Cara Mudah Menghilangkan Durasi Waktu 40 Menit Pada Zoom Meeting

  • Bagikan
Cara Menghilangkan Durasi Waktu Zoom Meeting
Cara Menghilangkan Durasi Waktu Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting memiliki durasi waktu yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video telekonferensi hanya 40 menit saja. Baik Anda menggunakannya pada Android ataupun PC, durasi waktu ini akan tetap berjalan selama 40 menit.

Cara Menghilangkan Durasi Waktu Zoom Meeting
Cara Menghilangkan Durasi Waktu Zoom Meeting

Selama ini mungkin Anda tidak pernah tau atau merasakan jika batasan waktu tersebut Zoom tetapkan untuk pengguna yang terdaftar secara gratis. Anda dapat mengetahuinya jika Anda bekerja sebagai host atau penyelenggaran Zoom Meeting. Namun jika Anda hanya sebagai peserta yang hanya bergabung menggunakan sebuah tautan ataupun kode meeting, berarti Anda tidak akan mengetahui detail pasti durasi waktu tersebut.

Memang dahulu sejak waktu Zoom Meeting hadir pertama kalinya tidak memiliki batasan waktu kepada para pengguna yang menjadi sebagai Host. Namun seiring berjalannya waktu, banyak perubahan yang terjadi dan salah satunya Zoom Meeting hanya memberi batasan waktu meeting 40 menit jika Anda terdaftar sebagai pengguna Basic (free).

Namun Anda tidak perlu khawatir, batasan waktu tersebut ternyata bisa Anda hilangkan agar bisa menggunakannya dengan nyaman. Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan durasi waktu pada Zoom Meeting di Android ataupun PC.

Cara Mudah Menghilangkan Durasi Waktu 40 Menit Pada Zoom Meeting

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi Zoom Meeting tanpa limit waktu, maka Anda perlu melakukan upgrade account Zoom Meeting Anda setidaknya menjadi versi Pro. Namun, kabar kurang baiknya, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menikmati semua fitur yang ada pada Zoom Meeting Pro tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

1. Anda perlu masuk pada Zoom Meeting menggunakan browser Android Anda. Anda bisa menggunakan Google Chrome di Android atau Safari Browser di perangkat Apple.
2. Lakukan sign in menggunakan akun Zoom yang Anda miliki.

Sign in pada Zoom Meeting
Sign in pada Zoom Meeting

3. Selanjutnya masuk pada Plans & Pricing pada menu hamburger bagian pojok kanan atas

Plans & Pricing
Plans & Pricing

4. Silahkan pilih akun Pro dengan harga $14.99 atau Rp220 ribu selama satu bulan.

Memilih Plans Pro
Memilih Plans Pro

5. Ikuti petunjuknya hingga Anda menyelesaikan pembayarannya. Kemudian Anda baru bisa menikmati layanan Zoom Meeting tanpa durasi waktu 40 menit.

Beberapa Masalah yang Sering Terjadi Pada aplikasi Zoom Meeting

Kamera atau Audio Tidak Berfungsi

Pernahkah Anda mengalami masalah ini? Saat akan menggunakan Zoom Meeting tiba-tiba kamera dan Audio tidak berfungsi. Anda hanya akan mengikuti rapat dan tidak dapat mendengar siapa pun yang sedang berbicara? Jika demikian, Anda mungkin perlu menutup jendela yang muncul sebelum Anda masuk ke rapat. Pastikan untuk menekan tombol biru “Bergabung dengan audio Komputer” jika Anda menggunakan Zoom pada PC. Jika Anda menggunakan Zoom pada Android, cukup tekan pada logo Headphone di pojok kiri bawah saat Anda sudah masuk dalam Zoom Meeting.

Hal yang sama berlaku untuk kamera. Ini mungkin dimatikan secara default segera setelah Anda bergabung dengan rapat, jadi cukup klik ikon kamera pada bilah tugas untuk menyalakannya. Jika pesan kesalahan muncul yang mengatakan bahwa video tidak dapat dimulai saat Anda mengklik tombol, masalahnya ada pada pengaturan PC atau ponsel Anda.

Zoombombing

Apakah pengunjung yang tidak terduga bergabung dengan salah satu rapat Anda dan mulai berbagi gambar dan video kotor? Jika demikian, Anda tidak sendiri. Zoom memiliki masalah keamanan utama yang memungkinkan hal ini terjadi. Ini menjadi sangat sering, bahkan memiliki nama Zoombombing.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi pada Anda. Yang pertama adalah memperbarui aplikasi Zoom Anda ke versi terbaru. Zoom telah menerapkan beberapa langkah keamanan baru baru-baru ini yang sedikit banyak mencegah Zoombombing sama sekali. Selain ID rapat Zoom, Anda sekarang juga memerlukan kata sandi untuk masuk ke rapat. Selain itu, semua peserta perlu Anda masukkan dalam ruang tunggu terlebih dahulu dan kemudian dapat bergabung dalam rapat setelah Anda sebagai Host mengizinkan mereka masuk.

Kebisingan/Noise Latar Belakang

Kebisingan latar belakang adalah yang paling buruk dan dapat berasal dari semua peserta yang mikrofonnya yang masih Aktif. Kebisingan membuat sulit untuk mendengar orang yang berbicara selama rapat dan umumnya tidak menyenangkan.

Masalah ini tidak akan ada jika semua orang mematikan mikrofon mereka saat bergabung dalam rapat. Hanya orang yang berbicara pada waktu tertentu yang harus menyalakan mikrofon. Sayangnya, hal itu jarang terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, penyelenggara dapat menonaktifkan semua peserta saat masuk. Ini berarti mikrofon semua orang akan mati secara default segera setelah mereka bergabung dalam rapat, yang akan mencegah kemungkinan kebisingan latar belakang. Ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Peserta” pada bilah tugas, memilih opsi “Lainnya”, lalu mengklik “Nonaktifkan Peserta saat Entri”.

Anda juga akan melihat tombol “Nonaktifkan Semua” setelah mengklik “Peserta” yang dapat Anda gunakan selama rapat jika orang-orang bersuara dan kebisingan latar belakang mulai merayap masuk.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.