Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar di WhatsApp

  • Bagikan
Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar di WhatsApp
Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar di WhatsApp

WhatsApp memiliki batasan jika Anda ingin mengirim file dengan ukuran besar. Saat ini WhatsApp hanya mengizinkan Anda mengirim file dengan ukuran tidak lebih dari 100 MB, jika lebih maka Anda tidak akan bisa mengirimnya lewat aplikasi perpesanan tersebut.

Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar melalui WhatsApp
Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar melalui WhatsApp – source

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer jika dibandingkan yang lain, seperti halnya Telegram, Signal dan lainnya. Jika Anda ingin mengirim lampiran file cukup besar kepada seseorang, satu-satunya metode yang bisa Anda gunakan adalah melalui surat elektronik atau email.

Namun belakangan ini, platform perpesanan seperti halnya WhatsApp menjadi sangat cepat dan canggih sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk mentransfer file ke kontak tujuan Anda. Akan tetapi WhatsApp ini secara alami memiliki batasan ukuran file, jadi apa yang Anda lakukan ketika Anda perlu mengirim sesuatu yang lebih besar? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba.

Cara Mudah Mengirim File Ukuran Besar di WhatsApp

Anda dapat mengirim file besar dengan ukuran tidak lebih dari 100 MB langsung dengan mengupload melalui opsi File dalam percakapan WhatsApp. Namun sebelum itu, Anda perlu sedikit mengubah Pengaturan Kualitas Unggah File pada WhatsApp.

1. Pada aplikasi WhatsApp Android atau iPhone, buka opsi menu pada titik tiga vertikal bagian pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan => Penyimpanan dan Data => Kualitas Unggah Media.
2. Sekarang pilih kualitas media yang akan diunggah menjadi Best Quality. Jika Anda memilih Penghemat Data kemungkinan akan memberi Anda penghematan terbesar yakni dengan media yang sedikit buram.

Mengirim File di bawah 100 MB

Anda dapat selalu memiliki banyak cara yang bisa membuat File Anda terkirim dengan mudah melalui WhatsApp. Cara paling mudahnya adalah Anda mengkompresi dengan program zip, dan Anda dapat sedikit mengurangi kualitas gambar untuk menurunkan ukuran file lebih banyak lagi. WhatsApp memiliki fungsi bawaan di mana Anda dapat menentukan bahwa gambar harus dikirim dengan kualitas yang lebih rendah.

Mengirim File di Atas 100 MB

Jika Anda memiliki file dengan ukuran lebih dari 100 MB, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Upload File Melalui Google Drive Android

Jika Anda memiliki video besar, folder file, atau lampiran besar lainnya, cara terbaik adalah mengunggahnya ke Google Drive terlebih dahulu.

1. Pertama, buka aplikasi Google Drive pada ponsel Anda, dalam hal ini misalnya video.
2. Tekan tanda + pada pojok kanan bawah, lalu pilih Upload file => arahkan pada Galeri atau tempat penyimpanan file Anda.
3. Saat Anda menerima pemberitahuan bahwa file telah berhasil diunggah ke Google Drive, selanjutnya ketuk tiga titik vertikal di sebelahnya untuk opsi berbagi.
4. Anda perlu memastikan orang yang Anda kirimi file memiliki izin akses file yang diperlukan. Ketuk Kelola orang dan tautan.
5. Pada bagian bawah Pengaturan tautan, pastikan tautan disetel ke Siapa saja yang memiliki tautan. Kemudian salin tautan tersebut.
6. Sekarang cukup tempel tautan ke jendela WhatsApp dan kirim.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.