Cara Mudah Menggunakan Google Maps Street View Pada Mode Split Screen Android

Seperti namanya, Google Maps Street View merupakan fitur yang mampu membagi tampilan layar menjadi dua jendela sekaligus. Salah satu jendela bakal menunjukkan rute jalan secara dua dimensi seperti biasa, sementara jendela lain menampilkan gambar lokasi melalui tampilan Street View. Fitur baru ini akan lebih memudahkan pengguna dalam menemukan jalan atau lokasi yang dicari. Sebab sebelumnya, pengguna Google Map hanya bisa melihat satu jenis tampilan dalam satu waktu.

Google Maps Street View
Google Maps Street View

image source

Fitur split screen baru digelontorkan untuk Google Maps Android versi 10.59.1. Meski demikian, belum semua pengguna Android bisa ikut mencicipi fitur ini. Pengguna iOS juga harus sedikit bersabar apabila ingin ikut menikmati fitur split screen ini. Belakangan, Google memang semakin aktif membawakan fitur-fitur anyar pada Google Maps. Akhir 2020 lalu misalnya, raksasa teknologi ini mendatangkan fitur khusus bernama Covid-19 Info.

Cara Mudah Menggunakan Google Maps Street View Pada Mode Split Screen Android

Biasanya melihat Street View hanya bisa Anda lakukan melalui perangkat komputer desktop bersamaan dengan peta atas-bawah pada Google Maps. Akan tetapi tahukah Anda bahwa saat ini Anda bisa melihat Street View pada Google Maps Android sehingga akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakan Maps pada Android.

Ini merupakan fitur baru yang hadir pada Google Maps Android yang bisa memudahkan pengguna ketika sedang dalam perjalanan dan membutuhkan peta lokasi yang bisa terlihat dengan jelas. Sedikit kurang nyaman jika Anda memiliki layar kecil dalam melihat moden ini. Tetapi jika Anda memiliki layar besar, senang bisa melihat Street View dan peta secara berdampingan. Berikut langkah-langkah agar Anda bisa melihat mode Street View pada Google Maps Android.

1. Pertama, buka aplikasi Google Maps pada ponsel atau tablet Android Anda. Temukan lokasi pada peta yang ingin Anda lihat melalui Street View. Anda dapat mengetuk label atau menekan lama jalan untuk memilih tempat tertentu.
2. Selanjutnya, informasi tentang lokasi akan muncul ke atas dari bawah layar. Kemudian Anda bisa mengetuk jendela pratinjau Street View yang muncul pada sisi kiri. (Ingat! Anda tidak akan melihat opsi ini jika Street View tidak tersedia untuk lokasi tersebut.)
3. Street View sekarang akan terbuka dalam layar penuh. Untuk melihat Street View dan peta atas-bawah, yang harus Anda lakukan adalah mengetuk ikon panah ganda pada pojok kanan bawah.
4. Street View akan menyusut ke paruh atas (atau sisi kiri jika ponsel Anda dalam mode lanskap) layar, dan peta atas-bawah akan muncul pada bagian bawahnya. Anda dapat mengetuk jalan biru mana pun untuk pindah ke sana pada peta ke Street View.
5. Anda bisa memperluas tampilan Street View, jadi cukup ketuk ikon panah lagi untuk memperluas Street View ke layar penuh Anda.

Google Maps akan mengingat pilihan Anda untuk masa mendatang, jadi jika Anda membiarkannya dalam layar terbagi, begitulah cara pembukaannya saat Anda menggunakan Street View lagi. Ini adalah trik kecil yang sederhana namun berguna bagi semua orang.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Street View Pada Google Maps

Jika Anda termasuk salah seorang yang bermasalah pada Google Maps-nya. Silahkan terlebih dahulu pergi ke Google Play Setore, kemudian lakukan update. Nah, untuk Google Maps yang masih versi lama, maka kemungkinan fitur ini tidak akan tersdia. Pembaruan Maps dengan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat foto dan video Street View lewat kamera handphone (HP) Android. Catatan, perangkat pengguna harus sudah mendukung fitur ARCore.

Nah, fitur versi beta ini telah meluncur pada aplikasi Maps bahkan selama beberapa bulan. Melalui fitur ini, Google akan secara otomatis memutar dan meletakkan beberapa foto yang terhubung. Foto-foto tersebut bisa diambil langsung dari aplikasi Street View di Android.

Fitur Street View ini cukup membantu untuk mendapatkan foto-foto jalan yang sulit dijangkau kendaraan khusus milik Google. Namun jangan khawatir, Google tetap mengimplementasikan fitur privasi seperti melakukan sensor pada wajah dan plat nomor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.