Cara Mudah Menggunakan Mode Do Not Disturb di Android

  • Bagikan
Cara Menggunakan Mode Do Not Disturb Pada Android
Cara Menggunakan Mode Do Not Disturb Pada Android

Mode Do Not Disturb pada ponsel Android merupakan sebuah mode khusus yang bisa pengguna aktifkan saat tidak ingin diganggu. Ketika mode ini aktif, maka semua fungsi ponsel seakan mati, namun ponsel tetap dalam kondisi hidup. Jadi tanpa perlu mematikan ponsel, Anda dapat mematikan fungsinya agar tidak berkerja sebagaimana mestinya.

Cara Menggunakan Mode Do Not Disturb Pada Android
Cara Menggunakan Mode Do Not Disturb Pada Android

image source

Sekarang ini ponsel menjadi bagian penting dalam menunjang aktifitas sehari-hari agar lebih mudah. Beragam manfaat dari ponsel yang selalu kita pegang setiap harinya, mulai dari menerima pesan teks, email, akun media sosial, dan banyak lagi lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada pengaturan pada ponsel Anda yang dapat mengaktifkan batas itu atau sepenuhnya membungkam interupsi segala notifikasi yang muncul? Inilah yang Google sebut sebagai “mode Jangan Ganggu”. Berikut ini cara mudah menggunakannya pada perangkat Android Anda.

Apa Itu Mode Jangan Ganggu?

Mode Jangan Ganggu pada dasarnya adalah mode “diam” untuk ponsel Anda. Akan tetapi Anda dapat dengan mudah menyesuaikan apa arti “diam” yang Anda inginkan pada ponsel Anda. Jika Anda langsung memilih profil diam, maka semua aktifitas yang berkaitan dengan ponsel Anda akan diam. Berbeda dengan mode ini, dengan kata lain, Anda dapat memilih notifikasi mana yang Anda inginkan sambil membisukan yang lainnya.

Mode Jangan Ganggu sangat bagus untuk saat-saat ketika Anda tidak ingin terus menerus terganggu oleh notifikasi pada ponsel Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan mode Jangan Ganggu saat Anda sedang tidur sehingga Anda tidak terbangun oleh pemberitahuan yang tidak perlu. Atau juga berguna jika Anda akan menghadiri rapat penting, mengikuti ujian, atau mencoba fokus pada tugas besar untuk sekolah atau pekerjaan.

Cara Menggunakan Mode Jangan Ganggu Pada Android

Mode Jangan Ganggu akan terlihat sedikit berbeda pada versi Android yang lebih lama sebelum Android 9.0 Pie. Perangkat yang menjalankan Android 6.0 dan yang lebih baru akan sama-sama memiliki mode Jangan Ganggu. Hal ini mungkin hanya terlihat sedikit berbeda atau memiliki fitur yang berbeda dengan versi saat ini. Sebagai referensi, ponsel penulis gunakan ponsel yang saat ini menjalankan Android 10.

Cara termudah untuk mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” adalah dengan menggesek layar ponsel Anda ke bawah untuk melihat pusat kendali akses cepat. Jika Anda tidak melihatnya pada opsi pertama, geser ke bawah lagi untuk memperluas menu. Jika Anda masih tidak menemukannya, bisa saja berapa pada halaman kedua opsi pengaturan cepat Anda. Maka Tombol Jangan Ganggu akan terlihat seperti lingkaran dengan garis horizontal pada bagian tengahnya.

Anda juga dapat mengakses mode Jangan Ganggu langsung dari pengaturan ponsel Android Anda. Dari menu Pengaturan Anda, ketuk Notifikasi, lalu Jangan Ganggu.

Jika Anda belum mengonfigurasi pengaturan untuk mode Jangan Ganggu, Anda mungkin ingin melakukannya terlebih dahulu sebelum menyalakannya. Mari kita periksa semua cara berbeda untuk menyesuaikan mode Jangan Ganggu pada ponsel Android Anda.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Mode Jangan Ganggu?

Ada banyak cara rapi untuk memasukkan mode Jangan Ganggu ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan semua fungsi dan fiturnya, Anda dapat menyesuaikan dengan tepat bagaimana mode Jangan Ganggu bekerja untuk perangkat Android Anda.

Cara termudah untuk mengakses pengaturan untuk mode Jangan Ganggu adalah dengan mengetuk dan menahan ikon Jangan Ganggu melalui pusat kendali akses cepat Anda.

Jadwalkan Jangan Ganggu untuk hidup dan mati secara otomatis
Anda dapat membuat jadwal khusus untuk mode Jangan Ganggu. Misalnya ada Jadwal Tidur yang bisa otomatis beralih mode saat sudah masuk waktunya tidur. Ini adalah salah satu kegunaan paling populer untuk fungsi jadwal dalam mode Jangan Ganggu. Tapi itu jelas bukan satu-satunya cara Anda dapat menggunakan jadwal.

Anda dapat membuat jadwal khusus untuk mengaktifkan mode Jangan Ganggu selama dua jam setelah setiap hari sekolah sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah tanpa gangguan. Atau, Anda dapat menyalakannya selama satu jam setiap hari kerja jika Anda tidak ingin pemberitahuan apa pun masuk saat Anda sedang istirahat makan siang di tempat kerja.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.