Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan
Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan

Widget Percakapan pada Android merupakan cara yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan percakapan pada sebuah aplikasi. Secara tidak langsung tanpa Anda sadari, beberapa bahkan semua aplikasi perpesanan memiliki Widget yang bisa Anda manfaatkan untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan percakapan.

Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan
Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan

Misalnya dengan meletakkan Widget tersebut pada layar beranda ponsel Anda, Anda lebih mudah dalam membalas pesan yang Anda lakukan dengan orang lain. Jadi Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi tersebut ketika mendapatkan pesan dari seseorang bahkan ketika Anda sedang melakukan percakapan langsung. Anda cukup membuat Widget dari seseorang yang melakukan percakapan dengan Anda, kemudian hapus saat percakapan Anda sudah selesai. Perlu Anda ketahui, saat Anda menghapus Widget percakapan tersebut, maka percakapan yang Anda lakukan tidak akan hilang.

Apa itu Widget Percakapan pada Android?

Widget Percakapan mulai diperkenalkan pada Android 12. Tampaknya cukup sederhana jika Anda menempatkannya pada layar beranda ponsel Anda, Akan tetapi sebenarnya cukup pintar. Widget memanfaatkan fitur “Percakapan” yang ditambahkan pada Android 11.

Android mengidentifikasi pemberitahuan secara langsung dari aplikasi tertentu sebagai “Percakapan” dan menempatkannya pada bagian khusus di atas bayangan pemberitahuan. Ini bisa berupa notifikasi dari aplikasi SMS, Slack, Telegram, atau aplikasi lain pada ponsel Anda yang mendukungnya.

Nah, melalui Widget Percakapan ini akan membuat percakapan Anda lebih mudah diakses dari layar beranda. Anda tidak hanya terbatas pada penggunaan widget yang hanya disediakan oleh aplikasi perpesanan yang Anda gunakan. Dan karena ini adalah widget yang sama untuk semua percakapan, Anda mendapatkan tampilan yang bagus dan seragam yang mudah untuk Anda gunakan.

Cara Mudah Menggunakan Widget Percakapan Pada Android

Ponsel cerdas mungkin dapat melakukan panggilan, tetapi kebanyakan orang menggunakannya untuk mengirim pesan. Melalui “Widget Percakapan” Android, Anda akan lebih mudah dari sebelumnya untuk mengikuti semua obrolan Anda. Berikut cara menempatkannya pada layar depan tepat pada layar beranda ponsel Anda.

Perlu Anda tahu, Widget Percakapan hanya tersedia pada Android 12 atau yang lebih baru. Berikut langkah-langkahnya!

1. Pertama, ketuk dan tahan ruang kosong pada layar beranda Anda. Kemudian pilih “Widget” dari menu pop-up yang muncul.
2. Gulir ke bawah ke “Percakapan” pada daftar widget dan perluas. Selanjutnya ketuk dan tahan widget dan Anda dapat meletakkannya pada layar beranda Anda.
3. Setelah Anda melepaskan widget, Anda dapat memilih percakapan mana yang ingin Anda gunakan. Anda akan melihat daftar percakapan terbaru Anda. Pilih salah satunya.
4. Maka Widget sekarang akan muncul pada layar beranda Anda. Dari sini, Anda dapat menyesuaikan ukuran widget, yang akan menentukan seberapa banyak informasi yang dapat Anda tampilkan. Ketuk dan tahan widget untuk dapat menyeretnya agar Anda bisa menyesuaikan ukurannya.

Ingat! semakin besar widgetnya, semakin banyak percakapan yang akan Anda lihat. Selain itu, ukuran yang lebih besar dapat menampilkan latar belakang yang menyenangkan agar sesuai dengan pesan. Berikut adalah beberapa kemungkinan ukuran yang dapat Anda gunakan.

Ukuran Widget Percakapan Pada Layar Beranda Anda
Ukuran Widget Percakapan Pada Layar Beranda Anda

Terakhir, ikon pensil yang muncul saat Anda mengetuk dan menahan widget memungkinkan Anda memilih percakapan yang berbeda. Jika Anda ingin menghapus widget, ketuk dan tahan untuk memilihnya dan seret ke tombol “Hapus” yang terletak pada bagian atas layar.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk meletakkan widget pada layar beranda untuk semua percakapan penting yang Anda lakukan. Sangat mudah untuk melihat pesan dan dengan cepat masuk ke aplikasi mana pun yang sedang Anda gunakan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

source: via

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.