Cara Mudah Mengubah Font di Ponsel Android Tanpa Root

  • Bagikan
Cara Mengubah Font Pada Ponsel Android
Cara Mengubah Font Pada Ponsel Android

Mengubah font pada ponsel Android akan menghilangkan rasa jenuh terhadap style font yang biasa Anda gunakan. Sebagian besar ponsel saat ini sudah memiliki font style bawaan yang dapat Anda ganti dengan mudah melalui Pengaturan ponsel.

Cara Mengubah Font Pada Ponsel Android
Cara Mengubah Font Pada Ponsel Android

image source

Namun bagi sebagian ponsel lama, font style tersebut belum ada pada menu Pengaturan sehingga Anda harus menggunakan cara lain jika akan mengubahnya. Mengganti font sama halnya dengan memberikan penyegaran baru terhadap ponsel Android Anda. Font dapat membantu meningkatkan daya tarik baru kepada pengguna dengan model yang tidak biasa Anda lihat dalam setiap hari. Dan selain personalisasi, mengganti tipografi juga dapat meningkatkan keterbacaan dan kegunaan.

Melalui panduan ini, ada beberapa cara untuk mengubah gaya font Anda. Untuk membantu Anda mempelajari cara mengubah font pada ponsel Android, penulis telah membaginya menjadi dua cara yang dapat pengguna lakukan. Pertama, mengubah font melalui Pengaturan ponsel, dan Kedua, mengubah font melalu launcher.

Cara Mudah Mengubah Font di Ponsel Android Tanpa Root

1. Mengubah Gaya Font Melalui Pengaturan Android

Bagi mereka yang mencari opsi bawaan, coba ubah font Anda dari pengaturan perangkat Anda langsung. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua ponsel dapat melakukan ini. Dan juga jalur tepatnya bervariasi berdasarkan model dan OS Android yang Anda gunakan. Namun, umumnya Anda dapat mengubah font tersebut melalui:

Pengaturan => Tampilan => gaya atau jenis font

Sebagai contoh, pada perangkat Samsung Galaxy jalur default adalah Pengaturan => Tampilan => Font dan zoom layar => Gaya Font. Setelah itu, Anda dapat mengetuk untuk memilih font, melihat perubahan langsung, dan memilih Terapkan untuk mengonfirmasi pilihan baru Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengetuk Unduh font untuk mengunjungi Samsung Galaxy App Store. Sementara itu, Anda dapat menelusuri antara font gratis dan berbayar. Setelah mudah dalam menginstal, font langsung siap Anda gunakan. Sebaliknya, pada Google Pixel 3 XL, Anda dapat menuju ke Pengaturan => Tampilan. Hanya saja kemudian klik Gaya & wallpaper daripada opsi font biasa. Dari sini, Anda dapat mengubah antara gaya preset dan font masing-masing.

2. Mengubah Font Melalui Launcher Apps

Jika pada pengaturan bawaan Anda tidak menemukan opsi font style, Anda masih dapat mengubah jenis font Anda. Dengan mengunduh dan bereksperimen dengan berbagai aplikasi peluncur Android, Anda akan memperluas kumpulan font Anda secara gratis.

Selain itu, Anda akan mengalami salah satu tweak Android terbaik yang dapat Anda buat tanpa rooting. Berikut adalah beberapa Launcher yang patut Anda coba pada ponsel Anda. Selain mendapatkan style font baru, Anda juga akan mendapatkan tampilan baru yang berbeda dari tampilan yang saat ini Anda gunakan.

Action Launcher

Sejauh ini, Action Launcher menawarkan salah satu pengalaman paling sederhana untuk memulai. Untuk mengakses pengaturan, gunakan salah satu metode berikut:

1. Gesek ke kiri untuk memunculkan daftar aplikasi alfabetis dan pilih Pengaturan Tindakan.
2. Geser ke atas dan pilih Pengaturan Tindakan dari daftar.
3. Tekan tombol daftar aplikasi lalu pilih Pengaturan Tindakan.
4. Setelah masuk pada Pengaturan Tindakan, buka Penampilan, lalu gulir ke bawah dan pilih Font. Action Launcher menawarkan delapan font untuk dipilih, dengan lima variasi font Roboto yang juga disertakan.

Download Action Launcher

Nova Launcher

Seperti dengan Action Launcher, Nova Launcher memungkinkan Anda langsung masuk ke pengaturan peluncurnya. Saat Anda membuka Nova Launcher, Nova Settings terletak pada layar beranda yang kosong. Dari sana, sesederhana menekan ikon. Atau jika Anda telah menyesuaikan peluncur Anda, ketuk tombol daftar aplikasi Anda untuk memilih Pengaturan Nova dari atas.

Namun, tidak seperti Action Launcher, jalur yang tepat untuk mengubah font Anda tidak begitu jelas. Pertama, pilih App drawer lalu Icon layout. Sesampai di sana, tekan penggeser untuk mengaktifkan Label. Terakhir, Anda dapat memilih dari menu tarik-turun pada bagian bawah Font. Nova Launcher hanya hadir dengan empat font. Akan tetapi memungkinkan Anda mengubah ukuran font, warna, efek bayangan, atau menjaga teks terbatas pada satu baris semua bagian bawah satu menu.

Download Nova Launcher

GO Launcher

Untuk mengakses pengaturan GO Launcher, ada empat metode:

1. Geser ke atas dan pilih Pengaturan GO. Anda juga dapat menggeser ke bawah pada layar beranda dan pilih Pengaturan GO. Selain itu, ketuk tombol daftar aplikasi dan pilih Preferensi atau gesek ke kiri untuk menavigasi ke bilah pintasan. Ketuk ikon tiga titik lalu pilih Pengaturan GO.
2. Setelah masuk, ketuk Font dan pilih Font Style. GO Launcher hadir dengan lima font secara default, tetapi juga memungkinkan Anda memindai font pada perangkat Anda.

Download GO Launcher

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.