggunakan Google Assistant Untuk Membuka Aplikasi di Android

Google Assistant tidak akan bisa melakukan tindakan apapun terhadap suatu aplikasi apalagi aplikasi pihak ketiga. Kecuali memang pengaturan defaultnya yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan mengucapkan “Ok Google”. Nah, selain itu, jika Google Assistant ingin bekerja terhadap suatu aplikasi tertentu, maka Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langlahnya:

1. Anda harus membuka Google Assistant terlebih dahulu. Untuk membukanya Anda bisa mengatakan “Ok Google” atau dengan cara menekan tombol Home pada perangkat Anda. Karena secara default, menekan tombol Home akan dapat langsung membuka halaman Google Assistant.
2. Sekarang, ketuk ikon pada sudut kiri bawah. UI mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.
3. Dari sini, Anda dapat mengetuk ikon profil pada pojok kanan atas untuk membuka menu Pengaturan Asisten.
4. Gulir pada daftar setelan Asisten hingga Anda menemukan “Pintasan“.
5. Pada menu Pintasan nantinya akan ada dua tab: “Jelajahi” dan “Pintasan Anda“. Gulir melalui tab “Jelajahi” untuk melihat beberapa contoh pintasan yang akan dibuat. Nah, untuk mengaktifkan Pintasan, ketuk ikon “+”.
6. Sebuah pop-up akan muncul menjelaskan bahwa Shortcut telah dibuat, dan itu akan menampilkan perintah yang perlu Anda katakan jika Anda ingin menggunakannya.

Cara Melihat Daftar Aplikasi yang Memiliki Pintasan / Shortcut

Anda bisa melihat aplikasi pada perangkat Anda yang memiliki pintasan. Anda bisa melihatnya pada “Pintasan yang Mungkin Anda Suka“, pada Pengaturan Google Asisten. Dari sana Anda akan melihat semua aplikasi pada perangkat Anda yang memiliki Pintasan. Ketuk salah satunya untuk melihat Pintasan yang tersedia dan mengaktifkannya seperti di atas.

Selain itu, Anda juga dapat melihat semua Pintasan yang telah Anda aktifkan melalui tab “Pintasan Anda”. Jika Anda ingin mengubah perintah yang perlu Anda ucapkan ketika akan membuka aplikasi tersebut dengan Google Assistant, maka ketuk ikon pensil untuk membuat perintah baru.

Ingat! Google Assistant ini bekerja dengan ucapan. Maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengucapkan perintah yang sudah Anda buat, dan Asisten Google akan membuka aplikasi untuk Anda. Pintasan ini dapat berguna dalam situasi bebas genggam atau untuk menyimpan beberapa ketukan.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.