Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

File duplikat di perangkat Android bisa dikategorikan sebagai file sampah atau junk file. Sistem operasi Android sendiri belum memungkinkan Anda untuk melacak dan menghapus file duplikat tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

File duplikat atau berkas duplikat adalah file yang sama yang disimpan di lokasi penyimpanan tertentu, baik itu di lokasi penyimpanan yang sama ataupun berbeda. File yang sama juga dapat dikategorikan sebagai file duplikat meskipun memiliki ekstensi dan penamaan yang berbeda.

Lalu, Bagaimana cara menemukan file duplikat di Android? Untungnya saat ini sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari file kembar tersebut, salah satu aplikasinya adalah Duplicate File Remover. Aplikasi ini akan memudahkan kita mengindentifikasi file gambar, audio, video hingga dokumen yang duplikat. Caranya adalah:

Pertama-tama download aplikasi Duplicate File Remover dan install seperti biasa di smartphone. Buka aplikasinya lalu berikan izin storage agar aplikasinya bisa memindai seluruh file yang tersimpan di smartphone.

Selanjutnya pilih salah satu tipe file yang ingin dicari, ada gambar, audio, video dan dokumen. Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul daftar file yang duplikat. Di sini kalian bisa memilih untuk menghapus salah satu atau keduanya sekaligus. Lakukan hal yang sama untuk tipe file lainnya. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba..


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.