Cara Mudah Menggunakan Xiaomi Sound Assistant Pada MIUI 12

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan Xiaomi Sound Assistant
Cara Mudah Mengaktifkan Xiaomi Sound Assistant

Xiaomi Sound Assistant merupakan sebuah fitur baru yang hadir pada MIUI 12. Ini merupakan fitur baru yang bisa Anda nikmati untuk semua pengguna ponsel Xiaomi yang sudah melakukan pembaruan sistem pada MIUI 12. Melalui fitur ini, Anda dapat menyesuaikan level volume untuk berbagai aplikasi seperti YouTube, Facebook, Spotify, dan lain-lainnya.

Cara Mudah Mengaktifkan Xiaomi Sound Assistant
Cara Mudah Mengaktifkan Xiaomi Sound Assistant

image source

Kemampuan inilah yang Xiaomi sebut sebagai “Sound Assistant“. Jadi nantinya pengguna dapat men-trigger Sound hanya dengan menekan tombol volume up atau down saat memutar video atau mendengarkan musik. Namun sebelum Anda dapat melakukan semua itu, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini pada Pengaturan Suara.

Bayangkan saja jika Anda sedang mendengarkan lagu favorit Anda melalui Spotify dan secara bersamaan Anda juga menjelajahi Facebook. Tiba-tiba, Anda melihat video dalam Facebook, dan ingin memutarnya. Maka saat Anda memutar video tersebut, suaranya akan bercampur aduk menjadi satu antara suara video Facebook dengan suara lagu dari Spotif. Jika pada PC Windows, Anda bisa dengan mudah untuk menyesuaikan output volume untuk aplikasi tertentu untuk menghindari kebisingan. Jika Anda memiliki ponsel Xiaomi dan sudah berbasis MIUI 12, Anda dapat memanfaatkan fitur serupa.

Apa itu Fitur Sound Assistant pada MIUI 12?

Fitur Sound Assistant pada MIUI 12 yang sangat keren memungkinkan Anda menyesuaikan level volume pada aplikasi tertentu. Seperti aplikasi YouTube, Facebook, Spotify, dan lainnya. Fitur ini dapat Anda akses pada semua ponsel yang memiliki antar muka MIUI 12.

Anda dapat membuat kontrol Sound Assistant pada ponsel Xiaomi hanya dengan menekan tombol volume atas/bawah saat memutar video atau mendengarkan musik. Nah, berikut cara mudah untuk mengaktifkan fitur ini pada ponsel Xiaomi Anda.

Cara Mengatur dan Menggunakan Sound Assistant Pada MIUI 12

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan Sound Assistant pada ponsel MIUI 12 Anda. Setelah Anda mengaktifkannya melalui pengaturan, Anda akan dapat menyesuaikan volume pada setiap aplikasi dalam ponsel Anda.

Mengaktifkan Sound Assistant
Mengaktifkan Sound Assistant

1. Buka Pengaturan dan buka Suara & Getaran
2. Ketuk pada Asisten Suara dan aktifkan kedua opsi yang ada.
3. Untuk menggunakan Sound Assistant ini, Anda dapat menekan tombol volume atas/bawah.
4. Ikon musik bulat akan muncul pada sisi kiri, ketuk pada bagian atasnya, dan sesuaikan volume.

Fitur ini pertama kali tersedia pada MIUI 12 China Beta dan sekarang tersedia untuk semua ponsel MIUI 12 secara global. Ini merupakan fitur sangat keren dari Xiaomi untuk dapat menyesuaikan audio yang ada pada ponsel Anda.

Ingin tahu apakah Anda dapat mengaktifkan fitur ini pada ponsel Android bawaan Anda? Jawabannya adalah tidak. Stock Android tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan tingkat suara aplikasi individual. Namun, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti App Volume Control Pro pada ponsel Android Anda. Aplikasi inilah yang nantinya akan mengatur volume yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang MIUI 12

MIUI 12 adalah antar muka Android terbaru Xiaomi yang menggantikan MIUI 11 dan membawa sejumlah peningkatan UI dan visual ke ponsel Xiaomi Anda. Ini juga membawa fitur-fitur seperti peningkatan mode gelap, alat privasi dan keamanan yang lebih ditingkatkan, animasi baru, wallpaper baru, dan lainnya.

MIUI 12 juga memiliki iterasi lain dalam bentuk MIUI 12.5. Pembaruan diumumkan pada Desember 2020 dan skin saat ini sedang dalam proses peluncuran ke beberapa perangkat Xiaomi secara bertahap. Ini membawa banyak tweak visual dan fungsional, termasuk gerakan yang lebih responsif, kontrol clipboard, dan manajemen izin yang lebih baik. Xiaomi juga mengatakan bahwa UI ini lebih ringan pada sistem dan menggunakan lebih sedikit konsumsi daya.

Menurut Xiaomi, MIUI sekarang memiliki lebih dari 310 juta pengguna aktif bulanan dan MIUI 12 adalah sistem operasi seluler pertama yang telah lulus “Tes Perlindungan Privasi Sistem Android yang Ditingkatkan” TÜV Rheinland.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.