Cara Mudah Mengirim File dari Android ke Komputer Tanpa Menggunakan Kabel

  • Bagikan
Cara Mengirim File dari Android ke PC
Cara Mengirim File dari Android ke PC

Mengirim file dari Android ke PC merupakan sebuah proses memindahkan atau menyalin dari ponsel ke penyimpanan yang lebih luas. Walaupun memiliki penyimpanan yang hampir sebanding dengan PC, ponsel tetaplah ponsel yang tidak bisa menjadi panduan penyimpanan utama. Anda tetap membutuhkan PC atau komputer untuk melakukan sebuah transfer data yang berupa file-file penting dari ponsel.

Cara Mengirim File dari Android ke PC
Cara Mengirim File dari Android ke PC

image source

Biasanya ketika Anda akan melakukan proses ini, Anda membutuhkan sebuah alat bantu yang bernama kabel data. Kabel data adalah alat yang biasa Anda gunakan ketika proses pengisian daya pada ponsel. Mengapa disebut sebagai kabel data? Karena kabel tersebut memiliki dua fungsi utama, yakni selain menjadi pengisi daya, juga dapat Anda gunakan untuk mentransfer data. Sayangnya, kecepatan transfer atau pengiriman file bergantung juga pada kabel data, port-nya, hingga harddisk yang Anda gunakan.

File-file ini dengan mudah Anda pindahkan tanpa harus mengurangi kualitas dari file tersebut. Biasanya Anda juga dapat mengirimnya melalui email atau melalui WhatsApp. Namun hasilnya file tersebut akan terkompres atau menjadi lebih kecil. File yang terkompres ini pastinya juga akan menurun kualitasnya dari pada aslinya.

Untuk memindahkan file agar tidak terkompres, salah satunya dengan menggunakan kabel USB yang Anda sambungkan dari ponsel ke komputer atau laptop. Ini adalah cara standar yang bisa Anda lakukan. Namun bagaimana jika ternyata Anda tidak membawa kabel USB, atau tidak punya kabel USB yang cocok dengan perangkat yang Anda punya?

Melalui artikel ini penulis akan memberikan bagaimana cara mudahnya mengirim data dari ponsel ke PC/komputer tanpa menggunakan kabel. Hal ini bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Banyak aplikasi penyedia layanan ini yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Google Play Store. Agar Anda tidak bingung, berikut penulis berikan langkah-langkahnya.

Cara Mudah Mengirim File dari Android ke Komputer Tanpa Menggunakan Kabel

Menggunakan Gmail

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan transfer file dari ponsel ke PC adalah dengan menggunakan Gmail. Anda bisa mengirimkan email yang berisi file-file yang ingin Anda kirim pada gmail yang ada pada perangkat lain. Anda bisa melampirkan banyak file bahkan hingga 15GB dalam sekali kirim. Jadi secara tidak langsung, ini merupakan salah satu alternatif untuk mengirim file dari ponsel ke PC tanpa membutuhkan kabel data.

Google Drive

Selain Gmail, Anda bisa memanfaatkan Google Drive pada kedua perangkat Anda, baik ponsel ataupun pada PC. Jika Anda ingin menggunakannya, pastikan kedua perangkat memiliki akun yang sama. Jadi prosesnya adalah Anda dapat melakukan upload file apa saja sesuka Anda, kemudian Anda dapat membukanya kembali Google Drive Anda melalui perangkat lain, misalnya Anda membukanya melalui PC Anda. Jadi Anda dapat mendownload kembali terhadap file yang ingin Anda salin atau transfer ke PC Anda.

Menggunakan Aplikasi Telegram

Aplikasi Telegram dapat Anda manfaatkan untuk mengirim file-file penting Anda dari ponsel. Berkat fiturnya yang sudah menerapkan multi perangkat pada kepandahan Anda adala Realme, Samsung dan Vivi, OPPO dan lainnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.