Cara Mudah Mengirim File APK dari Aplikasi Yang Sudah Terinstal

Sudah kita ketahui bersama APK merupakan jenis ekstensi aplikasi yang bisa digunakan untuk Android. Jika kamu memiliki perangkat Android, tentunya Anda sudah pernah mendengar istilah file APK. Nah, Jika kamu memiliki sebuah aplikasi dalam bentuk APK, itu artinya kamu bisa menginstallnya tanpa perlu masuk ke dalam Google Play Store.

File APK (Android Application Package) disini bisa dikatakan sebagai solusi bagi kamu yang ingin menginstall aplikasi tanpa mendowloadnya dari Play Store. Akan tetapi terkadang sebagian aplikasi dalam bentuk APK, tidak semua bisa diinstal seperti biasanya. Melainkan pemasangannya sendiri terkadang yang dicekal dari sistem Android, sehingga kamu perlu mengizinkannya terlebih dahulu.

Cara Mudah Mengirim File APK
Cara Mudah Mengirim File APK

Akan tetapi ini merupakan langkah mudah yang bisa kamu lakukan jika seseorang sedang membutuhkan aplikasi. Sementara akses pada layanan Google Playstore sedang bermasalah, sehingga ini dapat menjadi solusi yang bisa kamu lakukan.

Pada tulisan ini, pandudroid akan membahas bagaimana jika membuat file APK tersebut dari aplikasi yang sudah terinstal pada smartphone kita. Jadi tanpa mendowloadnya lagi. Artinya aplikasi tersebut sudah terpasang atau terinstal namun akan kita jadikan sebagai APK.

Untuk itu, disini penulis akan memberikan langkah-langkah bagaimana membuat file APK dari aplikasi yang sudah terpasang, kemudian mengirimkannya langsung kepada teman kita yang membutuhkan. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu perhatikan di bawah ini.

Cara Mudah Mengirim File APK dari Aplikasi Yang Sudah Terinstal

1. Pertama, silahkan download aplikasi App Backup di Google Playstore.

2. Buka aplikasi yang sudah kamu instal tadi, jika muncul pop-up meminta izin, silahkan pilih saja Allow, maka kemudian akan muncul semua aplikasi yang sudah terpasang di smartphone kamu.

3. Selanjutnya pilih dan tahan aplikasi mana saja yang ingin kamu jadikan file APK, setelah itu kamu pilih Save (ikon disket). Maka, file tersebut akan masuk pada tab Archived.

4. Setelah itu, masuk pada Archived, pilih semua aplikasi yang ada, dan klik ikon Kirim / Bagikan (tanda panah ke kanan). Nah, disini kamu bisa memilih kemana file tersebut akan kamu kirim. Bisa menggunakan WhatsApp atau lainnya.

5. Maka, silahkan tunggu proses upload hingga selesai! File backup tersebut sudah berhasil dikirim dengan format APK.

Jadi sekarang, teman kamu bisa langsung menginstalnya tanpa perlu masuk pada Google Playstore. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.