Cara Mudah Menghubungkan Ponsel Android Ke WiFi Tanpa Password

  • Bagikan
Cara Mudah Menghubung Ponsel Android ke WiFi Tanpa Password
Cara Mudah Menghubung Ponsel Android ke WiFi Tanpa Password

Untuk menghubungkan ponsel Android ke WiFi tentunya Anda harus mengetahui password atau kata sandi dari jaringan tersebut. Namun sejak kehadiran Android 10, nampaknya password tidak cukup penting untuk membuat sebuah ponsel terhubung pada jaringan WiFi. Anda bisa menghubungkan ke jaringan WiFi tanpa perlu tau bahkan tanpa perlu mengetik password tersebut.

Cara Mudah Menghubung Ponsel Android ke WiFi Tanpa Password
Cara Mudah Menghubung Ponsel Android ke WiFi Tanpa Password

image source

Android 10 hadir dengan sejumlah fitur menarik untuk lebih memudahkan pengguna dalam aktifitasnya. Salah satunya adalah untuk menyambungkan pada WiFi tanpa mengetikkan password. Artinya Anda tidak perlu lagi bertanya kepada pemilik jaringan atau orang lain tentang Password WiFi yang mereka gunakan. Anda hanya membutuhkan satu perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, kemudian Anda dapat menghubungkannya melalui ponsel tadi.

Fitur Android 10 salah satunya adalah berbagi jaringan WiFi melalui scan Kode QR pada ponsel yang terhubung. Jadi ponsel yang sudah terhubung pada jaringan WiFi bisa membuat kode QRbaru untuk kemudian bisa Anda bagikan kepada orang lain sesuka hati. Hal ini agar orang lain bisa tersambung juga pada jaringan WiFi yang Anda juga gunakan.

Selain itu dengan kode QR, Anda juga bisa membagikan jaringan WiFi kepada perangkat lain melalui fitur Teathring jaringan WiFi. Jadi Anda bisa kembali membuat SSID baru dan kemudian perangkat lain menyambungkan pada ponsel Anda. Teathring jaringan WiFi ini sebagai sumber jaringan internetnya adalah jaringan WiFi utama yang terhubung pada Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi takut untuk kehilangan banyak paket data atau Anda bisa mematikan fitur layanan data pada ponsel Anda.

Nah, agar lebih mudah Anda pahami, berikut tips yang lebih rinci untuk menyambungkan ponsel Android ke WiFi tanpa password.

Menyambungkan ke WiFi Menggunakan QR Code

1. Masuk ke jaringan WiFi pada ponsel Anda. Pastikan ponsel Anda mendukung untuk melakukan scan QR Kode pada jaringan WiFi.
2. Selanjutnya Anda tinggal melakukan scan pada QR Kode yang dihasilkan dari perangkat lain yang sudah terhubung pada jaringan WiFi.
3. Anda dapat melakukan scan secara langsung menggunakan perangkat lain, atau mengguna QR Kode yang sudah tersimpan pada galeri ponsel Anda.
4. Maka ponsel Anda otomatis akan terhubung pada jaringan WiFi tanpa perlu mengetikkan password WiFi tersebut.

Scan QR Code Menggunakan Google Lens

Ada cara lain untuk menyambungkan WiFi walaupun Anda tidak mengetahui passwordnya. Anda dapat mengetahui password tersebut melalui QR Code yang Anda miliki dari perangkat lain. Melalui QR Code tersebut, Anda dapat membongkar isi password WiFi yang akan Anda gunakan. Anda dapat memanfaatkan Google Lens untuk membaca QR Code tersebut, salah satunya untuk mengetahui Password WiFi.

Google Lens sendiri merupakan aplikasi pendeteksi gambar dari google yang dapat Anda gunakan untuk menterjemahkan tulisan, scan barcode, mendeteksi makanan, tempat belanja dan informasi lain terkait dengan gambar yang kita deteksi. Cara menggunakannya dengan terlebih dahulu Download dan instal aplikasinya melalui Android (tapi biasanya Google Lens sudah menjadi bawaan default sebagian ponsel). Adapun cara membukanya bisa melalui Kamera Ponsel Anda, kemudian klik ikon Google Lens.

1. Buka kamera ponsel Anda, lalu klik ikon Google Lens.
2. Selanjutnya Anda tinggal Scan QR Code yang Anda dapatkan pada WiFi perangkat lain.
3. Maka, Google Lens akan menterjemahkan isi dari QR Code tersebut, mulai dari nama WiFi, Password WiFi dan lainnya yang terkait dengan jaringan WiFi tersebut.

Cara Scan QR Code Menggunakan Google Lens
Cara Scan QR Code Menggunakan Google Lens

image source

4. Kemudian Anda cukup menyambungkannya ke ponsel Anda secara manual.

Cara Mendapatkan QR Code WiFi pada Ponsel Anda

Beberapa ponsel masih belum banyak mendukung fitur ini, tetapi hanya mendukung untuk melakukan Scan QR Code saja. Untuk mendapatkan QR Code tersebut, biasanya yang pernah penulis coba adalah menggunakan ponsel Samsung Galaxy A51. Berikut cara melakukannya.

1. Untuk menghasilkan kode QR, ponsel pengguna harus terhubung ke jaringan WiFi. Nyalakan ponsel Android dan buka menu Pengaturan.
2. Klik pada menu WiFi. Pengguna akan melihat nama jaringan WiFi yang saat ini Anda gunakan.
3. Pada bagian sebelah nama jaringan Wi-Fi terdapat ikon roda gigi. Klik ikon tersebut untuk membuka Pengaturan WiFi.
4. Ketuk tombol Bagikan atau Share berwarna biru. Pada jendela baru yang muncul, masukkan kunci telepon Anda untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik ponsel.
5. Kode QR akan muncul pada layar ponsel Anda. Anda dapat menyimpannya pada galeri ponsel Anda, atau membagikannya secara langsung kepada orang lain.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.