Cara Mudah Mengubah Default Search Engine Pada Android

  • Bagikan
Mengubah Default Search Engine Pada Android
Mengubah Default Search Engine Pada Android

Search Engine pada Android merupakan salah satu bagian penting untuk Anda ketahui. Hal ini bertujuan jika Anda akan melakukan penelusuran pada dunia internet. Tanpa search engine, apa yang Anda butuhkan tidak akan bisa terpenuhi ketika berselancar dalam dunia internet. Nah, untuk semua perangkat Android, default search engine-nya menggunakan search engine google.com.

Mengubah Default Search Engine Pada Android
Mengubah Default Search Engine Pada Android

image source

Ponsel cerdas atau smartphone tentunya memiliki search engine layaknya pada sebuah komputer untuk memudahkan dalam menemukan apa saja dalam satu waktu. Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda mungkin berpikir bahwa search engine tersebut hanyalah Google saja. Akan tetapi sebenarnya tidak, Google memberikan opsi kepada pengguna jika ingin mengubah search engine-nya sesuai keinginannya sendiri. Berikut cara mudah mengubah default search engine pada Android.

Cara Mudah Mengubah Default Search Engine Pada Android

Mengubah Search Engine Pada Google Chrome

Google Chrome merupakan browser bawaan web Android yang tentunya hadir pada semua perangkat Android tanpa terkecuali. Jadi, penulis akan membahasnya bagaimana mengubah search engine default yang digunakan chrome selama ini.

1. Buka Google Chrome pada perangkat Android Anda. Kemudian ketuk ikon menu titik tiga pada sudut kanan atas.
2. Pilih “Pengaturan“. Kemudian pilih “Search Engine“.
3. Nah, melalui ini Anda bisa memilih search engine yang akan Anda gunakan. Biasanya search engine yang ada dalam daftar tersebut adalah google.com, yahoo.com, bing.com dan duckduckgo.com.
4. Nah, Anda tinggal memilih search engine mana yang akan Anda gunakan pada browser Android.

Google Chrome hanyalah salah satu browser web yang dapat Anda gunakan untuk semua perangkat Android. Namun, setiap browser tentunya akan memiliki kemampuan untuk memilih mesin pencari defaultnya. Termasuk juga Chrome yang menggunakan google.com sebagai search engine defaultnya, Jadi anda bisa mengubahnya dengan mengikuti langkah di atas.

Mengubah Search Engine Pada Widget Home Screen Android

Biasanya pada layar depan atau yang biasa disebut Home Screen terdapat Widget Penelusuran. Sebagai defaultnya sistem Android akan menggunakan search engine google.com. Sebagian orang melakukan penelusuran secara langsung cukup melalui widget pada layar beranda ini. Widget Penelusuran disertakan secara default pada beberapa ponsel dan tablet Android menggunakan google.com. Bagaimana jika Anda ingin mengubahnya. Lakukan beberapa Langkah di bawah ini untuk mengubah search engine pada widget home screen Android.

1. Pertama, Anda harus menghapus widget Google Penelusuran yang ada. Caranya dengan menekan widget tersebut, kemudian akan muncul menu Hapus. Pada beberapa pengguna mungkin akan terlihat berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Akan tetapi Anda akan melihat opsi untuk “Menghapus” widget tersebut.
2. Anda perlu menambahkan widget penelusuran lagi yang berbeda ke layar beranda Anda. Tekan lama pada ruang kosong layar beranda.
3. Selanjutnya akan muncul beberapa menu. Silahkan pilih “Widget” pada opsi menu yang muncul.
4. Gulir pada daftar widget yang tersedia dan temukan widget dari aplikasi pencarian yang telah Anda instal, misalnya duckduckgo.
5. Seret ke layar beranda Anda dan lepaskan jari Anda untuk meletakkannya.
6. Sekarang Anda memiliki akses cepat pada search engine dari layar beranda Anda!

Bagaimana Jika Widget Search Engine Tidak Muncul dalam daftar Widget?

Beberapa pengguna mengalami masalah seperti ini pada perangkatnya. Setelah mengganti search engine pada browser chrome, lalu Widget penelusuran tersebut tidak muncul dalam daftar widget yang tersedia.

Anda tidak perlu bingung, Widget tersebut biasanya secara otomatis tersedia jika Anda memiliki aplikasi yang dimaksud. Misalnya Anda akan mengganti Widget penelusuran google menjadi duckduckgo. Agar Widget duckduckgo tersedia pada daftar widget, maka terlebih dahulu Anda instal aplikasi browser duckduckgo melalui google play store. Maka setelah aplikasi tersebut terinstall, widget duckduckgo akan otomatis masuk dalam daftar widget. Sekarang Anda tinggal menambahkannya pada layar beranda.

Mengubah Search Engine Pada Smart Assistant

Perangkat Android saat ini tentunya sudah memiliki Smart Assistant atau yang lebih populernya Google Assistant. Google Assistant ini merupakan asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia pada perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Tidak seperti Google Now, Google Assistant dapat terlibat dalam percakapan dua arah secara langsung dengan pengguna.

Pengguna dapat mengakses Smart Assistant ini melalui gerakan (menggesek dari pojok kiri bawah atau kanan), frasa populer untuk Google Assistant biasanya (“Hai / Oke Google”), atau menggunakan tombol fisik. Maka Google Assistant akan muncul sesuai dengan perintah yang Anda ucapkan. Nah, ada kemungkinan juga Anda akan mengubah Google Assistant ini dengan Smart Assistant lainnya. Karena banyak aplikasi pencarian pihak ketiga dapat disetel sebagai Digital Assistant default, yang berarti Anda dapat meluncurkannya dengan cepat dengan gerakan yang sama seperti saat membuka Google Assistant. Untuk mengubah Smart Assistant ini, berikut Langkah-langkahnya.

1. Pertama, buka menu Setelan pada ponsel atau tablet Android Anda.
2. Selanjutnya Pilih “Apps & Notifications”.
3. Sekarang pilih “Apps Default“. Kemudian klik “Lanjutan” untuk melihat opsi “Digital Assistant App“.
4. Klik opsi tersebut, kemudian masuk pada “Aplikasi Asisten Digital Default” pada bagian atas.
5. Pilih search engine yang ingin Anda gunakan.
6. Ketuk “OK” pada pesan pop-up untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.