Cara Mudah Menggunakan USB OTG Pada Android Samsung

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan USB OTG pada Samsung
Cara Mudah Menggunakan USB OTG pada Samsung

Pernahkan Anda kesulitan dalam menggunakan USB OTG pada ponsel Anda, terutama pada ponsel Samsung. Semua ponsel Android memang mendukung fitur OTG secara keseluruhan, walaupun sebagian kecil ada juga tidak mendukungnya yang tergolong ponsel jadul. Namun Anda sadari atau tidak, setiap pabrikan memiliki cara yang berbeda dalam hal pengoperasiannya, apalagi dalam ponsel Android Samsung.

"Cara

image source

Dalam pengoperasiannya, setiap pabrikan punya cara tersendiri untuk USB OTG. Ada sebagian yang hanya cukup mencolokkannya pada pada ponsel Anda, namun sebagian lainnya perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur OTG pada ponselnya. Anda termasuk yang mana? Marilah penulis ulas secara detail bagaimana cara penggunaan USB OTG khusus untuk pengguna ponsel Samsung.

Sudah Anda ketahui, bahwa Samsung merupakan pabrikan ponsel yang memiliki nama cukup besar, dalam urutannya berada di bawah Apple khususnya untuk Negara Indonesia. Dan perangkat terbarunya yang kini baru saja Samsung boyong ke Indonesia adalah Samsung Galaxy A22 5G. Perangkat ini hadir dengan layar 6,6 inci FHD+ dengan refresh rate 90Hz. Kinerjanya didukung chipset Dimensity 700, baterai 5.000mAh dengan dukungan fast charging 15W, dan tiga kamera dengan sensor utamanya adalah 48MP. Samsung akan membuka flash sale pada 28-30 Juni 2021. Nantinya, konsumen bisa membeli Galaxy A22 5G melalui Samsung.com dan toko resmi Samsung di Tokopedia. Pada flash sale pula, konsumen berkesempatan mendapat hadiah senilai Rp 1,4 juta dalam bentuk Samsung Galaxy Fit2 dan Samsung Care+.

Apa Itu USB OTG?

Kembali pada pembahasan USB OTG, On-the-Go (OTG) merupakan perangkat tambahan untuk menyambungkan port USB ke port micro USB smartphone. Misalnya Flash disk, Mouse, bahkan Keyboard. Dengan begitu Anda bisa membaca dan memindah file dari dan ke flash disk tanpa harus menyambungkannya ke PC terlebih dahulu. Saat ini, fitur OTG umumnya sudah tersemat ke perangkat Android terbaru.

Cara Mengetahui Perangkat yang Mendukung OTG?

Adapun cara paling mudahnya untuk mengetahui apakah ponsel Android Anda support OTG adalah dengan melihat spesifikasi pada books atau melalui situs resmi ponsel Anda. Periksalah apakah ada logo USB OTG pada Book pembelian Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan install aplikasi Easy OTG Checker.

Beberapa Fungsi Menggunakan USB OTG

Kontrol Ponsel dengan Mouse dan Keyboard

Ponsel Android ternyata juga bisa tersambung dengan perangkat PC seperti mouse dan keyboard wireless. Syaratnya, Anda harus memiliki USB OTG dan perangkat wireless yang kompatibel dengan semua platform. Lalu Anda menyambungkannya melalui USB OTG tersebut pada ponsel Anda, dan kemudian Anda bisa mengetik menggunakan keyboard dan menavigasi menggunakan mouse.

Cetak Dokumen ke Printer

Dalam penggunaanyaa, Printer memiliki sistem plug-and-play. Sekali Anda mencolokkan, maka Anda akan bisa dengan mudah untuk menggunakannya dalam hal mencetak dokumen, foto atau file penting lainnya. Dengan berbekal perangkat tersebut dan USB OTG, Anda bisa mencetak dokumen tanpa harus mentransfer file ke PC atau laptop terlebih dahulu.

Transfer Daya Ponsel Lain

Melalui USB OTG, Anda bisa membantu teman Anda mengisi baterai ponselnya melalui ponsel Anda. Ponsel yang berperan sebagai pengisi baterai cukup Anda sambungkan dengan OTG, kemudian paang kabel charger dan sambungkan ke smartphone lainnya. Ini sangat berguna terutama dalam situasi yang cukup mendesak, misalnya dalam perjalanan.

Cara Mudah Menggunakan USB OTG Pada Android Samsung

Menggunakan OTG akan memudahkan pengguna dalam pemindahan data. Namun sayangnya tidak semua jenis ponsel Android langsung ada opsi OTG pada menu pengaturan. Seperti halnya pada pabrikan OPPO dan juga Vivo, jadi Anda secara langsung bisa menggunakannya tanpa perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Salah satu ponsel yang membutuhkan pengaturan tambahan ketika mengaktifkan OTG adalah ponsel Samsung. Tentu hal seperti ini akan membuat bingung pengguna karena tidak langsung ada opsi untuk mengaktifkan OTG pada ponsel. Agar Anda tidak bingung berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk pada menu Pengaturan ponsel Anda, lalu pilih opsi “tentang ponsel/about ponsel” yang terletak pada bagian paling bawah
2. Pilih informasi software, kemudian tekan sebanyak 7 kali pada build number atau membangun nomor hingga sampai ada pemberitahuan mode pengembang sudah Aktif.
3. Setelah itu anda kembali lagi ke pengaturan lalu klik pada bagian paling bawah yaitu Opsi Pengembang/Developer Options.
4. Untuk menggunakan USB OTG, Anda perlu mengaktifkan OEM unlock dan USB Debugging
5. Setelah itu anda sudah bisa menggunakan OTG anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.