Cara Mudah Mengubah Akun Google Default Anda di Android

Jika Anda menggunakan ponsel atau tablet Android, Anda tahu bahwa akun Google Anda terintegrasi erat dengan perangkat yang kamu miliki. Akun default akan menentukan cara Anda masuk ke banyak aplikasi, terutama aplikasi Google yang akan kamu akses melalui Google Play store.

Memang mudah untuk menambahkan beberapa akun Google ke perangkat Android Anda, akan tetapi membuat salah satunya menjadi akun “default” itu tidak mudah. Akun default adalah akun dimana yang kamu gunakan saat pertama kali menyiapkan perangkat. Artinya, untuk mengubahnya, Anda harus keluar dari akun tersebut, kemudian baru bisa menggantinya.

Mengubah Akun Google Default di Android
Mengubah Akun Google Default di Android

Misalnya Anda menggunakan dua akun Google di perangkat Android Anda. Maka kedua akun tersebut tidak bisa dikatakan akun Default. Jadi untuk membuatnya default, ataupun menggantinya menjadi default, pertama kamu harus keluar dari akun default saat ini. Maka kemudian baru kamu login ulang menggunakan akun kedua atau akun pengganti default.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan baik.

Cara Mudah Mengubah Akun Google Default Anda di Android

  • Silahkan masuk pada Pengaturan Sistem terlebih dahulu. Untuk masuk pengaturan, kamu bisa tarik ke bawah pada panel notifikasi, lalu ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu “Pengaturan“.
  • Akun Google default Anda akan tercantum di bagian atas layar. Pilih ikon panah tarik-turun di bawah nama Anda untuk menampilkan daftar akun.
  • Selanjutnya, ketuk “Kelola Akun di Perangkat ini“.
  • Sekarang Anda akan melihat daftar semua akun yang ada di perangkat Anda. Pilih akun Google default Anda dan kemudian pilih “Hapus Akun“.
  • Penting untuk diingat bahwa menghapus akun akan menghapus semua pesan, kontak, dan data terkait lainnya yang ditemukan di ponsel atau tablet Android Anda. Untuk mengatasi hal itu terjadi, kamu bisa mencadangkannya terlebih dahulu pada akun kedua.
  • Ketuk “Hapus Akun” pada pesan pop-up konfirmasi jika Anda setuju.
  • Maka, akun tersebut akan dihapus dari daftar dan perangkat Anda. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk kembali ke pengaturan Google.
  • Untuk memasukkan akun baru sebagai akun default, maka masuk pada Pengaturan lagi, pilih daftar akun. Kali ini, ketuk “Tambahkan Akun Lain“.
  • Setelah kamu mengonfirmasi bahwa ini memang Anda dengan sidik jari atau sandi, halaman login Google akan muncul. Ikuti langkah-langkah di layar dan masukkan kredensial Anda untuk akun yang ingin Anda tambahkan.

Kamu hanya mungkin perlu beberapa menit untuk mengimpor akun Anda. Setelah selesai, Anda akan siap dengan akun Google default baru di ponsel cerdas atau tablet Android Anda! Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.