Cara Mudah Menggunakan Nearby Share Android ke Chromebook

Android telah meluncurkan fitur Nearby Share, yang memiliki layanan berbagi file secara mudah sesama pengguna sistem operasi ini. Banyak smartphone Android yang sudah bisa mendapatkan layanan fitur ini. Sebab, Nearby Share ini sebenarnya sudah bisa digunakan pada Android versi 6.0 (Marshmallow) dan versi di atasnya.

"Cara

image source

Menurut pengalaman penulis, fitur Nearby Share baru bisa mulai banyak digunakan oleh pengguna sejak rilisnya Android 10. Jika Anda termasuk salah satu yang sudah menggunakan Android 10, maka secara otomatis fitur ini sudah bisa Anda gunakan untuk saling berbagi file antar perangkat. Namun dalam kesempatan ini penulis akan berbagi cara bagaimana menggunakan Nearby Share dari Android ke Chromebook.

Chromebook dan Sistem Operasinya!

Chromebook bagi sebagian orang masih terasa belum familiar. Pasalnya sistem operasi yang dipakai oleh laptop ini bukanlah Windows, bukan MacOS, maupun Linux. Chromebook merupakan laptop atau komputer yang dikembangkan oleh Google dan berjalan menggunakan sistem operasi Chrome OS. Sistem operasi ini berbasis Linux dan dibuat oleh Google sejak tahun 2009.

Dengan sebutan lain, Chromebook adalah Chrome yang dikembangkan menjadi sistem operasi. Pasalnya Google Chrome sendiri merupakan browser Google yang sudah familiar sampai sekarang ini. Apalagi berbagai macam fiturnya yang banyak membantu dalam mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pengertian Nearby Share?

Mungkin sebagian penguna lebih kenal dengan yang namanya AirDrop yang biasanya ada pada perangkat Apple. Dengan menggunakan AirDrop Apple, dapat memungkinkan Anda untuk mengirim foto, file, atau alamat situs web kepada siapa pun pada sekitar Anda. Bahkan sekalipun Anda tidak terhubung ke internet.

Nah pada Android, fitur ini bernama Nearby Share. Fitur yang bisa pengguna gunakan untuk saling berbagi dengan orang-orang sekitar Anda. Nearby ini merupakan fitur bawaan OS Android yang bisa menggantikan fungsi bluetooth pada perangkat Anda.

Cara Mudah Menggunakan Nearby Share Android ke Chromebook

Sebelum melakukan langkah ini, Anda perlu menetapkan nama yang nantinya akan muncul saat pencarian berbagi menggunakan Nearby. Anda dapat menyesuaikan privasi Anda sehingga semua atau beberapa kontak dapat melihat perangkat Anda. Beberapa pilihan yang bisa Anda pilih adalah “tersembunyi” akan membuat perangkat Anda tidak terlihat kecuali Anda mengaktifkannya. Setelah penyiapan selesai, Anda akan dibawa ke pengaturan Nearby Share untuk ditinjau ulang. Sebelum mentransfer file, kedua perangkat Anda harus berada di sekitar dengan Bluetooth dan lokasi diaktifkan.

Cara Berbagi file Pada Chromebook

Saat Anda ingin mentransfer file pada Chromebook, gunakan perangkat yang paling dekat agar smartphone lebih mudah mengenalinya. Berbagi dengan perangkat terdekat akan menyederhanakan proses dan menghemat waktu yang dihabiskan ketika sedang proses pencarian perangkat. Caranya cukup mudah, yaitu:

1. Pilih File yang ingin Anda bagikan pada Chromebook. Misalnya berupa foto, video ataupun file lainnya.
2. Selanjutnya tekan pada file tersebut, kemudian pilih bagikan menggunakan Nearby Share.
3. Sebelum melakukan langkah Nomor 2 ini, pastikan chromebook sudah berada di dekat perangkat Android.
4. Pilih nama perangkat yang sesuai dengan nama chromebook Anda.
5. Tunggu hingga proses kirim file berhasil.

Cara Berbagi file dari Chromebook ke Android

Berbagi file ke smartphone Android Anda dengan Chromebook sangatlah mudah. Pilih file apa pun pada pengelola file Chrome OS, lalu klik kanan “bagikan” dari menu. Klik Nearby Share, lalu pilih daftar perangkat Anda dari daftar. Mungkin perlu beberapa kali percobaan untuk mendeteksi perangkat Anda. Karena dari beberapa pengalaman pengguna, berbagi file dari Android ke Chromebook cenderung lebih mudah dari pada berbagi file dari Chromebook ke Android.

Saat ini Google tengah akan merilis ChromeOS 90 yang akan lebih menyempurnakan fitur Nerby Share. Fitur ini sedang dibentuk menjadi fitur menarik yang akhirnya dapat memungkinkan transfer file yang mulus antara Android dan Chrome OS.

Cara Berbagi File Antar Perangkat Android Dengan Nearby Share

1. Pilih file yang akan Anda bagikan. Misalnya foto, video dan file lainnya.
2. Tekan file yang akan Anda pilih, kemudian klik Bagikan, pilih Nearby Share.
3. Tunggu perangkat lain menerima file yang Anda kirim.

Namun, bagaimana jika Nearby Share tidak Anda temukan pada perangkat Android. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan Google.

Cara Mengaktifkan Nearby Share pada Android

Android 6.0 ke atas, merupakan syarat utama untuk menggunakan fitur Nearby Share ini. Beberapa hal yang harus kamu penuhi dalam perangkat Anda diantaranya:

1. OS Android 6.0 atau yang lebih tinggi.
2. Google Play Services pada perangkat kamu sudah berada di v20.30.19.

Jika 2 syarat di atas sudah ada pada perangkat kamu, maka kamu tinggal mengaktifkannya melalui pengaturan sistem, caranya adalah:

1. Masuk pada menut Setting terlebih dahulu
2. Pilih Google => Device Connections => Nearby Share atau jika perngkat kamu menggunakan bahasa Indonesia maka pilih nama Berbagi Langsung.
3. Silahkan geser slide tersebut menjadi on atau warna biru.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.