Cara Mudah Menggunakan Xbox Controller di Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menggunakan Xbox Controller Pada Android
Cara Mudah Menggunakan Xbox Controller Pada Android

Menggunakan Xbox Controller pada ponsel Android akan semakin membuat Anda lebih nyaman ketika bermain game. Pengontrol ini memiliki manfaat besar jika Anda memiliki hobi bermain game menggunakan ponsel. Jadi selain bermain game pada konsole Xbox sendiri, Anda bisa memanfaatkan pengontrolnya pada ponsel Android.

Cara Mudah Menggunakan Xbox Controller Pada Android
Cara Mudah Menggunakan Xbox Controller Pada Android

image source

Sekarang ini game seluler juga tidak kalah populer dengan game pada konsole, baik PS5 ataupun Xbox Series. Hal ini telah menjadi genre game yang unik yang bisa Anda mainkan dengan semakin mudah menggunakan pengontrol Xbox. Jenis game seluler yang tersedia sangat bervariasi, dari game puzzle generik yang sarat dengan iklan hingga game shooter seru berdasarkan seri game klasik. Ada beberapa permainan yang bisa Anda mainkan dengan pengontrol, yang membuat pengalaman menjadi jauh lebih baik dan bermain yang semakin menyenangkan.

Jika Anda sudah memiliki pengontrol Xbox, Anda dapat menghemat uang untuk tidak membeli pengontrol khusus untuk game seluler Anda. Nah, dalam artikel ini penulis akan memberikan beberapa langkah bagaimana cara menggunakan pengontrol Xbox Anda pada ponsel Android. Hal ini yang tentunya akan membawa peningkatan khusus dalam bermain game menggunakan ponsel Android.

Jenis Pengontrol Xbox yang Bisa Terhubung Dengan Ponsel Android

Anda dapat menggunakan dua pengontrol Xbox yang berbeda dengan perangkat Android Anda. Yakni Xbox Wireless Controllers and Xbox 360 controllers. Yang pertama ini adalah pengontrol yang hadir untuk konsol Xbox One, Xbox Series S, dan Xbox Series X.

Xbox Wireless Controllers yang lebih baru, terutama yang Bluetooth, akan paling mudah Anda gunakan dengan perangkat Android. Dengan pengontrol Bluetooth, Anda harus memasangkan perangkat Anda ke pengontrol, dan Anda siap untuk segera memainkannya. Selain itu, Google menambahkan dukungan pengontrol Xbox One untuk Android 9 Pie, sehingga pengontrol Bluetooth berfungsi paling baik. Namun dalam keadaan darurat, pengontrol non-Bluetooth juga akan berfungsi dengan cara lain.

Jika Anda memiliki pengontrol Xbox One tanpa konektivitas Bluetooth atau pengontrol Xbox 360, Anda masih dapat menggunakan keduanya dengan perangkat Android Anda. Hanya saja prosesnya hanya sedikit lebih rumit dari pada menggunakannya melalui Bluetooth.

Begini Cara Menggunakan Xbox Wireless Controller yang Terbaru Pada Android

Untuk menggunakan Xbox Wireless Controller dengan konektivitas Bluetooth, inilah yang Anda butuhkan:

  • Perangkat Android dengan konektivitas Bluetooth dan Android 9 Pie atau yang lebih baru
  • Pengontrol Xbox One dengan Bluetooth

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghubungkan Xbox Wireless Controller Anda ke perangkat Android dengan mudah:

  1. Pastikan Bluetooth aktif dan buka pengaturan. Anda dapat melakukan ini dengan beberapa cara berbeda. Cara termudah adalah dengan menggesek ke bawah untuk melihat item menu akses cepat Anda. Maka Anda dapat menekan dan menahan tombol Bluetooth untuk membuka pengaturan Bluetooth Anda. Atau, Anda juga dapat membuka pengaturan telepon dan menemukan opsi Bluetooth.
  2. Tekan tombol Xbox pada pengontrol Anda untuk memastikannya dalam kondisi hidup; lalu tekan dan tahan tombol sinkronisasi pada pengontrol (kiri atas) hingga tombol Xbox mulai berkedip. Segera setelah lampu mulai berkedip, ini berarti pengontrol berada dalam mode pemasangan Bluetooth. Ini siap untuk Anda hubungkan ke perangkat Android Anda pada saat ini.
  3. Kembali ke pengaturan Bluetooth pada perangkat Android Anda dan pasangkan pengontrol Xbox One ke perangkat Anda. Anda akan melihat pengontrol Xbox One muncul dalam daftar perangkat terdekat yang siap Anda pasangkan. Jika tidak muncul dalam daftar ini, tekan Pindai untuk mencari pengontrol. Saat perangkat dalam mode berpasangan, tombol Xbox akan berkedip; telah dipasangkan segera setelah berhenti berkedip.
  4. Bergantung pada ponsel atau tablet yang Anda miliki, Anda seharusnya dapat melihat pengontrol langsung berfungsi. Uji dengan menggunakan tombol arah dan tombol untuk menavigasi sistem perangkat Anda.
  5. Cobalah permainan favorit Anda! Banyak game tidak memerlukan konfigurasi khusus sebelum siap dimainkan dengan pengontrol. Beberapa game mungkin mengharuskan Anda untuk beralih dari input layar sentuh ke input pengontrol dalam pengaturan game tertentu.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.