Cara Mudah Menggunakan WhatsApp di Banyak Perangkat

  • Bagikan
WhatsApp Multi Perangkat
WhatsApp Multi Perangkat

Menggunakan WhatsApp lebih dari satu perangkat merupakan sebuah fitur yang sudah lama dinanti pengguna, khususnya pengguna WhatsApp Android. Setidaknya dengan fitur ini akan memiliki fungsi sama seperti aplikasi Telegram yang tidak hanya fokus pada perangkat utama saja. Jadi ketika ponsel sedang bermasalah, WhatsApp masih tetap bisa digunakan dengan perangkat lain yang telah ditautkan.

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp
Cara Mudah Menggunakan WhatsApp

image source

Nah, kabar baiknya saat ini setelah melewati pengujian beta untuk sementara waktu, WhatsApp akhirnya menghadirkan salah satu fitur ini ke platformnya. Artinya dukungan fitur multi-perangkat untuk semua pengguna Android dan iOS kini sudah tersedia.

Fitur WhatsApp pertama kali diumumkan pada Juli 2021 lalu. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menautkan dan menjalankan WhatsApp untuk beberapa perangkat. Bagian terbaik tentang fitur WhatsApp baru ini adalah pengguna dapat menjalankan messenger pada beberapa perangkat meskipun perangkat utama alias ponsel Anda dalam keadaan mati.

Dukungan fitur multi-perangkat untuk WhatsApp adalah program keikutsertaan untuk saat ini yaitu, hanya mereka yang mendaftarkan diri yang dapat mencoba fitur tersebut. Nah, dalam tulisan ini, Penulis akan melihat bagaimana cara Anda dapat mengaktifkan dukungan multi-perangkat WhatsApp pada ponsel cerdas Anda.

Fitur Multi-Perangkat pada WhatsApp

Fitur Multi-perangkat pada WhatsApp memungkinkan Anda menggunakan aplikasi pesan instan hingga empat perangkat non-smartphone yaitu laptop, PC, browser web, dll.

Selain itu, Anda dapat menjalankan WhatsApp pada perangkat sekunder meskipun perangkat utama Anda tidak terhubung ke Internet. Misalnya baterai perangkat utama Anda habis atau Anda perlu mematikannya, WhatsApp akan tetap tersedia pada perangkat yang telah Anda tautkan sebelumnya.

Namun begitu, sebagai bentuk keamanan dari WhatsApp, perangkat yang tertaut hanya akan tersedia selama 14 hari setelah WhatsApp terputus dari perangkat utama Anda. Jika selama 14 hari tersebut Anda tidak pernah mengaktifkan ponsel Anda, maka Anda juga akan kehilangan akses pada WhatsApp dari perangkat yang sebelumnya tertaut (perangkat secunder).

Cara Mengaktifkan Dukungan Multi-Perangkat untuk WhatsApp

Jika Anda ingin mendapatkan dukungan multi-perangkat untuk WhatsApp pada ponsel Anda, inilah yang perlu Anda lakukan. Cara ini dapat bekerja dengan baik pada ponsel Android maupun iPhone.

1. Buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Android Anda.
2. Ketuk menu titik tiga pada sudut kanan atas. Lalu pilih Perangkat yang ditautkan
3. Ketuk pada Multi-perangkat beta.
4. Selanjutnya ketuk Gabung Beta dan pilih Lanjutkan.
5. Kembali ke layar sebelumnya dan ketuk Tautkan perangkat.
6. Arahkan ponsel Anda ke layar perangkat yang ingin Anda tautkan untuk memindai kode QR.

Meskipun dukungan Multi-perangkat untuk WhatsApp telah mulai meluncur untuk pengguna, namun fitur ini masih dalam pengujian beta. Hal ini berarti Anda mungkin melihat masalah kinerja atau bug saat menggunakan fitur WhatsApp pada perangkat yang tetaut.

Namun, jika Anda ingin menonaktifkan dukungan multi-perangkat, lihat kembali langkah-langkah di atas dan pilih Tinggalkan beta di bawah pengaturan Pendaftaran beta multi-perangkat.

Beberapa Hal Penting dari WhatsApp yang Anda Tautkan

1. Menurut WhatsApp, beberapa fitur messenger tidak dapat berjalana pada multi-perangkat WhatsApp untuk web atau Desktop. Misalnya, Anda tidak dapat melihat lokasi langsung perangkat yang ditautkan. Menyematkan obrolan, bergabung, dan melihat undangan grup tidak tersedia di WhatsApp Web atau Desktop.

2. Anda tidak dapat mengirim pesan atau menelepon siapa pun, dari perangkat yang terhubung dengan WhatsApp, menggunakan versi WhatsApp yang sudah ketinggalan zaman. Panggilan dari situs web WhatsApp juga dinonaktifkan untuk mereka yang belum mendaftar pada beta multi-perangkat.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.